Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru PPKN SD 2023 dan Kunci Jawaban

Kumpulan contoh soal PPPK Guru PPKN SD 2023 dapat dipakai sebagai latihan peserta yang akan menjalani seleksi PPPK tahun ini. Berikut selengkapnya.

Contoh Soal PPPK Guru PPKN SD 2023 dan Kunci Jawaban
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon PNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru PPKN SD 2023 dapat dipakai sebagai latihan peserta yang akan menjalani seleksi PPPK tahun ini. Dalam pelaksanaan PPPK tahun 2023 terdapat beberapa formasi yang dibuka salah satunya yaitu formasi untuk Guru PPKN SD.

Berkaitan dengan hal itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat juga sudah mengumumkan informasi terkait rincian formasi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 di lingkungan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat yakni sebanyak 6.362 formasi.

Dari keseluruhan formasi yang telah dibuka tersebut, berdasarkan data alokasi formasi PPPK Guru 2023 di Jawa Barat setidaknya tersedia sebanyak 363 alokasi formasi yang tersedia untuk jabatan fungsional Guru PPKN.

Dalam proses penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023, para peserta yang telah dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi akan lanjut ke tahap berikutnya yakni seleksi kompetensi.

Melansir surat yang berisi penyesuaian jadwal seleksi CASN 2023 yang telah dirilis oleh BKN, pelaksanaan tes atau seleksi kompetensi PPPK untuk Guru SD tahun 2023 ini telah dijadwalkan pada 10 November hingga 4 Desember 2023 mendatang.

Oleh karena itu, para peserta dapat mempelajari dan mengerjakan berbagai contoh soal PPPK Guru PPKN SD sebagai bentuk persiapan menjelang pelaksanaan seleksi kompetensi untuk PPPK tahun 2023.

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru PPKN SD dan Jawaban

Berikut adalah contoh soal Kompetensi PPPK Guru PPKN SD yang turut disertai dengan jawabannya:

1. Dalam pembelajaran PPKn SD dapat diterapkan suatu strategi yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam kerja sama atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja untuk memecahkan masalah bersama. Hal ini merupakan penerapan metode ....

A. Bermain peran

B. Value Clarafication Tehnique (VCT)

C. Sosiodrama

D. Metoda Proyek

E. Cooperative learning

Jawaban : E

2. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu dimaksudkan agar….

A. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia

B. bangsa indonesia tidak tertinggal memasuki arus globalisasi

C. adaptif dengan arus globalisasi saat ini

D. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa indonesia

E. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa asing

Jawaban : D

3. Portofolio sejatinya dimaksudkan untuk kepentingan penilaian, hal itu karena model portofolio meliputi berbagai aspek yang mencerahkan guru dalam memberikan asesmen autentik bagi peserta didik. Alasan portofolio diadopsi menjadi model pembelajaran, antara lain karena ...

A. Implementasi portofolio di dalam praksisnya berbasis proses aktif partisipatif, kreatif dan produktif segenap peserta didik

B. Untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang unik bagi siswa

C. Untuk menolong capaian hasil belajar siswa yang masih kurang

D. Tak ada jawaban yang benar

E. Tak ada lagi model pembelajaran yang baru

Jawaban : A

4. Setelah siswa mempelajari PPKn akan memahami cara menghargai jasa para tokoh dalam proses perumusan dasar negara Pancasila, yaitu dengan ….

A. Meneladani sikap dan perilaku para tokoh

B. Menganggap Pancasila sebagai ideologi yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang

C. Meninggalkan ideologi negara

D. Mensimulasikan proses perumusan Dasar negara menjelas proklamasi kemerdekaan

E. Menunjukkan sikap hedonisme

Jawaban : D

5. Sebagai warga masyarakat, guru perlu memahami sifat hukum. Hal tersebut di bawah ini merupakan sifat hukum, kecuali ...

A. mengatur hubungan antara orang yang satu dan yang lain

B. memberikan adanya kepastian hukum

C. mengikat dan memaksa

D. memberikan rasa nyaman dan aman

E. memberikan rasa keadilan

Jawaban : D

6. Kegiatan akhir dalam setiap proses pembelajaran adalah melakukan evaluasi. Adapun prinsip-prinsip khusus dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PPKn di SD adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. Hasil evaluasi hanya sebagai penunjuk gejala

B. Pengukuran dengan indikator kognitif

C. Makin banyak indicator semakin mendekati keadaan sebenarnya

D. Lebih menekankan pada kepentingan siswa

E. Pengukuran ranah kolektif

Jawaban : B

7. Aktualisasi sikap Warga Negara yang cerdas dan bertanggungjawab akan terlihat bukan saja ketika seseorang menjadi aktor politik dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, tetapi akan nampak pada kepeduliannya terhadap hal kecil yang sama pentingnya di tengah kehidupan masyarakat, hal itu adalah ....

A. Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis

B. pengelolaan sampah dan kebersihan sebagai peluang ekonomi

C. peningkatan ketertiban dan kesadaran hukum masyarakat

D. peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bersama

E. peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional rakyat

Jawaban : D

8. Sebagai warga masyarakat yang memahami makna demokrasi, selayaknya mampu menafsirkan demokrasi yang berlaku di Indonesia yang saat ini menganut demokrasi konstitusional. Untuk mengidentifikasi pilar-pilar demokrasi konstitusional menurut UUD 1945, diantaranya adalah seperti yang tersebut ini …

A. Demokrasi dengan rule of law

B. Demokrasi dengan rule of the game

C. Demokrasi dengan pemisahan kekuasaan negara

D. Demokrasi dengan pemisahan antara hak dan kewajiban

E. Demokrasi dengan sistem pemilihan langsung

Jawaban : A

9. Fakta keanekaragaman adat istiadat dan bahasa yang merupakan kekayaan budaya bangsa merupakan salah satu sumber penting pengembangan konten PPKn di persekolahan, hal tersebut karena ...

A. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah bermuara pada terbentuknya prilaku yang mencerminkan nilai budaya bangsa

B. Pembelajaran PPKn di sekolah berbasis budaya lebih disukai peserta didik

C. Tujuan pembelajaran PPKn di persekolahan berbasis pengetahuan faktual meliput seni dan budaya

D. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah tak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat dan budaya

E. Nilai dan budaya yang ada di tengah masyarakat dapat menjadi penghambat modernisasi bangsa

Jawaban : A

10. Dalam pembelajaran PKn adanya pendekatan nilai, norma dan moral Pancasila yang dapat digunakan guru untuk memudahkan siswanya dalam belajar. Adapun yang dimaksud dengan pengertian moral itu sendiri adalah ...

A. Tatanan aturan hukum yang menjadi sesuatu yg sudah memiliki kekuatan normatif atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat

B. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku

C. Pola sikap yang sudah mempribadi atau mapan

D. Imperasi keyakinan yang harus dipatuhi oleh penganutnya

E. Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri

Jawaban : B

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani