Jadwal Imsak, Subuh dan Buka Puasa 2018 di Kota Banjarbaru Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 17 Mei 2018
Kota Banjarbaru menyambut bulan penuh berkah Ramadan dengan tradisi Bagaran Sahur.
tirto.id - Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa pada Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di Kota Banjarbaru.

Salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan ini dahulu merupakan kota administratif yang dimekarkan dari Kabupaten Banjar. Kota Banjarbaru berdiri pada 20 April 1999 yang memiliki luas wilayah 37.130 ha atau 1/2 luas Jakarta. Kota ini terbagi atas lima kecamatan dan 12 kelurahan.

Kota yang memiliki populasi sebanyak 247.137 jiwa ini juga memiliki tradisi menyambut Ramadan. Adalah Bagaran Sahur, sebuah aktivitas sekelompok pemuda yang bangun di tengah malam selama bulan puasa dengan tujuan membangunkan umat Muslim untuk santap sahur.

Bagaran Sahur menjadi semacam hiburan rakyat yang populer setiap Ramadan. Tak hanya besi tua yang menjadi alat pukul, namun ditambah dengan suaran seruling, gendang, dan gong.

Para pemuda Muslim saat melakukan Bagaran Sahur membawa bermacam-macam alat. Pada abad ke-20 sudah muncul perkakas moderen seperti piring, seng, botol kaca, selain bambu tradisional.

Di awal abad ke-21, galon air 19 liter dipergunakan. Beragam barang-barang tersebut dibawa oleh setiap kelompok di masing-masing kampung.

Bagi masyarakat Kota Banjarbaru yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian.

Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
a