Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Ciamis Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 17 Mei 2018
Warga Ciamis memiliki banyak tradisi untuk menyambut Ramadan salah satunya Nyepuh.
tirto.id - Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa pada Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di Kabupaten Ciamis.

Salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini berada di bagian tenggara yang terdiri atas 30 kecamatan dan dibagi lagi atas sejumlah desa/kelurahan dengan pusat pemerintahan di Kecamatan Ciamis.

Banyak tradisi yang dilakukan warga menjelang bulan suci Ramadan salah satunya Nyepuh. Pada prosesi nyepuh, masyarakat biasanya mengenakan pakaian putih sambil berjalan kaki bersalawat dengan diiringi tabuhan musik tradisional Gemyung.

Selain melakukan ziarah, dalam tradisi Nyepuh juga dilakukan penananam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian melestarikan alam. Nyepuh berasal dari istilah "sepuh" atau orang tua. Menurut orang sepuh (orang tua) tradisi ini bertujuan untuk membersihkan diri jelang Ramadan.

Bagi masyarakat Kabupaten Ciamis yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian.

Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis