Menuju konten utama

35 Contoh Soal PPPK Guru Ekonomi SMA & Jawabannya

Contoh soal PPPK Guru Ekonomi SMA dapat dijadikan bahan belajar. Berikut selengkapnya contoh soal P3K guru ekonomi lengkap dengan kunci jawabannya.

35 Contoh Soal PPPK Guru Ekonomi SMA & Jawabannya
Pelaksanaan seleksi kompetensi CAT-UNBK PPPK Guru dari pelamar umum di SMPN 2 Kuta Utara Dalung, Badung. (ANTARA/HO-Pemkab Badung.)

tirto.id - Contoh soal PPPK Guru Ekonomi SMA beserta kunci jawabannya dapat dijadikan bahan belajar ketika akan mengikuti ujian.

Dalam tes kompetensi PPPK Guru, pelamar formasi guru Ekonomi SMA/SMK harus mengerjakan sejumlah soal PPPK Guru Ekonomi sesuai dengan bidangnya.

Karenanya, peserta seleksi dapat menjadikan kumpulansoal P3K guru ekonomi SMA di bawah ini sebagai bahan belajar, termasuk juga soal-soal kompetensi teknis P3K Guru Ekonomi.

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Ekonomi dan Jawaban

1. Ibu Cantika seorang guru ekonomi SMA ABC kelas XI, setelah melakukan penilaian pada Kompetensi Dasar (KD). 3.4 Menganalisis indeks harga dan inflasi, selanjutnya menganalisis hasil penilaian, ternyata terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan pada KD tersebut, Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengalami kesulitan yang berbeda-beda, maka strategi pelaksanaan pembelajaran remedial adalah …

A. Pemberian bimbingan secara kelompok

B. Pemberian bimbingan secara individu

C. Pemberian pembelajaran ulang

D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus

E. Pemanfaatan tutor sebaya

Jawaban: B

2. Berdasarkan hasil analisis penilaian untuk KD. menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Beberapa peserta didik telah melampaui KKM. Pak Bagas guru Ekonomi kelas X SMA BCD memberikan pengayaan untuk peserta didik yang melampaui KKM. Pengayaan dapat dilakukan melalui …

A. Belajar kelompok KD yang sama

B. Belajar mandiri KD selanjutnya

C. Belajar kelompok KD selanjutya

D. Belajar mandiri KD sebelumnya

E. Belajar kelompok KD sebelumnya

Jawaban: A

3. Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran merupakan pengertian dari …

A. Kompetensi Inti (KI)

B. Standar kompetensi lulusan (SKL)

C. Indikator

D. Standar Isi

E. Standar proses

Jawaban: C

4. Berikut ini merupakan ketentuan dalam merumuskan indikator

a) Indikator dirumuskan/diturunkan dari KD

b) Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang terukur

c) Dirumuskan dalam kalimat yang sederhana, jelas dan mudah dipahami serta tidak bermakna ganda

d) Minimal harus berada pada level C4

e) Tiap indikator harus mengandung tiga ranah sekaligus (kognitif, afektif & psikomotor)

Yang bukan ketentuan dalam perumusan indikator adalah …

A. 1,2

B. 2,3

C. 3,4

D. 4,5

E. 1,5

Jawaban: D

5. Setiap guru pasti akan menghadapi permasalahan dalam proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu setiap guru dituntut mampu melakukan pemecahan masalah yang terjadi. Salah satu cara paling tepat yang dapat dilakukan oleh guru dalam mencari solusi dari dari permasalahan yang terjadi dalam proses KBM adalah dengan …

A. Meminta solusi dari kepala sekolah

B. Mendatangkan konsultan pendidikan

C. Melakukan classroom act on research

D. Menemui orang tua siswa

E. Berkonsultasi dengan dinas Pendidikan

Jawaban: C

6. Salah satu tahapan dalam siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah menyusun apa yang akan dilakukan untuk mengatasi/memberi solusi dari permasalahan tersebut. Hal ini mencakup segala keperluan pelaksanaan PTK, mulai dari materi/bahan ajar, rencana pengajaran yang mencakup metode/teknik mengajar, serta teknik atau instrumen observasi/evaluasi. Tahapan ini adalah ...

A. Planning

B. Implementing

C. Observing

D. Reflecting

E. Controlling

Jawaban: A

7. Menurut undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dalam pasal 20: Merencanakan pembelajaran; Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu; Menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran; Membimbing dan melatih peserta didik/siswa; Melakukan penelitian; Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada kegiatan pokok yang sesuai; dan Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan. Ini semua merupakan …

A. Fungsi guru

B. Tugas guru

C. Fungsi dosen

D. Tugas dosen

E. Tugas instruktur

Jawaban: B

8. Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran dak lagi dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, akan tetapi dapat dilakukan secara virtual atau jarak jauh (distance learning). System ini menggabungkan proses pembelajaran jarak jauh dengan prinsip-prinsip dalam pembelajaran dengan teknologi. Pembelajaran ini biasanya berbasis web yang bias diakses menggunakan jaringan internet di mana pun tempat pebelajar berada. Hal ini sering disebut dengan …

A. E-Learning

B. Blended learning

C. Learning by doing

D. Self-learning

E. Efficient learning

Jawaban: A

9. Salah satu pendekatan pembelajaran Ekonomi di SMA/MA di kurikulum 2013 revisi adalah pendekatan saintifik langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang benar adalah sebagai berikut …

A. Mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, menanya, dan mengomunikasikan

B. Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan

C. Menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan

D. Mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan

E. Mengamati, menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi, dan mengomunikasikan

Jawaban: B

10. Kegiatan memproses informasi yang sudah dikumpulkan baik dari eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya dan menyimpulkan pola dari keterkaitan informasi tersebut merupakan salah satu bagian dari langkah pembelajaran saintifik, yaitu …

A. Mengamati

B. Menanya

C. Mengumpulkan informasi

D. Mengasosiasikan

E. Mengomunikasikan

Jawaban: D

11. Seorang guru Ekonomi kelas XI SMA, sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran. Pada KD, menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi, setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD tersebut, salah satu tujuan pembelajaran yang disusun adalah mengidentifikasi manfaat pendapatan nasional dengan jujur dan percaya diri. Termuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus

D. SKL

E. Kurikulum

Jawaban: B

12. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai

berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.

E. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar yang akan digunakan.

Jawaban: A

13. Suatu daerah yang baru terkena musibah banjir, mengalami kelangkaan air bersih sehingga banyak yang terjangkit penyakit kulit (gatal-gatal). Berdasarkan informasi tersebut yang menyebabkan air bersih langka adalah…

A. Harga air bersih cenderung naik

B. Kebutuhan air bersih tak terbatas

C. Setiap orang memaksimumkan kepuasannya

D. Persediaan tidak sesuai dengan rencana

E. Sumber air bersih tercemar kotoran

Jawaban: E

14. Tn. Bagus seorang karyawan perusahaan swasta di kota “X” memperoleh gaji Rp3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhenti dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri Batako 1 bulan Rp5.000.000,00, beli bahan Rp1.500.000,00, upah karyawan Rp2.000.000,00 dan biaya lain-lain Rp750.000,00. Biaya peluang yang dikorbankan Tn.Bagus adalah …

A. Rp4.250.000,00

B. Rp3.000.000,00

C. Rp2.000.000,00

D. Rp1.500.000,00

E. Rp750.000,00

Jawaban: B

15. Berikut ini beberapa macam kebutuhan:

(a) Ibu pergi ke pasar membeli bahan kebutuhan pokok

(b) Ayah membelikan adik baju seragam sekolah

(c) Kak Rudi membeli handpohne yang memiliki kamera

(d) Budi rajin berolah raga setiap seminggu sekali

(e) Pak Ahmad membeli rumah dekat dengan tempat kerjanya

Berdasarkan urutan tingkat intensitasnya yang termasuk kebutuhan primer adalah …

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2) dan (5)

C. (1), (3) dan (4)

D. (2), (4) dan (5)

E. (3), (4) dan (5)

Jawaban: B

16. Adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan yang tak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, merupakan …

A. Masalah ekonomi

B. Masalah ekonomi

C. Kejadian ekonomi

D. Inti masalah ekonomi

E. Kelangkaan

Jawaban: D

17. “Kebijakan pemerintah menetapkan harga tanpa memperhatikan aspirasi masyarakat”. Pernyataan tersebut adalah pelaksanaan sistem ekonomi

A. Pasar

B. Absolut

C. Liberal

D. Komando

E. Tradisional

Jawaban: D

18. Masalah mendasar dalam ilmu ekonomi adalah:

A. Mengurangi masalah kemiskinan dan menciptakan distribusi pendapatan yang adil dan merata

B. Menentukan harga yang tepat atas barang/jasa sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang/jasa tersebut

C. Mengurangi ekternalitas negative yang ditimbulkan dari setiap kegiatan ekonomi

D. Mengoptimalkan penggunaan sumberdaya yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

E. Memacu pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan harapan kemakmuran akan tercipta

Jawaban: D

19. Pasar barang memiliki karakteristik sebagai berikut

a. Produsen bertindak sebagai price seller

b. Kurva permintaan yang dihadapi bersifat elastis sempurna

c. Hambatan untuk masuk/keluar pasar tidak ada

d. Tidak setiap produsen dapat memasuki pasar

e. Iklan berperan penting untuk meningkatkan penjualan

Dari lima dasar di atas, yang merupakan karakteristik pasar persaingan tidak sempurna adalah …

A. 1, 2 dan 3

B. 2, 3 dan 4

C. 3, 4 dan 5

D. 4, 5 dan 1

E. 5, 1 dan 2

Jawaban: D

20. Diketahui fungsi permintaan Qd= - 5P+ 1.700, fungsi ini mengandung arti:

a. Pada saat harga naik 2 rupiah maka permintaan akan turun

b. Pada saat harga naik 4 rupiah maka permintaan akan bertambah

c. Jumlah yang diminta 5 unit maka harga yang diminta akan bertambah

d. Pada saat jumlah yang diminta 5 unit maka harga menjadi naik

Berdasarkan pernyataan yang benar adalah …

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E. 3 dan 4

Jawaban: C

21. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran Ekonomi Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria …

A. Shahih

B. Significance

C. Kebermanfaatan

D. Layak dipelajari

E. Menarik minat

Jawaban: A

22. Pola pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi SMA dengan susunan materi mulai dari yang sederhana menuju pada yang kompleks merupakan pola pengembangan …

A. Kronologis

B. Kausal

C. Logis

D. Psikologis

E. Spiral

Jawaban: E

23. Segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi mata pelajaran Ekonomi SMA kelas XII KD. 3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi. dalam proses pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan adalah pengertian dari …

A. Sumber belajar

B. Media pembelajaran

C. Rujukan pembelajaran

D. Fasilitas belajar

E. Dukungan pembelajaran

Jawaban: C

24. 1) Fiksatif 2) Manipulatif 3) Distributive 4) Canggih 5) Dapat menyampaikan semua materi pelajaran

Seorang guru ekonomi SMA dalam memilih media harus memperhatikan karakteristik yang ….

A. 1, 2, 3

B. 2, 3, 4

C. 3, 4, 5

D. 1, 3, 5

E. 2, 3, 5

Jawaban: A

25. Seorang guru ekonomi harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ...

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tujuan pembelajaran

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

E. Media dapat dibuat dengan mudah dan biaya murah

Jawaban: C

26. Beberapa hal yang ada dalam setiap proses pembelajaran dan harus bisa diterima oleh guru adalah …

a) Karakteristik materi pelajaran yang berbeda-beda

b) Sarana belajar yang ada

c) Gaya belajar siswa

d) Target dari pimpinan (kepala sekolah)

e) Tuntutan dari orang tua siswa yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah ….

A. 1, 2, 3

B. 1, 2, 4

C. 1, 2, 5

D. 2, 3, 4

E. 2, 3, 5

Jawaban: A

27. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ekonomi SMA adalah KD. 3.6 Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia, untuk mencapai KD. Tersebut diperlukan sumber belajar yang baik. Sumber belajar yang baik adalah sumber belajar yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu sumber belajar yang paling tepat untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat adalah …

A. Buku teks

B. Buku grand theory

C. Jurnal ilmiah/artikel ilmiah

D. Ensiklopedia

E. Surat kabar

Jawaban: C

28. Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan di antara mereka merupakan metode …

A. Ceramah

B. Diskusi

C. Demonstrasi

D. Resitasi

E. Tanya Jawab

Jawaban: B

29. Saat ini berkembang bentuk instrumen penilaian dengan meminta siswa untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang menjadi bukti bahwa siswa tersebut telah melakukan sesuatu yang disyaratkan oleh guru. Kumpulan hasil kerja ini untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini sering disebut dengan penilaian...

A. Penugasan

B. Pengamatan

C. Portofolio

D. Praktik

E. Produk

Jawaban: C

30. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian …

A. Objektivitas

B. Transparan

C. Bermakna

D. Menyeluruh

E. Adil

Jawaban: A

31. Jika pemerintah memberi subsidi pupuk kepada petani, maka tingkat keseimbangan harga dan kuantitas pupuk yang baru adalah

A. Meningkat – meningkat

B. Meningkat – menurun

C. Menurun – menurun

D. Menurun – meningkat

E. Tetap – menurun

Jawaban: D

32. Beberapa pernyataan berikut merupakan pernyataan berhubungan dengan pendapatan nasional:

a. Membantu dan membuat rencana serta melaksanakan pembangunan secara bertahap

b. Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemajuan perekonomian

c. Membandingkan perekonomian antar negara

d. Membantu merumuskan kebijakan pemerintah

e. Mengetahui dan menelaah struktur perekonomian

Manakah yang merupakan manfaat mempelajari pendapatan nasional …

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 3 dan 4

C. 2, 3 dan 4

D. 2, 4 dan 5

E. 3, 4 dan 5

Jawaban: C

33. Persamaan PN=C+I+G+(X-M) adalah metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan …

A. Produksi

B. Pendapatan

C. Pengeluaran

D. Penerimaan

E. Konsumsi

Jawaban: C

34. Diketahui data sebagai berikut:

GNP Rp1.000.000,00

Penyusutan Rp50.000,00

Laba tidak dibagi Rp100.000,00

Pajak tidak langsung Rp75.000,00

Iuran jaminan sosial Rp25.000,00

Pajak langsung Rp300.000,00

Dari data tersebut besarnya Net National Income (NNI) …

A. Rp950.000,00

B. Rp875.000,00

C. Rp775.000,00

D. Rp750.000,00

E. Rp450.000,00

Jawaban: B

35. Selain dari pajak, sumber penerimaan negara dapat berasal dari, kecuali …

A. Keuntungan perusahaan negara (BUMN)

B. Pinjaman

C. Denda-denda

D. Pendapatan perseorangan

E. Hibah

Jawaban: D

Link Download Soal PPPK Guru Ekonomi SMA

Selain soal-soal di atas, peserta seleksi juga dapat mempelajari seluruh contoh soal PPPK Guru Ekonomi. Adapun link untuk mengakses contoh soalnya melalui laman berikut:

Contoh Soal PPPK Guru Ekonomi PDF

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Dhita Koesno