Internet Download Manager: Cara Menggunakan IDM, Registrasi, Fitur

Oleh: Adrian Samudro - 15 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara menggunakan dan registrasi IDM tak sulit. Usai instal, pengguna wajib membeli lisensi agar dapat menikmati fitur lengkap IDM tanpa batasan.
tirto.id - Internet Download Manager atau IDM adalah software untuk mempercepat proses unduhan berkas 'apa saja' di Internet. Perangkat lunak ini merupakan buatan developer asal AS, Tonec FZE. IDM dapat di-download gratis tetapi dengan penggunaan terbatas lantaran berstatus free trial atau percobaan.

Sebagaimana dijelaskan situs web IDM dilansir Kamis (15/8/2019), Internet Download Manager memiliki cara kerja cukup unik yaitu dengan membagi berkas yang akan diunduh dalam beberapa bagian. Meski demikian, proses unduhan dilakukan secara bersamaan.

Fitur IDM

IDM mengklaim dapat meningkatkan kecepatan mengunduh hingga lima kali lipat lebih cepat dari biasanya, terlepas dari seberapa besar ukuran data tersebut. Proses unduhan berkas dengan IDM dilakukan di luar browser melalui aplikasi sendiri. Di sana, IDM menawarkan fitur-fitur unggulan terkait aktivitas unduhan.

Internet Download Manager mendukung server proxy, protocol ftp dan http, firewall, cookies, otorisasi, pemrosesan konten audio dan video, yang sudah terintegerasi dengan peramban populer. Di antaranya seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape, MSN Explorer, AOL, Opera, Mozilla, Mozilla Firefox, Mozilla Firebird, Google Chrome, Avant, MyIE2 dan lainnya.


Selain itu, Internet Download Manager menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana untuk memberikan kemudahan para pengguna. Software ini juga memiliki fitur pemulihan (resume) jika terjadi kesalahan yang komprehensif dan kemampuan melanjutkan kembali unduhan yang terputus.

Berikut fitur lengkap Internet Download Manager:

  • IDMterintegrasi dengan semua peramban dan aplikasi popular di internet
  • IDM dapat meningkatkan kecepatan unduhan hingga 5 kali lebih cepat dengan teknolofi segmentasi data dinamis
  • Pengunduhan mudah dengan satu klik, karena adanya dukungan protokalHTTP, FTP, HTTPS, dan MMS
  • IDM memiliki fitur untuk melanjutkan unduhan data yang belum selesai
  • Data yang diunduh aman dari virus, sebab IDM memiliki fitur pemerikasaan antivirus otomatis
  • IDM memiliki fitur pengatur jadwal sambungan untuk setiap data yang ingin diunduh
  • IDM memberikan kemudahan pengguna hanya dengan menyalin alamat situs yang ingin diunduh
  • IDM juga mempermudah pengguna untuk mengategorikan tiap data unduhan


Cara Menggunakan dan Registrasi IDM

Menggunakan IDM cukup mudah, yang perlu dilakukan adalah mengunduh perangkat lunak itu di situs web resminya pada tautan ini, kemudian instal dan buka. Saat men-download berkas di internet, ketika link unduhan di-klik, IDM akan otomatis mengambil alih proses download. Aplikasi IDM pun akan terbuka untuk memulai unduhan.

Patut diketahui bahwa IDM dapat digunakan secara gratis hanya dalam 7 hari saja lantaran berstatus free trial atau uji coba gratis. Ada harga yang harus dibayar agar untuk menggunakan IDM secara penuh. Untuk mengetahui tarif lisensi IDM dapat mengunjungi laman ini, baik itu bagi lisensi 1 komputer atau 2 komputer dan lebih, termasuk jangka waktu lisensi, mulai bulanan, satu tahun, dan seumur hidup.

IDM juga memiliki official resellers di Indonesia bagi pengguna yang enggan bertransaksi melalui situs web IDM. Ada 8 mitra ofisial di Tanah Air yang selengkapnya dapat dibaca lengkap pada tautan ini. Setelah membeli lisensi, tinggal memasukkan nomor serial ke software IDM untuk menikmati layanan aplikasi download ini secara penuh.


Baca juga artikel terkait INTERNET DOWNLOAD MANAGER atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Adrian Samudro
DarkLight