Cara Cek dan Download Lagu Barat Terbaru 2019 di Spotify

Oleh: Ibnu Azis - 25 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Download lagu barat terbaru 2019 di Spotify khusus untuk akun premium, sementara untuk cara cek dapat ditemukan di menu New Releases.
tirto.id - Spotify melalui menu New Releases memberikan informasi ke penggunanya lagu-lagu terbaru yang baru dirilis, termasuk lagu barat 2019. Selain itu, hadir pula menu download lagu tersebut untuk dinikmati offline, asalkan pengguna berlangganan akun premium.

Seperti diketatahui bahwa Spotify memang dapat dinikmati secara gratis namun dengan sejumlah kelemahan, seperti hadirnya iklan, tak dapat skip lagu, putar secara acak, termasuk tanpa dukungan akses luring. Ini kemudian menjadi daya tawar akun premium yang memiliki biaya berlangganan mulai Rp49.990 per bulan.

Terkait cara cek lagu barat terbaru, hal ini dapat diketahui dengan memilih menu Search di landing page aplikasi Spotify kemudian pilih menu New Releases. Berikutnya, di laman tersebut akan ditampilkan tak hanya lagu barat terbaru, namun juga album termasuk single.

Sementara untuk cara download lagu barat terbaru 2019 di Spotify, caranya tinggal menggeser toggle ke posisi kanan hingga bewarna hijau. Sekali lagi, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna akun premium.

Misalnya pengguna memilih album terbaru Madonna bertajuk "Madame X (Deluxe)" yang dirilis pada 14 Juni 2019. Untuk men-download-nya, tinggal masuk ke album tersebut kemudian geser ke kanan toggle di menu download hingga berwarna hijau. Proses download tergantung banyaknya lagu yang ingin diunduh termasuk setting kualitasnya (Normal, High, Very High).


Cara download ini juga dapat diterapkan ke artis atau album lain terpilih. Terkait kualitas, opsi Normal akan memiliki kapasitas paling rendah dari High dan Very High, yang merupakan kualitas tertinggi. Makin tinggi kualitasnya, maka kian besar pula data yang harus diunduh.

Spotify tersedia untuk perangkat bergerak dan PC atau laptop, dengan tarif berlangganan beragam. Ada pula penawaran diskon 50% untuk dua bulan dengan tarif Rp54.990 per bulan. Bagi mereka para pelajar, ada penawaran khusus hanya Rp24.990 per bulan. Selengkapnya dapat dibaca tuntas pada tautan ini.

Spotify pada Juli 2018 merilis versi Lite untuk aplikasi perangkat bergerak. Aplikasi ini dirancang bagi pengguna yang memiliki akses internet terbatas dengan smartphone berspesifikasi rendah.

Perbedaan mencolok antara versi Lite dan reguler terletak pada "bobot" aplikasi setelah diinstal. Spotify Lite hanya memakan ruang penyimpanan 15-20MB, sedangkan Spotify reguler bisa menguras memori internal hingga 100MB atau bahkan lebih besar.

Fitur lain yang tak dijumpai oleh pengguna Spotify Lite adalah kemampuan download atau mengakses musik secara offline. Baik pengguna Spotify gratis maupun pelanggan Premium tidak dapat menikmati musik secara luring di Spotify Lite.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight