tirto.id - Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, pelayanan publik yang memuaskan hanya dapat dicapai jika petugas layanan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien.
Maka dari itu, peningkatan kompetensi petugas layanan merupakan salah satu hal signifikan dalam memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai perubahan budaya masyarakat, tetapi tetap sejalan dengan aturan perundang-undangan.
"Untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik, sesuai asas-asas umum pemerintahan yang baik, diperlukan peningkatan kualitas petugas layanan melalui pelatihan, seperti ini," ujar Anwar Sanusi saat membuka Bimbingan Teknis Service Excellence dan Complaint Handling bagi Petugas Layanan di lingkungan Kemnaker Batch II di Jakarta, Senin (26/2/2024).
Anwar Sanusi berpendapat, perubahan budaya masyarakat juga mengakibatkan perubahan ekspektasi mereka terkait dengan pemenuhan pelayanan publik yang memuaskan.
"Hal inilah yang harus menjadi perhatian bersama, sehingga kita dapat terus memberikan pelayanan prima," kata Sekjen Kemnaker.
Anwar Sanusi berharap melalui Bimtek Batch II ini, petugas layanan dapat memahami pelayanan dari sudut pandang masyarakat, memahami tipe-tipe pengguna layanan pengguna layanan dan teknik menghadapinya, serta memahami tahapan serta teknik pelayanan prima.
Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari para petugas layanan di Kemnaker pusat dan UPT Pelaksana Teknis.
* Artikel ini merupakan kerjasama Kemnaker RI dengan Tirto.id.
(INFO KINI)
Penulis: Tim Media Servis