Menuju konten utama

Cara Mengetik dengan Suara di Word, Ubah Voice Note Menjadi Teks

Teknologi speech to text Word bisa untuk cara mengetik di Word dengan suara di laptop. Cara mengetik dengan suara di Word pun mudah. Berikut ini panduannya.

Cara Mengetik dengan Suara di Word, Ubah Voice Note Menjadi Teks
Ilustrasi orang dengan mengetik di laptop pakai Word. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Cara mengetik dengan suara di Word mudah dipraktikkan. Speech to text Word kini menjadi teknik alternatif dalam mengetik. Sebab, cara mengetik di Word dengan suara di laptop bisa dilakukan berkat hadirnya teknologi tersebut.

Microsoft pada 2020 meluncurkan fitur baru pada Microsoft Office terutama di Microsoft Word, yakni speech to text Word. Dengan fitur ini dimungkinkan cara mengubah voice note menjadi teks di Word.

Artinya, pengguna Microsoft Word dapat menulis tanpa mengetik. Hanya dengan berbicara saja, Microsoft Word akan otomatis mengubah apa yang mereka ucapkan menjadi teks. Lantas, bagaimana cara mengetik dengan suara di Word?

Cara Mengetik dengan Suara di Word

Dikutip dari laman resmi Microsoft, setidaknya ada dua cara voice typing di Word. Yang pertama adalah merekam secara langsung di MS Word, berikutnya mengunggah file audio. Berikut ini panduan lengkap penggunaannya masing-masing.

1. Cara Voice Typing di Word

Mungkin beberapa orang masih awam dengan speech to text Word. Sebab, mereka bisa jadi terbiasa dengan metode lama, yaitu mengetik menggunakan keyboard.

Meski begitu, diharapkan dengan menggunakan fitur speech to text Word ini bisa memudahkan pengguna Microsoft Word dalam hal menulis. Berikut ini langkah-langkah cara voice typing di Word.

  1. Pastikan masuk ke Microsoft 365, menggunakan browser Microsoft Edge atau Chrome baru
  2. Buka Beranda > Pendiktean > Transkripsi
  3. Di panel Transkripsi , pilih Mulai rekaman
  4. Jika transkripsi pertama, berikan izin kepada browser untuk menggunakan mikrofon. Mungkin ada dialog yang muncul di browser atau silakan masuk ke pengaturan browser
  5. Tunggu hingga ikon jeda diberi garis luar berwarna biru dan stempel waktu memulai penambahan untuk memberi tahu bahwa perekaman telah dimulai
  6. Mulai berbicara atau memulai percakapan dengan orang lain. Bicaralah dengan jelas
  7. Biarkan panel Transkripsi terbuka saat merekam
  8. Jeda rekaman dengan memilih ikon jeda
  9. Lanjutkan rekaman dengan memilih ikon mikrofon
  10. Setelah selesai, pilih Simpan dan transkripsikan sekarang untuk menyimpan rekaman ke OneDrive dan memulai proses transkripsi
  11. Transkripsi mungkin memerlukan waktu tergantung pada kecepatan internet. Biarkan panel Transkripsi tetap terbuka saat transkripsi sedang dibuat. Silakan lakukan pekerjaan lain atau beralih tab browser atau aplikasi dan kembali lagi nanti

2. Cara Merekam Suara Menjadi Tulisan di Word

Selain menjadi teknik baru dalam mengetik, teknologi speech to text Word juga bisa meminimalisir typo atau kesalahan dalam mengetik. Teknologi ini juga membantu siapa saja yang memiliki masalah mengetik dengan keyboard biasa.

Selain itu, speech to text Word ini sangat membantu bagi yang akan membuat transkrip teks, seperti setelah melakukan percakapan dengan seseorang, wawancara, hingga rapat. Caranya, dengan memutar kembali audio yang sudah direkam.

Berikut ini cara mengubah voice note menjadi teks di Word.

  1. Pastikan sudah masuk ke Microsoft 365, menggunakan Microsoft Edge atau Chrome baru
  2. Buka menu menurun Beranda > Pendiktean > Transkripsi
  3. Di panel Transkripsi, pilih Unggah audio
  4. Pilih file audio dari pemilih file. Transkripsi saat ini mendukung format .wav, .mp4, .m4a, .mp3
  5. Transkripsi mungkin memerlukan waktu tergantung pada kecepatan internet, hingga sekitar sepanjang file audio. Pastikan untuk tetap membuka panel Transkripsi saat transkripsi sedang berlangsung, tetapi silakan lakukan pekerjaan lain atau beralih tab browser atau aplikasi dan kembali lagi nanti

Cara Mengetik dengan Suara Pakai Tool Lain

Selain speech to text Word, ada cara lain untuk mengetik dengan suara yang praktis dan cepat. Adapun cara tersebut memanfaatkan Docs, mirip MS Word, tetapi milik Google. Menggunakan layanan ini juga melalui browser.

Berikut ini cara mengetik di Word dengan suara di laptop menggunakan Google Docs.

  1. Pastikan mikrofon berfungsi
  2. Buka dokumen di Google Docs dengan browser
  3. Saat pilih dokumen baru, pilih “Catatan Rapat”
  4. Klik Alat lalu Dikte. Kotak mikrofon akan muncul
  5. Jika sudah siap berbicara, klik mikrofon
  6. Ucapkan secara jelas dengan volume dan kecepatan normal
  7. Setelah selesai, klik mikrofon lagi

Perlu diketahui bahwa dokumen di Google Docs bisa diunduh dan disesuaikan formatnya dengan MS Word, seperti .docx termasuk format lainnya macam .txt maupun .rtf. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Buka Google Docs
  2. Setelah selesai mengetik, klik "File"
  3. Dari "File" klik "Download"
  4. Dari "Download" klik format dokumen yang ingin diunduh, misalnya “Microsoft Word .docx”
  5. Tunggu sejenak hingga proses unduhan selesai
  6. Buka hasil unduhan di folder “Download”

Baca juga artikel terkait MICROSOFT OFFICE atau tulisan lainnya dari Dewi Sekar Pambayun

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Dhita Koesno
Penyelaras: Ibnu Azis