Menuju konten utama

35 Contoh Soal PPPK Guru PKN SD & Jawabannya

Berikut kumpulan contoh soal P3K Guru PPKN SD dan jawaban. Terdapat 35 soal PPPK guru PKN SD yang bisa dipelajari jelang tes kompetensi.

35 Contoh Soal PPPK Guru PKN SD & Jawabannya
Peserta mengikuti ujian kompetensi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di UNS Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru PPKN SD di sini dapat dipakai sebagai latihan dan bahan belajar menjelang tes kompetensi. Berbagai soal PKN P3K Guru SD tersebut berguna buat pengenalan pada berbagai bentuk pertanyaan yang akan muncul dalam tes.

Sejumlah soal tes PPPK Guru PPKN dan jawabannya itu tersaji dalam bentuk pilihan ganda seperti yang ada dalam ujian kompetensi. Di dalamnya, tersaji pula beberapa contoh soal teknis P3K PPKN Nilai Pancasila.

Secara umum kisi-kisi soal P3K Guru PKN tidak jauh beda dengan meteri ter kompetensi untuk pendidik lain. Namun, materi soal P3K PPKN SD lebih banyak memuat pertanyaan tentang pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah dasar. Selain memahami materi, calon PPPK dituntut menguasai teori belajar dan konstekstualisasinya di pelajaran yang diampu.

Contoh Soal PKN P3K Guru SD dan Jawaban

Isi soal P3K Guru Kelas PKN akan menguji pemahaman peserta pada materi-materi yang terkait dengan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Materi metode pembelajaran PPKN juga termuat dalam sejumlah pertanyaan.

Berikut sejumlah 35 contoh soal PKN P3K Guru SD yang beserta jawabannya:

1. Dalam pembelajaran materi PPKN, analisis hukum bisa muncul saat membahas...

  • A. peran partai politik dalam sosialisasi hukum di masyarakat
  • B. penyelenggaraan otonomi daerah sesuai undang-undang
  • C. pengaruh struktur sosial pada kesadaran hukum di masyarakat
  • D. fungsi legislasi DPR dan DPRD
  • E. masalah kultural dalam penguatan sistem hukum di Indonesia
Jawaban: B

2. Indikator pencapaian kompetensi dasar siswa "Mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat untuk mewujudkan keadilan" adalah…

  • A. menjalankan norma-norma kesopanan di sekolah
  • B. mengkaji norma-norma dalam masyarakat
  • C. menerangkan makna norma yang ada di masyarakat
  • D. mengidentifikasi peristiwa pelanggaran norma di masyarakat
  • E. mengidentifikasi berbagai aturan norma di masyarakat
Jawaban: A

3. Model pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi mampu "mensintesiskan kewenangan lembaga negara menurut UUD 1945" adalah...

  • A. simulasi
  • B. debat
  • C. diskusi
  • D. presentasi
  • E. praktik lapangan
Jawaban: C

4. Pengembangan materi pembelajaran tentang integrasi nasional pada masa sekarang dapat mengambil topik...

  • A. politik identitas sebagai ajang persaingan ideologi
  • B. politik untuk meraih kemenangan di pemilihan umum
  • C. pemilu sebagai ajang adu argumen dan program pembangunan
  • D. tokoh politik menebar janji untuk menjaring pemilih
  • E. partai politik sebagai simbol demokrasi di Indonesia
Jawaban: C

5. Materi pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi mampu "membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila" adalah...

  • A. Pancasila sebagai dasar negara
  • B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI
  • C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila
  • D. perumusan dasar negara oleh Panitia Sembilan
  • E. Pancasila sebagai ideologi negara
Jawaban: C

6. Pendekatan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran PPKN agar "siswa dapat bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari di sekolah" adalah…

  • A. induktif
  • B. deduktif
  • C. individual
  • D. kelompok
  • E. saintifik
Jawaban: D

7. Materi yang tepat untuk penerapan model pembelajaran project citizen adalah...

  • A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda
  • B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda
  • C. peran golongan pemuda dalam Sumpah Pemuda
  • D. peran organisasi pergerakan nasional dalam Sumpah Pemuda
  • E. nilai-nilai Sumpah Pemuda bagi pelajar
Jawaban: B

8. Indikator yang tepat untuk metode inquiry dalam pembelajaran PPKN adalah…

  • A. mengidentifikasi adat yang berkembang di masyarakat
  • B. mengidentifikasi dampak jika nilai Pancasila tidak diamalkan
  • C. mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • D. mengidentifikasi contoh pengamalan nilai Pancasila
  • E. menyebutkan kelebihan dan kekurangan nilai demokrasi Pancasila
Jawaban: B

9. Langkah awal yang tepat saat guru meminta siswa mempresentasikan hasil telaahnya terhadap fenomena pelanggaran lalu lintas adalah...

  • A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  • B. meminta peserta didik mengidentifikasi masalah
  • C. mengumpulkan contoh pelanggaran lalu lintas
  • D. meminta siswa investigasi pelanggaran lalu lintas di lapangan
  • E. meminta siswa mengumulkan informasi aturan lalu lintas
Jawaban: A

10. Media pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi siswa bisa "menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah" adalah...

  • A. video tentang penetapan perda di DPRD
  • B. bagan proses pembentukan peraturan daerah
  • C. video rapat pembentukan peraturan daerah
  • D. gambar/foto sidang pembahasan peraturan daerah
  • E. aplikasi sidang pembentukan peraturan daerah
Jawaban: B

11. Penanganan yang tepat bagi siswa yang memainkan handphone saat guru mengajar adalah...

  • A. memberikan ancaman hukuman yang berat
  • B. memberikan hukuman tegas dan menimbulkan efek jera
  • C. memberikan tugas tambahan agar siswa sibuk belajar
  • D. memberikan peringatan keras agar perbuatan tidak diulang
  • E. mendekati siswa tersebut dan memberikan pemahaman
Jawaban: E

12. Agar siswa memahami tugas Komisi Yudisial dalam mengusulkan sanksi bagi hakim, kegiatan praktik yang tepat adalah...

  • A. menganalisis kasus hukum yang melibatkan hakim
  • B. merancang usulan sanksi yang tepat untuk hakim yang melanggar aturan
  • C. menganalisis keputusan KY yang memberikan sanksi berat ke hakim
  • D. mengevaluasi putusan MA terhadap hakim pelanggar hukum
  • E. menghafal tugas Komisi Yudisial
Jawaban: B

13. Memberi kesempatan siswa mengidentifikasi perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah, merupakan tindakan guru yang mendorong peserta didik untuk...

  • A. mengamati lingkungan
  • B. mengumpulkan informasi
  • C. mengidentifikasi masalah
  • D. menemukan masalah
  • E. merumuskan solusi atas masalah
Jawaban: B

14. Penilaian yang pakai instrumen berbeda untuk peserta didik laki-laki dan perempuan dikategorikan sebagai tindakan yang...

  • A. tidak objektif
  • B. tidak adil
  • C. tidak sahih
  • D. tidak akuntabel
  • E. tidak valid
Jawaban: B

15. Dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKN, pengembangan kisi-kisi penilaian bisa dilaksanakan setelah...

  • A. tujuan pembelajaran diidentifikasi
  • B. teknik penilaian ditentukan
  • C. proses penilaian dilaksanakan
  • D. instrumen penilaian dirancang
  • E. kunci jawaban disusun
Jawaban: B

16. Instrumen penilaian yang tepat untuk pencapaian indikator kompetensi "menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan" adalah...

  • A. lembar observasi
  • B. analisis produk
  • C. pengerjaan projek
  • D. perumusan skala sikap
  • E. tes tertulis uraian (soal essay)
Jawaban: E

17. Kegiatan remedial bagi siswa yang belum mencapai KBM pembelajaran "menganalisis makna Kebangkitan Nasional 1908" yang tepat adalah...

  • A. menulis rangkuman isi buku tentang Kebangkitan Nasional
  • B. mengerjakan PR soal tentang makna Kebangkitan Nasional
  • C. membuat karya tulis tentang Kebangkitan Nasional
  • D. membuat ringkasan sejarah Kebangkitan Nasional
  • E. mengerjalan kembali ulangan harian
Jawaban: A

18. Instrumen penilaian yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi siswa mampu "mempresentasikan pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Bhinneka Tunggal Ika" adalah...

  • A. menulis jurnal
  • B. mengerjakan projek
  • C. unjuk kerja
  • D. observasi lapangan
  • E. tes tertulis
Jawaban: C

19. Solusi untuk mengatasi kebosanan siswa dalam pembelajaran PPKN adalah dengan menerapkan model pembelajaran...

  • A. scientific approach
  • B. cooperative learning
  • C. contextual teaching and learning
  • D. discovery learning
  • E. project-based learning
Jawaban: B

20. Penggunaan teknologi terbaru dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensi siswa mampu "menganalisis dinamika peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sesuai UUD 1945" yang tepat dilakukan dengan cara...

  • A. membaca e-book tentang peran Indonesia dalam perdamaian
  • B. membuat kliping dari media elektronik tentang peran Indonesia
  • C. membuat karya tulis tentang peran Indonesia dalam perdamaian
  • D. membuat ringkasan isi e-book tentang peran Indonesia
  • E. melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian
Jawaban: B

21. Kedudukan dasar negara penting bagi negara merdeka karena...

  • A. dasar negara merupakan unsur negara
  • B. dengan adanya dasar negara, pemerintahan diakui negara lain
  • C. dasar negara membuat masyarakat menjaga ketertiban
  • D. pemerintahan maju harus memiliki dasar negara
  • E. menjadi dasar penyelenggaraan negara
Jawaban: E

22. Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melibatkan utusan dari berbagai wilayah di Indonesia agar...

  • A. sesuai kehendak pemerintah militer Jepang
  • B. sebagai tindak lanjut ikrar Sumpah Pemuda
  • C. sebagai perwakilan pejuang kemerdekaan
  • D. ada keterwakilan seluruh bangsa Indonesia
  • E. sebagai perwakilan organisasi di wilayah Indonesia
Jawaban: D

23. Contoh perilaku yang mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah...

  • A. presiden membuat kebijakan pembangunan infrastruktur
  • B. DPR membuat undang-undang tentang pendidikan
  • C. presiden memilih menteri di kabinet
  • D. presiden menghadiri acara keagamaan tanpa memandang kesamaan agama
  • E. masyarakat melakukan uji materi undang-undang ke MK
Jawaban: D

24. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara tercermin dalam kehidupan sehari-hari melalui…

  • A. perayaan hari besar agama dihadiri presiden dan pejabat negara
  • B. presiden menghadiri pesta perkawinan anak Ketua MPR
  • C. warga negara mengajukan uji materiil terhadap undang-undang
  • D. sikap toleransi ketika bertemu dengan sahabat beda agama
  • E. memajukan kebudayaan daerah sesuai nilai Pancasila
Jawaban: C

25. Penggunaan pesan singkat melalui media sosial dapat memengaruhi pola silaturahmi di masyarakat. Dampak negatifnya, ia berpotensi mengakibatkan...

  • A. penurunan kualitas hidup gotong-royong
  • B. maraknya penggunaan alat komunikasi canggih
  • C. internet menjadi kebutuhan pokok keluarga
  • D. semakin kuatnya ikatan kekeluargaan
  • E. hubungan guru dan siswa semakin akrab
Jawaban: A

26. Dalam pembelajaran PPKN SD dapat diterapkan suatu strategi yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam kerja sama atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja untuk memecahkan masalah bersama. Hal ini merupakan penerapan metode ....

  • A. Bermain peran
  • B. Value Clarafication Tehnique (VCT)
  • C. Sosiodrama
  • D. Metoda Proyek
  • E. Cooperative learning
Jawaban: E

27. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi. Hal itu agar…

  • A. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia
  • B. bangsa indonesia tidak tertinggal memasuki arus globalisasi
  • C. adaptif dengan arus globalisasi saat ini
  • D. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa indonesia
  • E. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa asing
Jawaban: D

28. Portofolio sejatinya dimaksudkan untuk kepentingan penilaian, hal itu karena model portofolio meliputi berbagai aspek yang mencerahkan guru dalam memberikan asesmen autentik bagi peserta didik. Alasan portofolio diadopsi menjadi model pembelajaran, antara lain karena ...

  • A. Implementasi portofolio di dalam praksisnya berbasis proses aktif partisipatif, kreatif dan produktif segenap peserta didik
  • B. Untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang unik bagi siswa
  • C. Untuk menolong capaian hasil belajar siswa yang masih kurang
  • D. Tak ada jawaban yang benar
  • E. Tak ada lagi model pembelajaran yang baru
Jawaban: A

29. Setelah siswa mempelajari materi PPKN, mereka diharapkan dapat memahami cara menghargai jasa para tokoh bangsa dalam perumusan dasar negara Pancasila, yaitu dengan …

  • A. Meneladani sikap dan perilaku para tokoh
  • B. Menganggap Pancasila sebagai ideologi yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang
  • C. Meninggalkan ideologi negara
  • D. Mensimulasikan proses perumusan Dasar negara menjelas proklamasi kemerdekaan
  • E. Menunjukkan sikap hedonisme
Jawaban: D

30. Sebagai warga masyarakat, guru perlu memahami sifat hukum. Hal tersebut di bawah ini merupakan sifat hukum, kecuali ...

  • A. mengatur hubungan antara orang yang satu dan yang lain
  • B. memberikan adanya kepastian hukum
  • C. mengikat dan memaksa
  • D. memberikan rasa nyaman dan aman
  • E. memberikan rasa keadilan
Jawaban: D

31. Kegiatan akhir dalam setiap proses pembelajaran adalah melakukan evaluasi. Adapun prinsip-prinsip khusus dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PPKn di SD adalah sebagai berikut, kecuali ....

  • A. Hasil evaluasi hanya sebagai penunjuk gejala
  • B. Pengukuran dengan indikator kognitif
  • C. Makin banyak indicator semakin mendekati keadaan sebenarnya
  • D. Lebih menekankan pada kepentingan siswa
  • E. Pengukuran ranah kolektif
Jawaban: B

32. Aktualisasi sikap Warga Negara yang cerdas dan bertanggung jawab terlihat bukan saja ketika seseorang menjadi aktor politik dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, tapi akan nampak pula pada kepeduliannya terhadap hal-hal kecil yang sama pentingnya di tengah kehidupan masyarakat. Hal itu adalah ....

  • A. Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis
  • B. pengelolaan sampah dan kebersihan sebagai peluang ekonomi
  • C. peningkatan ketertiban dan kesadaran hukum masyarakat
  • D. peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bersama
  • E. peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional rakyat
Jawaban: D

33. Sebagai warga masyarakat yang memahami makna demokrasi, selayaknya mampu menafsirkan demokrasi yang berlaku di Indonesia yang saat ini menganut demokrasi konstitusional. Untuk mengidentifikasi pilar-pilar demokrasi konstitusional menurut UUD 1945, diantaranya adalah seperti yang tersebut ini …

  • A. Demokrasi dengan rule of law
  • B. Demokrasi dengan rule of the game
  • C. Demokrasi dengan pemisahan kekuasaan negara
  • D. Demokrasi dengan pemisahan antara hak dan kewajiban
  • E. Demokrasi dengan sistem pemilihan langsung
Jawaban: A

34. Fakta keanekaragaman adat istiadat dan bahasa yang merupakan kekayaan budaya bangsa merupakan salah satu sumber penting pengembangan konten PPKn di persekolahan, hal tersebut karena ...

  • A. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah bermuara pada terbentuknya prilaku yang mencerminkan nilai budaya bangsa
  • B. Pembelajaran PPKn di sekolah berbasis budaya lebih disukai peserta didik
  • C. Tujuan pembelajaran PPKn di persekolahan berbasis pengetahuan faktual meliput seni dan budaya
  • D. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah tak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat dan budaya
  • E. Nilai dan budaya yang ada di tengah masyarakat dapat menjadi penghambat modernisasi bangsa
Jawaban: A

35. Dalam pembelajaran PKn adanya pendekatan nilai, norma dan moral Pancasila yang dapat digunakan guru untuk memudahkan siswanya dalam belajar. Adapun yang dimaksud dengan pengertian moral itu sendiri adalah ...

  • A. Tatanan aturan hukum yang menjadi sesuatu yg sudah memiliki kekuatan normatif atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat
  • B. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku
  • C. Pola sikap yang sudah mempribadi atau mapan
  • D. Imperasi keyakinan yang harus dipatuhi oleh penganutnya
  • E. Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri
Jawaban: B

Baca juga artikel terkait PPPK atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Edusains
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Addi M Idhom