Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Magetan Hari Ini

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Mei 2018
sebagian masyarakat Magetan mengadakan megengan untuk menyambut bulan Ramadan.
tirto.id - Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di Magetan, salah satu kabupaten penting di Jawa Timur. Kabupaten dengan moto 'Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun' ini terletak di kaki Gunung Lawu.

Masjid ikon di kabupaten Magetan adalah Masjid Agung Baitussalam yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat Barat, Magetan, Kecamatan Magetan. Masjid ini didirikan pada tahun 1886, dalam masa pemerintahan Bupati Raden Mas Arjo Hadipati Soerodiningrat.

Perkembangan Masjid Agung Baitussalam menunjukkan percampuran gaya arsitektur Timur Tengah dan Jawa. Hal ini terlihat dari bangunan awal masjid yang berbentuk joglo limas dengan empat tiang utama yang terbuat dari kayu jati. Namun kini, terlihat bangunan dengan kubah dan menara.

Terkait tradisi, sebagian masyarakat Magetan mengadakan slametan atau megengan untuk menyambut bulan Ramadan. Megengan bermakna 'mengagungkan'. Tradisi ini dilakukan masyarakat dengan membawa bekal makanan yang disebut ambeng, yang lantas diarak.

Masyarakat kabupaten Magetan dapat mengetahui informasi jadwal imsak, subuh, dan maghrib melalui fitur pencarian jadwal imsakiyah 1439H/2018M yang disuguhkan oleh Tirto.id. Fitur ini meliputi seluruh kota dan kotamadya di Indonesia. Dengan demikian, ketika kita bepergian atau jauh dari masjid, umat Islam dapat tetap memantau jadwal salat selama Ramadan.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus