KMK Online & KLN Bersinergi, Liputan6.com Dikelola Grup KapanLagi

Oleh: Mufti Sholih - 14 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
PT Liputan Enam Dot Com akan diserahkan pengelolaannya kepada Kapan Lagi Network.
tirto.id - PT Kreatif Media Karya (KMK Online), anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi, menjadi pemegang saham mayoritas di PT Kapan Lagi Network (KLN). Perusahaan yang dipimpin Adi Sariaatmadja itu kini menguasai 50 persen plus 1 saham di perusahaan yang didirikan Steve Christian dan Eka Wiharto pada 2003.

Akuisisi saham ini dibarengi dengan sinergi unit usaha bisnis digital dan perubahan susunan pemegang saham PT KLN dan PT Liputan Enam Dot Com, anak usaha PT KMK Online yang membawahi Liputan6.com, Bintang.com, dan Bola.com. KLN akan memiliki dan memegang 99,9 persen saham di PT Liputan Enam Dot Com.

CEO KMK Adi Sariaatmadja mengatakan kemitraan strategis antaran KMK dan KLN akan mengokohkan posisi situs media elektroniknya (Liputan6.com, Bola.com, Bintang.com) melalui penambahan situs-situs di bawah KLN seperti: Kapanlagi.com, Merdeka.com, Bola.net, Vemale.com, Fimela.com, Brilio.net, Famous.id, dan Dream.co.id.

“Kami melihat masa depan media ada di sinergi TV dan media digital. Kemitraan ini diharapkan membuat KMK akan menjadi grup media digital yang memiliki media vertikal terlengkap,” kata Adi dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Rabu (14/2/2018).



Penandatanganan secara resmi rencana ini dilakukan tergantung pada hasil proses due dilligence dan negosiasi final terkait berbagai syarat dan ketentuan yang perlu disepakati kedua belah pihak.

Steve Christian, CEO KLN dalam kesempatan yang sama menyatakan sinergi ini akan memudahkan KLN dan KMK untuk menjangkau ratusan pengguna internet di Indonesia. Ia juga berharap, sinergi dua perusahaan bisa berguna menjawab tantangan pemasang iklan terkait brand safe environment, isu internasional seperti fake news, hoax, maupun berita yang tidak berimbang.

“Apalagi dengan tim gabungan dengan jumlah lebih dari 1.000 orang,” ucap Steve.

Informasi yang berhasil dihimpun Tirto, sinergi dua perusahaan ini akan mengubah nama KLN menjadi KLY atau Kapan Lagi Youniverse. Perusahaan ini akan dipimpin Steve Christian sebagai CEO dengan didampingi Karaniya Dharmasaputra sebagai Deputy CEO, sementara posisi Direktur Content dijabat Wenseslaus Manggut yang sebelumnya menjabat Pemimpin Redaksi Merdeka.com.

Perusahaan ini nantinya menjadi induk dari Liputan6.com, Bintang.com, Bola.com, Kapanlagi.com, Merdeka.com, Bola.net, Vemale.com, Fimela.com, Brilio.net, Famous.id, dan Dream.co.id.

Sampai berita ini dibuat, Tirto belum mendapat klarifikasi dari Steve Christian dan Karaniya Dharmasaputra selaku CEO dan Deputy CEO yang akan menjabat di KLY. Permohonan klarifikasi atas informasi ini belum mendapatkan respons. Dihubungi terpisah, Senior Marketing Communication Manager PT KMK Online Maulinda Jihan mengatakan pihaknya belum bisa memberi informasi apa pun.

Infografik Emiten media




Baca juga artikel terkait MEDIA ONLINE atau tulisan menarik lainnya Mufti Sholih
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Mufti Sholih
Penulis: Mufti Sholih
Editor: Mufti Sholih