EMTEK Sudah Akuisisi Saham KapanLagiNetwork

EMTEK Sudah Akuisisi Saham KapanLagiNetwork
Ilustrasi Bisnis Media Online. Getty Images/iStockphoto
Reporter: Mufti Sholih
13 Februari, 2018 dibaca normal 1:30 menit
Kedua perusahaan bahkan sudah bekerja sama lewat kedua anak bisnis digital, yakni liputan6.com dan merdeka.com.
tirto.id - PT Elang Mahkota Teknologi atau dikenal dengan nama EMTEK, induk usaha Stasiun Televisi SCTV, Indosiar, dan KMK Online (membawahi Liputan6.com, Bola.com, dan Bintang.com) mengakuisisi saham KapanLagiNetwork (KLN) yang dimiliki raksasa media Singapura, Mediacorp.

Kabar ini muncul setelah kedua perusahaan intens bertemu membahas pembelian saham sejak awal Januari. Dari informasi yang diperoleh Tirto, upaya pembelian saham ini telah mencapai kesepakatan dan akan diumumkan dalam pekan ini.

Steve Christian, pendiri sekaligus pemegang saham PT KapanLagiNetwork, tak membantah juga tak membenarkan kabar akuisisi ini. Ia hanya mengatakan kabar akusisi dua perusahaan itu akan diumumkan pada waktunya.

“Saya akan kasih kabar,” ujar Steve kepada reporter Tirto melalui pesan WhatsApp, hari ini, 13 Februari. “Jangan spekulasi dan bilang positif,” lanjut Steve.

Dari sumber informasi yang diterima Tirto, KLN bakal melepas sekitar 30 persen saham kepada EMTEK. Komposisinya, Mediacorp sebagai pemegang saham mayoritas akan memberikan 15 persen, sedangkan KLN juga melepas saham dengan nilai yang sama. Informasi ini telah beredar di kalangan internal KLN.

Sumber yang sama menyebut bahwa seluruh manajer di PT KLN akan diundang dalam pertemuan di kedua kantor mereka di Malang, Jawa Timur, dan AXA Tower Builiding, Jakarta Selatan, pada Rabu, 14 Februari. Undangan itu dikirim melalui jejaring pesan internal KLN.

Sumber di lingkaran EMTEK tak menampik atau membenarkan informasi ini. Kedua perusahaan, kata sang sumber, bahkan sudah bekerja sama lewat anak usaha di liputan6.com dan merdeka.com.

Kabar akuisisi ini bukan hal baru. Sebagaimana dikutip dari Katadataupaya akuisisi saham ini beredar sejak September 2017. Kedua perusahaan, tulis Katadata, sudah menjajaki pembelian saham tapi belum mencapai kesepakatan.

Saham Temasek di KLN

Emtek bukan perusahaan baru bagi KapanLagi. Sebelum diakuisi Mediacorp pada 2015, Emtek lebih dulu membidik KapanLagi pada 2014. Upaya akuisisi saham KapanLagi didorong oleh langkah Emtek mengembangkan bisnis konten digital dalam beberapa tahun terakhir.

Akuisi KLN, pemilik situs berita artis dan gosip Kapanlagi.com serta Merdeka.com, bisa menambah amunisi yang solid bagi Grup Emtek di tengah kompetisi bisnis konten digital.

Merdeka.com termasuk dalam lima besar tertinggi trafik pembaca media online Indonesia menurut situs pemeringkat Alexa dari Amazon. Sementara Kapanlagi.com menempati peringkat pertama dalam kelompok media online yang fokus pada berita selebritas.

Pada 2015, Mediacorp mengakuisisi saham KLN sebesar 52 persen dengan total valuasi Rp950 miliar. Saat itu Merdeka.com ditaksir seharga Rp350 miliar, dan nilai sisanya dibagi untuk situs lain di bawah KLN yakni bola.net, Vemala.com, Muvila, Sooperboy, brilio, dan Kapanlagi.com.

Belakangan Brilio dikelola mandiri oleh KLN. Saat ini perusahaan yang didirikan Steve Christian dkk itu memiliki perusahaan SDM, penyedia konten web, dan situs layanan akomodasi perjalanan pergi.com.


EMTEK Sudah Akuisisi Saham KapanLagiNetwork

Baca juga artikel terkait MEDIA ONLINE atau tulisan menarik lainnya Arbi Sumandoyo
(tirto.id - arb/tii)

Keyword