tirto.id - Contoh latihan soal PAT Seni Budaya kelas 11 semester 2 dapat dimanfaatkan siswa kelas 11 SMA/sederajat sebagai bahan belajar sebelum ujian. Selain itu, guru juga bisa menggunakannya sebagai referensi sebelum menyusun soal PAT.
PAT atau Penilaian Akhir Tahun merupakan kegiatan ujian yang diadakan setiap satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Lingkup penilaian dalam PAT mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.
Semua mata pelajaran diujikan dalam PAT, mulai dari yang wajib hingga muatan lokal. Seni Budaya juga termasuk di dalamnya.
Jadwal PAT tahun ini, berdasarkan Kalender Pendidikan 2023/2024, akan berlangsung pada 10-14 Juni 2024 di sebagian besar daerah.
Kisi-Kisi UAS Seni Budaya Kelas 11 Semester 2
Kisi-kisi soal PAT Seni Budaya kelas 11 semester 2, tentu saja merujuk dari materi UAS SBK kelas 11, berikut ini materi Seni Budaya yang dipelajari:
Bab 1 Pameran Seni Rupa
A. Panitia PameranB. Proposal Pameran
D. Kurasi Pameran
E. Aktivitas Diskusi
F. Nilai Pameran
Bab 2 Menganalisis Perencanaan,Pelaksanaan,dan Pelaporan Pameran Karya Seni Rupa
A. PerencanaanB. Pelaksanaan
C. Pasca Pameran
D. Rangkuman
E. Refleksi
F. Uji Kompetensi
Bab 3 Menganalisis Konsep,Prosedur,Fungsi,Tokoh,dan Nilai Estetis Karya Seni Rupa
A. KonsepB. Prosedur
C. Fungsi
D. Tokoh
E. Nilai Estetis
Bab 4 Memamerkan Karya Seni Rupa Dua dan Tiga Dimensi Hasil Modifikasi
A. Klasifikasi Materi PameranB. Seleksi Materi Pameran
C. Kurasi Pameran
D. Pemajangan
E. Pembukaan Pameran
Bab 5 Menganalisis Karya Seni Rupa Berdasarkan Jenis, Fungsi, Tema dan Tokoh dalam Bentuk Lisan dan Tulisan
A. JenisB. Fungsi
C. Tema
D. Tokoh
E. Tugas Pengkajian Karya Seni Rupa
Bab 6 Fenomena Seni Rupa
A. Seni Rupa PramodernB. Seni Rupa Modern
C. Seni Rupa Posmodern
Bab 7 Memainkan Alat Musik Barat
A. Memainkan Alat Musik BaratB. Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat
Bab 8 Membuat Tulisan Tentang Musik Barat
A. Membuat Tulisan tentang Musik BaratB. Mempresentasikan Hasil Analisis Musik Barat
C. Mengkomunikasikan
Bab 9 Evaluasi Gerak Tari Kreasi Berdasarkan Teknik Tata Pentas
A. Teknik Tata Pentas Tari KreasiB. Mendeskripsikan Karya Tari Kreasi Baru Berdasarkan Teknik Tata Pentas
Bab 10 Mengevaluasi Bentuk, Jenis, Nilai Estetis, Fungsi dan Tata Pentas dalam Karya Tari Kreasi
A. Konsep Evaluasi TariB. Cara Menulis Evaluasi
Bab 11 Merancang Pementasan
A. Pengertian TeaterB. Pengertian Drama
C. Sejarah Teater Dunia
D. Teater Modern
Bab 12 Pementasan Teater
A. Konsep PementasanB. Teknik Pementasan
C. Prosedur Pementasan
Contoh Soal dan Jawaban PAT Seni Budaya Kelas 11 Semester 2
Berikut ini kumpulan contoh soal UAS Seni Budaya kelas 11 semester 2 yang disertai jawabannya dalam bentuk pilihan ganda dan esai singkat:
1. Ada berapa jenis tulisan jurnalisme tentang seni musik?
a. 1
b. 2
c. 4
d. 5
e. 6
Jawaban: b
2. "Amati dan pelajari karya seni musik yang akan diresensi". Tahapan tersebut termasuk urutan ke berapa dalam membuat resensi musik?
a. terakhir
b. ke-5
c. ke-3
d. ke-2
e. ke-1
Jawaban: d
3. "Tulisan jurnalisme yang berisi ulasan tentang unsur-unsur seni musik, penciptanya, penyajinya, garapannya, dan penampilannya". Itu adalah definisi untuk....
a. review musik
b. resensi musik
c. kritik film
d. ulasan film
e. tulisan jurnalisme
Jawaban: a
4. Yang termasuk sebagai tulisan kritik seni musik adalah....
a. kritik musikalisasi puisi
b. otokritik
c. kritik jurnalistik
d. pujian
e. review musik
Jawaban: c
5. Siapa yang melakukan kritik ilmiah dalam kritik seni musik?
a. akademisi
b. dinas
c. pembuat musik
d. lembaga pendidikan
e. jurnalis
Jawaban: a
6. Kata 'teater' berasal dari bahasa dan kata apa?
a. Yunani, yakni theatron
b. Yunani, theater
c. Yunani, thea toron
d. Inggris, the ater
e. Inggris, teatre
Jawaban: a
7. Pada zaman Yunani kuno, terdapat tiga bentuk drama. Apa saja itu?
a. drama komedi, drama romantis, drama melankolis
b. drama komedi, drama romantis, drama tragedi
c. drama tragedi, drama romantis, drama melankolis
d. drama kritik, drama romantis, drama melankolis
e. drama komedi, drama tragedi, satyr
Jawaban: e
8. Sebutkan tiga tokoh drama tragedi era sebelum masehi?
a. Aeschylus, Sophocles, dan Euripides
b. Aristophanes, plato, dan aristoteles
c. Aristophanes, Sophocles, dan Euripides
d. Aristophanes, Aeschylus, dan Sophocles
e. plato, dan aristoteles, dan Aeschylus
Jawaban: a
9. Beberapa bahan berikut ini yang dapat digunakan untuk membuat benda hiasan dengan teknik cetak, kecuali...
a. fiberglass.
b. kayu
c. plastik
d. logam
e. keramik
Jawaban: b
10. Contoh karya Sophocles adalah....
a. Oedipus Sang Hina
b. Oedipus Sang Raja
c. Poetic
d. Oedipus di Colombus
e. Antione
Jawaban: a
11. Hal pertama yang diperlukan oleh seorang seniman dalam menghasilkan karya-karyanya adalah....
a. alat-alat perlengkapan
b. media
c. biaya
d. ide atau gagasan
e. perencanaan
Jawaban: d
12. Sebuah hasil karya seni harus memiliki nilai seni tersendiri atau nilai....
a. estetis
b. artistik
c. statistik
d. eksklusif
e. magistis
Jawaban: b
13. Cara yang digunakan oleh seorang perupa dalam proses penciptaan sebuah karya seni rupa disebut....
a. model
b. bahan
c. teknik
d. gaya
e. biaya
Jawaban: c
14. Agar hasil karya seni terapan menarik minat dari masyarakat maka yang harus dilakukan oleh seorang seniman adalah.....
a. mengetahui betul kebutuhan dari masyarakat
b. memiliki cita rasa seni yang tinggi
c. memiliki kreativitas yang baik
d. memiliki modal yang cukup
e. memiliki keahlian dan keterampilan yang baik
Jawaban: a
15. Berikut ini adalah benda yang dapat digunakan sebagai bahan karya seni yang langsung dari alam, yaitu....
a. kerang
b. kain perca
c. kertas daur ulang
d. daun-daun kering
e. a dan d benar
Jawaban: e
16. Teknik yang dapat digunakan dalam penciptaan karya seni kriya sehingga dapat menghasilkan karya dengan cepat dan berjumlah banyak adalah....
a. handmade
b. mekanisasi
c. handmade dengan bantuan peralatan
d. tradisional
e. alamiah
Jawaban: b
17. Berikut ini adalah faktor-faktor yang harus dipenuhi dalam membuat seni kriya yang baik, kecuali....
a. faktor estetik
b. faktor artistik
c. faktor kegunaan
d. faktor tempat
e. faktor biaya
Jawaban: e
18. Sebuah hasil karya musik dikatakan baik dan berkualitas salah satunya adalah apabila....
a. menggunakan nada-nada yang sulit
b. aransemen musik sangat susah untuk diikuti
c. memiliki pola nada dan irama yang menarik
d. mudah untuk disesuaikan dengan alat musik
e. tidak mudah untuk dilakukan perubahan arransemen
Jawaban: c
19. Pencipta sebuah karya musik dikenal sebagai seorang....
a. komposisi
b. komponis
c. komposer
d. komplementer
e. kompanien
Jawaban: b
20. Berikut ini adalah jenis musik yang termasuk ke dalam jenis musik tradisional nusantara adalah....
a. musik dangdut
b. musik keroncong
c. musik jazz
d. musik seriosa
e. musik karawitan
Jawaban: e
21. Musik nontradisional mempunyai peranan seperti di bawah ini, kecuali....
a. sebagai identitas diri suatu masyarakat atau bangsa
b. sebagai sarana dalam pendidikan baik formal maupun nonformal
c. dapat menanamkan rasa nasionalisme. sebagai media berekspresi diri
e. sebagai media untuk menunjukkan ciri khas dari sebuah bangsa
Jawaban: e
22. Musik dangdut adalah jenis musik yang tidak termasuk ke dalam jenis musik tradisional nusantara karena....
a. dipengaruhi oleh jenis musik dari Eropa
b. musik tersebut berasal dari India
c. tidak mencerminkan budaya asli bangsa Indonesia
d. aslinya musik tersebut adalah musik melayu
e. menggunakan alat-alat musik modern
Jawaban: d
23. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam prinsip desain adalah....
a. keseimbangan
b. kesatuan
c. irama
d. kontras
e. abstrak
Jawaban: e
24. Sebuah hasil kriya yang memiliki nilai seni yang meliputi prinsip seni, unsur seni, dan fungsi seni maka kriya tersebut memenuhi faktor....
a. estetik
b. artistik
c. kegunaan
d. tempat
e. biaya
Jawaban: b
25. Negara yang paling terkenal dalam menghasilkan seni kriya berupa keramik adalah....
a. Inggris
b. Prancis
c. Cina
d. India
e. Pakistan
Jawaban: c
26. Seni rupa pengaruh Islam berkembang mencapai puncaknya di India pada masa pemerintahan....
a. Syah Kuala
b. Iskandar Syah
c. Syah Jehan
d. Sultan Malik
e. Gupta
Jawaban: c
27. Ciri khas dari seni rupa yang berkembang di India banyak dipengaruhi oeh....
a. kebudayaan Cina
b. ajaran agama Hindu dan Buddha
c. kondisi alam sekitar
d. nilai-nilai budi leluhur
e. kebudayaan masyarakat Arya
Jawaban: b
28. Kesenian Jepang berkembang dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini, kecuali....
a. keadaan alam
b. karakter bangsa
c. agama
d. sosial
e. ajaran Islam
Jawaban: e
29. Seni rupa Jepang yang terkenal salah satunya adalah seni merangkai bunga yang disebut.....
a. toramatzu
b. hokaido
c. ikebana
d. bonsai
e. ikana
Jawaban: c
30. Seni rupa keramik Cina sangat terkenal dan berkembang pesat terutama pada masa dinasti....
a. Chin
b. Han
c. Ming
d. Sung
e. Tang
Jawaban: c
31. Dalam proses menciptkan seni kriya, seorang perupa (kreator) harus memerhatikan hal-hal berikut ini, kecuali....
a. kreativitas dalam menciptakan karya berhubungan langsung dengan karya yang dibuat
b. teknik (cara) yang digunakan terkait erat dengan media yang digunakan
c. corak (gaya) setiap negara berbeda dengan budaya bangsa lain
d. keunikan yang dimiliki setiap bangsa berbeda
e. biaya yang digunakan dalam membuat karya berbeda
Jawaban: e
32. Berikut ini adalah persamaan penciptaan seni karya mancanegara secara umum, kecuali.....
a. menghasilkan benda seni bernilai tinggi dengan bentuk indah
b. memiliki fungsi guna atau pakai
c. diciptakan untuk kepentingan orang lain
d. model dengan komposisi harmonis
e. harus dikerjakan secara massal
Jawaban: e
33. Berikut ini adalah contoh karya seni kriya dua dimensi yaitu....
a. guci
b. seni batik
c. keramik
d. patung
e. mainan anak-anak
Jawaban: b
34. Untuk dapat menghasilkan karya seni kriya berupa benda hiasan (suvenir) dengan jumlah yang banyak dapat digunakan dengan teknik....
a. cetak
b. pilin
c. butsir
d. nglorod
e. terapan
Jawaban: a
35. Pengalaman hidup yang diperoleh seorang seniman berdasarkan hal-hal yang dapat ia rasakan melalui.....
a. pengetahuannya
b. panca indranya
c. penglihatannya
d. penciumannya
e. perabaannya
Jawaban:b
Essay singkat soal Seni Budaya kelas 11 semester 2
1. Seni kriya Yunani Klasik sudah ada sejak abad...Jawaban: 2 SM2. Seni rupa yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan fisik (seni pakai) dan psikologis(seni keindahan/rasa) disebut...
Jawaban: seni kriya
3. Karya seni kriya Jepang yang menarik adalah....
Jawaban: seni merangkai bunga/ikebana
4. Seni rupa pengaruh Islam di India telah mencapai puncaknya pada pemerintahan....
Jawaban: Raja Syah Jehan
5. Karya seni kriya dari Cina yang sudah ada ribuan tahun lalu yang merupakan gagasan dan karya cipta yang tinggi adalah....
Jawaban: keramik
6. Penampilan unsur pembeda agar tidak membosankan dan berkesan monoton disebut....
Jawaban: aksentuasi
7. Seni buatan tangan dapat disebut juga dengan....
Jawaban: handmade
8. Suatu kegiatan untuk menampilkan suatu karya dalam usaha memperkenalkan hasil berolah seni atau prestasi kepada publik dinamakan...
Jawaban: pameran
9. Faktor yang penting dalam penyelenggaraan pameran adalah....
Jawaban: publikasi
10. Pameran seni rupa memiliki fungsi sosial sebagai...
Jawaban: sarana pembelajaran
11. Alat musik yang biasa dimainkan dalam ansambel adalah?
Jawaban: Alat musik melodis, ritmis, dan harmonis.
12. Apa yang dimaksud dengan Pastiche?
Jawaban: Karya sastra, seni atau arsitektur yang disusun dari elemen-elemen yang dipinjam dari berbagai pengarang, seniman atau arsitek dari masa lalu.
13. Apa tujuan dari kritik pedagogic pada seni musik?
Jawaban: Bertujuan sebagai pengajaran kesenian dalam lembaga Pendidikan dan untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
14. Siapa pelopor sejarah dan perkembangan teater modern di Eropa?
Jawaban: Hendrik Ibsen
15. Jelaskan fungsi tata panggung dalam pementasan teater!
Jawaban: Membantu pertunjukan teater menjadi lebih cair dan tampil sesuai dengan cerita yang ingin dibangun. Pada pertunjukan teater pemain keluar dan masuk ke arena panggung dapat berasal dari sayap kiri atau kanan panggung, tetapi dapat juga masuk ke dalam panggung melalui Bawah, dan semua itu dikerjakan oleh penata panggung.
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Dhita Koesno