tirto.id - Contoh soal kompetensi teknis diperlukan para peserta dalam menghadapi seleksi tahap kedua PPPK Guru 2023. Berikut ini contoh soal kompetensi teknis PPPK Guru 2023 beserta jawabannya.
Bagi Anda yang belum tahu, seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 kini tengah dilaksanakan pada 10 November hingga 4 Desember 2023 mendatang. Dalam tahap tersebut, seluruh peserta PPPK Guru 2023 akan mengikuti beberapa jenis tes salah satunya adalah seleksi kompetensi teknis.
Seleksi kompetensi teknis adalah tes yang ditujukan untuk menilai sejauh mana peserta menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap (perilaku) berkaitan bidang teknis jabatan.
Para peserta PPPK Guru 2023 akan disajikan 90 butir soal dalam tes seleksi kompetensi teknis. Apabila berhasil menjawab benar pada 1 (satu) soal tes seleksi kompetensi dasar, jumlah bobot nilai yang diterima peserta sebanyak 5 (lima). Di sisi lain jiwa menjawab satu soal salah, diganjar dengan nilai nol (0).
Untuk dapat lolos dari seleksi kompetensi teknis, peserta PPPK Guru 2023 harus memenuhi batas nilai tertentu. Untuk nilai ambang batas seleksi kompetensi teknis PPPK Guru 2023 dapat dilihat di sini.
Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 dan Jawabannya
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, para peserta PPPK Guru 2023 harus memenuhi nilai ambang batas dalam seleksi kompetensi teknis. Untuk mewujudkan hal tersebut, hal yang dapat dilakukan peserta adalah mempelajari soal-soal kompetensi teknik PPPK Guru 2023.
Berikut ini contoh soal yang dapat dijadikan bahan belajar menghadapi seleksi kompetensi teknis PPPK Guru 2023:
1. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Ken Arok
dan Kendedes adalah....
A. Sejarah tokoh masyarakat Jawa
B. Sumber buku paket
C. Gambar peta dan globe
D. Video kisah Ken Arok dan Ken Dedes
E. Gambar candi
Jawaban: D. Video kisah Ken Arok dan Ken Dedes
2. Pemberian umpan balik jika siswa heterogen adalah....
A. Representative feedback
B. Cumulative feedback
C. Quantitative feedback
D. Institutionalized feedback
E. External feedback
Jawaban: A. Representative feedback
3. Pemberian umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu mengungkap kesalahpahaman, dan menyarankan perbaikan tertentu. Jenis umpan balik jika siswa homogen adalah....
A. Representative feedback
B. Cumulative feedback
C. Quantitative feedback
D. Institutionalized feedback
E. External feedback
Jawaban: B. Cumulative feedback
4. Pengamatan pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: D. Proyek
5. Menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: E. Praktik
6. Membuat anyaman merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: B. Produk
7. Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: B. Produk
8. Siswa menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: E. Praktik
9. Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban: D. Proyek
10. Dalam pembelajaran di kelas Anda terdapat 2 siswa yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini...
A. Menyuruh anak itu mengerjakan soal kedepan dan membimbingnya
B. Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
D. Mengelompokkan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas
E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
Jawaban: C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
11. Jika ingin membangkitkan rasa ingin tahu dan gemar membaca, maka cara efektif yang akan Anda lakukan adalah....
A. Diajak ke perpustakaan rutin dan membuat mading poster
B. Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
C. Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah di dinding
D. Memajang hasil karya puisi siswa
E. Lomba menulis naskah drama
Jawaban: B. Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
12. Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini prinsip penilaian sebagai....
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Jawaban: A. Keeping track
13. Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ini adalah prinsip penilaian otentik sebagai...
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Jawaban: B. Checking up
14. Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran. Adalah kompetensi...
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya
Jawaban: A. Pedagogik
15. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran...
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual Teaching and Learning
Jawaban: C. Penemuan
16. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran...
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual
Jawaban: B. Saintifik
17. Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua...
A. Menggunakan angka-angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas
B. Menggunakan angka-angka tanpa disertai peringkat
C. Dalam bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali
D. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya
E. Dalam bentuk deskripsi tentang KKM yang sudah dicapai dan belum dicapai
Jawaban: E. Dalam bentuk deskripsi tentang KKM yang sudah dicapai dan belum dicapai
18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Sahih
Jawaban: B. Menyeluruh
19. Salah satu indikator yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
A. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. Menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. Ditulis oleh guru yang mengajar di kelas
E. Pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang
Jawaban: A. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
20. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
A. Penentuan alokasi waktu
B. Penentuan pokok bahasan
C. Penentuan indikator/tujuan
D. Pendistribusian butir soal
Jawaban: C. Penentuan indikator/tujuan
21. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. Dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. Seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-post test
D. Diagnostik
Jawaban: B. Penempatan
22. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. Condition dan degree
D. Audience
E. Degree
Jawaban: E. Degree
23. Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah..
A. Video
B. Gambar banjir
C. Potongan artikel berita di media cetak
D. Peta persebaran potensi banjir
E. Berita perkiraan cuaca di televisi
Jawaban: C. Potongan artikel berita di media cetak
24. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah....
A. Potongan artikel media cetak
B. Video di kanal YouTube
C. Tayangan berita di televisi
D. Daftar harga barang pokok terbaru
E. Buku paket
Jawaban: C. Tayangan berita di televisi
25. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A. Terbuka
B. Menyeluruh
C. Bermakna
D. Adil
E. Obyektif
Jawaban: E. Obyektif
26. Pak Liman adalah seorang guru olahraga. Pagi ini dia akan mengadakan penilaian praktik renang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah...
A. Sahih
B. Obyektif
C. Menyeluruh
D. Sistematis
E. Beracuan kriteria
Jawaban: A. Sahih
27. Bu Linda adalah seorang guru seni. Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan. Selain hasil lukisan siswa yang dinilai, teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan, serta sikap siswa dalam menghargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini, Bu Linda telah menerapkan prinsip ....
A. Sahih
B. Obyektif
C. Menyeluruh
D. Sistematis
E. Beracuan kriteria
Jawaban: C. Menyeluruh
28. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah "Mekar Indah". Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi, Siska selalu diberi nilai 85 oleh Pak Bejo. Sementara Rudi, siswa yang paling pintar di kelasnya, hanya mendapat 80. Dari kasus di atas, artinya Pak Bejo
tidak melaksanakan prinsip penilaian....
A. Adil
B. Obyektif
C. Menyeluruh
D. Sistematis
E. Beracuan kriteria
Jawaban: B. Obyektif
29. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra, guru Fisika. Jumlah nomor
soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan
nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra
tidak sesuai dengan prinsip penilaian....
A. Adil
B. Obyektif
C. Menyeluruh
D. Sistematis
E. Beracuan kriteria
Jawaban: A. Adil
30. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi, guru Bahasa Jawa. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan Pak Bobi. Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian....
A. Adil
B. Obyektif
C. Menyeluruh
D. Sistematis
E. Beracuan kriteria
Jawaban: A. Adil
Untuk contoh soal seleksi kompetensi teknis PPPK Guru 2023 dapat diunduh melalui link sebagai berikut:
LINK DOWNLOAD SOAL SELEKSI KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU 2023 1
LINK DOWNLOAD SOAL SELEKSI KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU 2023 2
Daftar Materi Pokok Tes Kompetensi PPPK Guru 2023
Berkaitan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis PPPK 2023, Menteri PANRB telah mengeluarkan Surah B/2881/M.SM.01.00/2023 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2023. Dalam surat tersebut bahwa daftar materi pokok tes kompetensi PPPK Guru 2023 untuk guru ahli pertama sebagai berikut:
- Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
- Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
- Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
- Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
- Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
- Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin
- Teori belajar Ausubel
- Teori belajar Gagne
- Teori belajar Piaget
- Karakteristik murid berkebutuhan khusus
- Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik khas masing-masing tahap
- Teori belajar Gagne: Taksonomi Bloom dan perkembangannya
- Profil Pelajar Indonesia
- Teori Belajar Gagne
- Learning Objective
- Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning
- Teori dasar komunikasi
- Active listening
- Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
- Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
- Mengembangkan motivasi siswa
- Behavior modification & habit formation
- Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku
- Desain pembelajaran
- Facilitating learning
- Berpikir kritis
- Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning
- Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback)
- Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
- Refleksi
- Procedural & declarative knowledge 33 Working memory & long-term memory
- Kode etik guru
- Interaksi guru-murid
- School safety
- Diversity
- Pengertian dan pengembangan potensi
- Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri.
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani