Akan Jadi Pimpinan MPR, Yandri Susanto Telah Serap Ilmu dari Zulhas

Reporter: Irfan Amin - 28 Jun 2022 15:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Politikus PAN Yandri Susanto mengaku telah belajar banyak dari pengalaman Zulkifli Hasan menjadi pimpinan MPR RI.
tirto.id - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto segera menduduki posisi baru sebagai Wakil Ketua MPR. Jabatan itu dia emban sebagai pengganti dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju.

Yandri mengatakan pelantikan dirinya sebagai waki ketua MPR akan dilakukan pada Kamis (30/6/2022) pukul 13.00 WIB mendatang.

"Terakhir saya barusan telpon dengan Pak Ketua MPR, Pak Bambang Soesatyo, dan mengabarkan bahwa suratnya sudah [sampai] dan sekarang sedang diproses untuk persiapan pelantikan," kata Yandri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022).

Yandri mengatakan proses pelantikan dirinya berbarengan dengan sidang paripurna DPR yang mulai dilaksanakan pada pagi harinya.

"Ada juga bareng bersama pergantian antar waktu MPR. Kemarin pelantikan jadi anggota DPR, sekaligus pelantikan anggota MPR. Mereka akan dilantik," terangnya.

Dua hari menuju kursi wakil ketua MPR, Yandri mengaku telah belajar banyak dari Zulkifli Hasan yang sudah lima tahun menjadi Ketua MPR pada periode 2014-2019 dan hampir tiga tahun menjadi wakil ketua MPR pada periode sekarang.

"Tentu saya akan meneruskan minimal mendekati cara beliau untuk menjadi pimpinan MPR," ungkapnya.

Yandri percaya diri siap untuk bekerjasama dengan pimpinan MPR lainnya yang berasal dari lintas partai dan perwakilan DPD dalam setiap pengambilan keputusan dan kebijakan.

Yandri sendiri saat ini masih tercatat sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI. Soal siapa yang akan menggantikan dirinya, Yandri mengaku belum mengetahuinya.

"Yang pasti itu sudah diserahkan kepada ketua umum. Namanya sudah ada dan InsyaAllah orangnya bagus bisa memimpin komisi 8 dan akan diumumkan setelah reses," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PERGANTIAN KURSI WAKIL KETUA MPR atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight