Portal sscasn.bkn.go.id dan Login SSCN CPNS 2019 Sudah Bisa Diakses

Penulis: Dipna Videlia Putsanra , tirto.id - 22 Nov 2019 12:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Portal sscasn.bkn.go.id dan sscn.bkn.go.id sempat eror, tetapi sudah bisa diakses kembali.
tirto.id - Portal sscasn.bkn.go.id dan login sscn.bkn.go.id sempat eror pada Jumat (22/11/2019) pagi tadi. Berdasarkan penelusuran Tirto sekitar pukul 12.15 WIB, laman sscasn.bkn.go.id sudah bisa diakses kembali. BKN juga mengumumkan melalui Twitter @BKNgoid, laman sscasn.bkn.go.id sudah bisa dibuka setelah sempat eror selama beberapa waktu.

"#SobatBKN, mohon maaf atas kendala dalam mengakses portal SSCN. Saat ini portal sudah dapat diakses kembali ya. Yuk berselancar lagi dalam portal SSCN dan segera submit pendaftaran #CPNS2019," twit BKN di akun @BKNgoid.

Warganet membalas cuitan tersebut dengan melaporkan laman sscasn.bkn.go.id sudah bisa log in, tetapi masih belum lancar. Beberapa mengeluhkan laman yang memuat loading terlalu lama saat proses pendaftaran dan unggah dokumen.

"hello min, setelah sempat error dan tidak bisa diakses tadi pagi, sekarang permasalahannya adalah hanya loading muter2 pd bagian 3 (mendaftar formasi). web down lagi kah? pls info thanks," tulis akun @nitapaska_.

Sejumlah warganet juga membalas cuitan BKN dengan mengirimkan tangkapan layar dari laman sscasn.bkn.go.id dan sscn.bkn.go.id dan belum bisa diakses.

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional.

Tips dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk kelancaran proses pendaftaran di SSCASN dan SSCN adalah menggunakan koneksi internet yang stabil.

Pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil dan layanan internet yang digunakan mempunyai cukup bandwidth, serta browser yang digunakan adalah yang terbaru.

Jika saat pengisian pendaftaran koneksi terputus, refresh ulang browser yang digunakan. Login kembali jika diperlukan, lalu ulangi proses pendaftaran.

BKN juga selalu mengimbau pelamar CPNS untuk mendaftar menggunakan laptop dan melakukan pendaftaran sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"#SobatBKN, kesekian kalinya & tak pernah lelah mimin ingatkan u/ lakukan pendaftaran dgn PC/Laptop, supaya menghindari data crash atau kesalahan input. Ingat! data yg sudah disubmit tdk dpt diubah kembali," tulis BKN.

Tips lain yang disampaikan BKN agar lancar delam melakukan pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id yaitu mengikuti langkah-langkah atau tahapan pednaftaran yang tertera pada alur pendaftaran.

"Jangan lupa download dan baca buku panduan," kata BKN.

Saat pendaftaran, BKN mengimbau agar teliti dalam mengimput data agar tidak terjadi kesalahan. Dokumen yang telah disubmit tak bisa diubah. Selain itu BKN juga meminta pelamar melakukan pendaftaran secara mandiri.

"Lakukan pendaftaran secara mandiri atau jangan gunakan calo pendaftaran agar terhindar dari data crash dan melindungi data pribadi," kata BKN.

Jika mengalami kendala, pelamar diminta untuk menghubungi helpdesk di portal https://helpdesk.bkn.go.id/sscn/.

Sebutkan jenis kendala yang dihadapi misalnya NIK dan nomor KK tidak ditemukan, NIK didaftar orang lain, Lokasi lahir tidak ditemukan, reset password akun SSCN atau data tidak sesuai hingga portal SSCN 2019.

Selanjutnya pelamar diharuskan mengisi form untuk lanjut ke tahap selajutnya dan mendapatkan nomor tiket.

Admin helpdesk akan menerima setiap permasalahan yang masuk, memvalidasi data yang diunggah dan memberi jawaban. Pelemar dapat melihat Cek Status Permasalahan jika sudah dijawab oleh Admin Helpdesk.



Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra

Fotografer:Agung DH
DarkLight