Menuju konten utama

50 Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru & Jawabannya

Berikut ini kumpulan soal PPPK Guru kompetensi teknis dan jawabannya yang bisa dicermati untuk bahan belajar menjelang tes.

50 Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru & Jawabannya
Sejumlah Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berjalan usai upacara penyerahan surat keputusan di Halaman Pendopo, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (29/5/2023).ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.

tirto.id - Sejumlah soal PPPK Guru kompetensi teknis berikut ini dapat dipelajari supaya lebih siap menghadapi tes. Penyusunan contoh soal PPPK guru 2024 dan jawabannya itu mengikuti kisi-kisi materi pokok seleksi.

Sesuai kisi-kisi materi, soal PPPK guru 2024 akan memuat materi tes kompetensi teknis, kompetensi sosial-kultural, dan kompetensi manajerial. Terakhir, ada juga soal wawancara dalam seleksi kompetensi.

Belajar dengan latihan soal PPPK guru tak hanya berguna mengetahui jawaban atas satu pertanyaan. Kumpulan soal P3K guru dan jawabannya di bawah juga membantu peserta mengenali pola-pola pertanyaan yang akan muncul dalam tes.

Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru dan Jawabannya

Berikut kumpulan soal PPPK Guru kompetensi teknis dan jawabannya yang bisa menjadi bahan belajar menjelang tes kompetensi 2024:

1. Strategi pembelajaran yang demokratis dengan metode diskusi dapat diterapkan oleh guru untuk mengoptimalkan perkembangan belajar peserta didik dalam aspek.....

A. Fisik

B. Emosi

C. Sosial

D. Kepribadian

Jawaban: C

2. Berdasarkan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, kemampuan mengklasifikasikan objek berdasarkan karakteristik dasarnya yang utama merupakan ciri-ciri perkembangan anak pada tahap.....

A. Sensori-motorik

B. Pra-operasional

C. Operasional konkret

D. Operasional formal

Jawaban: C

3. Kondisi peserta didik sebelum pembelajaran dimulai, seperti tidak mengantuk, dalam kondisi sehat, memiliki fungsi panca indera normal, adalah kesiapan dalam aspek...

A. Fisik

B. Psikis

C. Emosi

D. Kognisi

Jawaban: A

4. Seturut konsep belajarmastery learning, di antara ciri hambatan belajar siswa adalah ketidakmampuan ....... selama periode pembelajaran yang telah ditetapkan.

A. Mengerjakan tugas-tugas dari guru pelajaran tertentu

B. Menunjukkan sikap belajar yang produktif dan proaktif

C. Mengikuti pembelajaran pelajaran tertentu

D. Mencapai tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu

Jawaban: D

5. Jono tampak tak acuh saat pembelajaran di kelas. Tindakan guru yang tepat adalah.....

A. Mengajak Joni diskusi secara peribadi untuk mencari solusi masalah

B. Mengelompokkan Jono hanya dengan teman-teman yang akrab

C. Memberi Jono tugas sesuai kemampuannya

D. Memberi kesempatan Jono untuk mencari solusi atas masalahnya

Jawaban: A

6. Berikut ini yang termasuk miskonsepsi tentang siswa berbakat adalah.....

A. Siswa berbakat berpikir lebih rasional

B. Pengembangan bakat tergantung pembelajaran

C. Siswa yang memiliki prestasi pasti berbakat

D. Bakat siswa bisa dinilai melalui berbagai ukuran

Jawaban: C

7. Di bawah ini sejumlah jenis upaya guru untuk mencegah tindakan amoral di kalangan siswa, kecuali.....

A. Mengembangkan self-efficacy siswa

B. Menanamkan nilai-nilai keagamaan

C. Menjelaskan konsekuensi tindakan amoral

D. Menerangkan berbagai dampak tindakan amoral

Jawaban: A

8. Benu memperoleh nilai buruk dalam tes tentang garis singgung lingkaran. Sebab, dia tidak bisa merumuskan model permasalahan dari gambar dalam soal. Hambatan belajar yang dihadapi oleh Benu berkaitan dengan.....

A. Aspek Memori

B. Aspek Penalaran logis

C. Aspek Visual-spasial

D. Aspek Pengendalian eksekutif

Jawaban: C

9. Hakikatnya, belajar merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respons. Pernyataan ini adalah prinsip teori belajar yang dicetuskan oleh.....

A. Burrhus Frederic Skinner

B. David Ausubel

C. Edward Thorndike

D. Albert Bandura

Jawaban: C

10. Guru memastikan semua siswanya siap menerima materi baru dengan memberikan aktivitas yang menarik di awal pembelajaran. Langkah ini sesuai teori belajar.....

A. Jerome Bruner

B. Edward Thorndike

C. Albert Bandura

D. Burrhus Frederic Skinner

Jawaban: A

11. Langkah guru menyusun penilaian pembelajaran yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap selaras dengan prinsip penilaian yang....

A. Berimbang

B. Komprehensif

C. Objektif

D. Sistematis

E. Berkelanjutan

Jawaban: B

12. Metode diskusi kelompok di kelas bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam aspek....

A. Kognitif

B. Emosional

C. Psikomotorik

D. Sosial

E. Afektif

Jawaban: D

13. Langkah guru menerapkan metode pembelajaran yang mendorong kreativitas siswa dalam pemecahan masalah sejalan dengan pendekatan belajar....

A. Kolaboratif

B. Eksploratif

C. Inkuiri

D. Problem-based learning

Jawaban: D

14. Di kelas, guru perlu berperan sebagai penyampai ilmu dan sekaligus fasilitator untuk mendukung pembelajaran yang bersifat....

A. Monolog

B. Aktif

C. Statis

D. Pasif

E. Instruktif

Jawaban: B

15. Seorang guru terbiasa memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas tanpa arahan langsung. Langkah ini bertujuan menumbuhkan kemandirian dan percaya diri siswa. Pendekatan ini selaras dengan prinsip....

A. Scaffolding

B. Autonomous Learning

C. Teacher-Centered

D. Behaviorism

Jawaban: B

16. Berdasarkan teori belajar Jerome Bruner, penggunaan aktivitas awal bertujuan memfokuskan perhatian peserta didik dan memfasilitasi pemahaman melalui proses....

A. Active learning

B. Discovery learning

C. Interactive learning

D. Meaningful learning

17. Prinsip pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman siswa pada konsep, sehingga tidak hanya menghafal, disebut....

A. Pembelajaran Holistik

B. Pembelajaran Partisipatif

C. Pembelajaran Kontekstual

D. Pembelajaran Permaknaan

Jawaban: D

18. Untuk evaluasi hasil belajar, guru bisa menggunakan berbagai teknik untuk mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh. Ini wujud penerapan prinsip penilaian....

A. Kuantitatif

B. Sumatif

C. Kualitatif

D. Otentik

Jawaban: D

19. Strategi yang dapat mendukung pembelajaran aktif dengan tujuan siswa mempunyai peran lebih besar dalam proses belajar adalah....

A. Ceramah

B. Diskusi Kelompok

C. Pembelajaran Individual

D. Pembelajaran Proyek

Jawaban: B

20. Langkah guru yang kerap meminta pendapat siswa dan mempersilakan mereka agar bertanya serta berdikusi bisa mengembangkan keterampilan siswa dalam....

A. Menghafal

B. Berpikir Kritis

C. Meniru

D. Membaca Cepat

Jawaban: B

21. Proses belajar-mengajar yang mendorong siswa berpikir logis dan analitis saat harus mencari solusi masalah merupakan bentuk dari pendekatan....

A. Pembelajaran Partisipatif

B. Pembelajaran Kognitif

C. Pembelajaran Afektif

D. Pembelajaran Sosial

Jawaban: B

22. Saat tahap evaluasi hasil belajar, guru perlu memberi umpan balik yang membangun kepada siswa agar....

A. Siswa mengoreksi kesalahan mereka

B. Siswa memperoleh nilai lebih tinggi

C. Siswa menjadi lebih taat pada guru

D. Meningkatkan rasa puas siswa pada hasil belajar

Jawaban: A

23. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, soal yang tepat diujikan ke peserta didik harus menuntut jawaban yang....

A. Rumit

B. Analitis

C. Panjang lebar

D. Sesuai isi buku

Jawaban: B

24. Pemberian tugas kelompok yang menuntut sejumlah para peserta didik bekerja sama untuk menyelesaikannya adalah bentuk penerapan metode....

A. Inkuiri

B. Ekspositori

C. Kooperatif

D. Drill

Jawaban: C

25. Salah satu prinsip yang utama di pengembangan kurikulum adalah relevansi. Prinsip ini mengharuskan kurikulum untuk....

A. Mudah diterapkan di semua sekolah

B. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat

C. Mengutamakan teori daripada praktik

D. Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat

Jawaban: B

26. Materi pembelajaran keterampilan hidup yang relevan dengan dunia kerja untuk siswa kelas 12 disebut dengan istilah....

A. Keterampilan Abstrak

B. Pendidikan Karakter

C. Pendidikan Vokasi

D. Life Skills

Jawaban: D

27. Pendekatan yang mengajak siswa menggali informasi secara mandiri melalui kegiatan membaca, bertanya, dan diskusi adalah....

A. Pembelajaran Eksploratif

B. Pembelajaran Konvensional

C. Pembelajaran Pasif

D. Pembelajaran Berbasis Proyek

Jawaban: A

28. Tujuan guru menerapkan remedial terhadap siswa yang kesulitan memahami materi adalah untuk....

A. Menambah beban belajar siswa

B. Mengulang materi yang kurang dikuasai

C. Memberikan tugas tambahan

D. Mengurangi jam belajar siswa

Jawaban: B

29. Di antara pernyataan berikut ini yang termasuk tujuan pendidikan karakter di sekolah adalah....

A. Meningkatkan nilai akademik siswa

B. Mendorong siswa berprestasi

C. Mengembangkan kepribadian berbudi pekerti luhur

D. Mengajarkan mata pelajaran tambahan

Jawaban: C

30. Langkah guru mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman di kehidupan siswa sehari-hari merupakan bentuk pendekatan pembelajaran....

A. Abstrak

B. Behavioristik

C. Kontekstual

D. Deduktif

Jawaban: C.

31. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang sejarah Ken Arok dan Ken Dedes adalah....

A. Sejarah tokoh masyarakat jawa

B. Sumber buku paket

C. Gambar peta dan globe

D. Video kisah Ken Arok dan ken dedes

Jawaban: D

32. Umpan balik yang diselaraskan dengan beragamnya karakteristik siswa di kelas yang heterogen adalah....

A. Representative feedback

B. Comulatif feedback

C.Quantitative Feedback

D. Institutionalized Feedback

Jawaban: A

33. Pemberian umpan balik untuk konteks kelas dengan siswa homogen adalah....

A. Representative feedback

B. Cumulative feedback

C. Quantitative Feedback

D. Institutionalized Feedback

Jawaban: B

34. Langkah guru memberi siswa tugas mengamati pertumbuhan pohon singkong adalah bentuk penilaian....

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

Jawaban: D

35. Langkah guru meminta siswa kelas 1 SD menyanyikan lagu indonesia raya merupakan penilaian...

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Praktik

Jawaban: D

36. Guru meminta siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis. Tugas ini merupakan bentuk penilaian ....

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

Jawaban: B

37. Jika di kelas ada 2 berkebutuhan khusus, pembelajaran yang tepat dilakukan dalam kondisi tersebut adalah...

A. menyuruh anak mengerjakan soal dan membimbingnya

B. Membagi siswa dalam sejumlah kelompok diskusi

C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka

D. Mengelompokan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas

Jawaban: C

38. Untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kegemaran membaca pada siswa, langkah yang efektif adalah....

A. Mengajak siswa ke perpustakaan dan membuat mading

B. Mengajak siswa ke laboratorium dan mencari literatur sains

C. Meminta siswa membaca di depan kelas secara bergiliran

D. Meminta siswa membuat puisi dan memajangnya di mading

Jawaban: B

39. Prinsip penilaian yang bertujuan menganalisis kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran disebut....

A. Keeping track

B. Checking up

C. Finding out

D. Summing up

Jawaban: A

40. Prinsip penilaian yang bertujuan mengecek pencapaian kemampuan peserta didik di dalam proses pembelajaran adalah...

A. Keeping track

B. Checking up

C. Finding out

D. Summing up

Jawaban: B

41. Guru perlu menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran. Kemampuan ini disebut kompetensi...

A. Pedagogik

B. Profesional

C. Kepribadian

D. Sosial

Jawaban: A

42. Seorang guru mengawali pembelaran dengan menyodorkan sebuah permasalahan ke peserta didik. Guru kemudian mengajak peserta didik menemukan jawaban atas masalah tersebut. Langkah ini merupakan wujud penerapan model pembelajaran....

A. Portofolio

B. Saintifik

C. Discovery learning

D. Autentik

Jawaban: C

43. Cara paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orang tua adalah...

A. Menggunakan angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas

B. Menggunakan angka tanpa disertai peringkat

C. Menggunakan kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali

D. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai di mata pelajaran, dan kelulusannya

Jawaban: A

44. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ....

A. Terbuka

B. menyeluruh

C. bermakna

D. adil

Jawaban: B

45. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....

A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa

B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya

C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar

D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas

Jawaban: A

46. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....

A. penentuan alokasi waktu

B. penentuan pokok bahasan

C. penentuan indikator/tujuan

D. pendistribusian butir soal

Jawaban: C

47. Berdasarkan hasil tes, para siswa bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai tingkat IQ nya. Ini termasuk jenis tes ....

A. seleksi

B. Penempatan

C. Pre Test-post test

D. diagnostic

Jawaban: B

48. Media pembelajaran yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah..

A. ilustrasi kejadian banjir

B. gambar kejadian bencana banjir

C. tangkapan layar artikel berita di media online

D. peta persebaran potensi banjir

Jawaban: C

49. Media pembelajaran yang tepat untuk menunjukkan tingginya kebutuhan ekonomi di masyarakat adalah...

A. buku teori ekonomi

B. video penjelasan tentang kemiskinan

C. rekaman berita TV tentang lonjakan harga bahan pokok

D. daftar harga barang-barang di pasar

Jawaban: C

50. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas. Hal ini sesuai dengan prinsip ....

A. keterbukaan

B. menyeluruh

C. kebermaknaan

D. objektivitas

Jawaban: D

Sejumlah soal PPPK Guru di atas bisa memperlihatkan gambaran sekilas pola pertanyaan yang akan muncul dalam tes kompetensi teknis. Selamat belajar!

Baca juga artikel terkait PPPK atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Addi M Idhom