Menuju konten utama

40 Soal PAT PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Kumpulan soal PAT PKN kelas 8 semester 2 dan kunci jawabannya dapat dijadikan bahan belajar siswa jelang ujian.

40 Soal PAT PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
Siswa kelas IX SMP Negeri 2 Jayapura sat mengikuti ujian sekolah menggunakan aplikasi Computer Based Test Senin 8/5. ANTARA/Ardilles Leloltery

tirto.id - Contoh soal PKN dibutuhkan oleh siswa kelas 8 semester 2 untuk bahan belajar menjelang ujian. Melalui latihan soal, diharapkan siswa dapat mengetahui kekurangan dirinya terkait penguasaan materi.

Selain itu, guru dapat memanfaatkannya sebagai referensi. Sebab, soal PAT PKN kelas 8 semester 2 biasanya dibuat oleh guru, melalui kesepakatan rapat.

Namun, sebelum mengerjakan latihan soal, siswa mesti memahami materi UAS PKN kelas 8 semester 2 yang diujikan. Hal ini biasanya selaras dengan rujukan buku yang digunakan guru.

Kisi-Kisi Materi UAS PKN Kelas 8 Semester 2

Materi UAS PKN kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka didasarkan pada buku Pendidikan Pancasila SMP/MTs Kelas VIII (2023) terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek). Soal PAT PKN kelas 8 semester 2 kemungkinan besar mencakup tiga bab, dari bab 3-5.

Akan tetapi, perlu dicermati bahwa tidak semua sekolah telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum 2013 (K13), terdapat materi seputar sejarah, seperti terkait kebangkitan nasional dan Sumpah Pemuda.

Sementara itu, berikut rincian kisi-kisi soal PAT PKN kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka.

1. Bab 3 "Peraturan di Negaraku"

  • Peraturan di rumah, sekolah, lingkungan, dan negaraku
  • Pengertian tata urutan perundang-undangan
  • Jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan
  • Implementasi peraturan perundang-undangan
  • Komitmen penerapan tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia

2. Bab 4 "Melestarikan Budaya Bangsaku"

  • Pelestarian tradisi, kearifan lokal, dan budaya bangsa
  • Budaya nasional sebagai alat pemersatu bangsa
  • Budaya nasional sebagai identitas dan jati diri bangsa

3. Bab 5 "Merawat Keutuhan Bangsa dan Negaraku"

  • Wawasan Nusantara untuk merawat keutuhan bangsa dan negaraku
  • Pelaksanaan wawasan Nusantara

Kumpulan Soal PAT PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci jawaban

Kumpulan soal UAS PKN kelas 8 semester 2 di bawah ini terdiri atas dua jenis berdasarkan rujukan kurikulumnya. Ada soal PAT PKN kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka dan K13. Penyajiannya juga dibedakan sesuai kategorinya, yakni pilihan ganda dan esai.

A. Soal PAT PKN kelas 8 semester 2 kategori pilihan ganda

Berikut kumpulan soal PAT PKN kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka kategori pilihan ganda.

1. Di Indonesia, aturan untuk memanggil orang yang lebih tua dengan sopan merupakan bentuk dari....

A. Sopan santun

B. Senioritas

C. Keterpaksaan

D. Aturan resmi

Jawaban: A

2. Sebutkan pasal dan ayat yang mengatur bahwa Indonesia adalah negara hukum!

A. Pasal 2 ayat (3) UUD 1945

B. Pasal 1 ayat (4) UUD 1945

C. Pasal 1 ayat (2) UUD 1945

D. Pasal 1 ayat (3) UUD 1945

Jawaban: D

3. Peraturan tertinggi negara Indonesia adalah....

A. Pancasila

B. UUD 1945

C. TAP MPR

D. Bineka Tunggal Ika

Jawaban: B

4. Urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia diatur dalam....

A. UU No. 12 Tahun 2011 dan disempurnakan dengan Undang-Undang Nomor 15 Nomor 2019 dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

B. UU No. 12 Tahun 2012 dan disempurnakan dengan Undang-Undang Nomor 15 Nomor 2019 dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

C. UU No. 11 Tahun 2011 dan disempurnakan dengan Undang-Undang Nomor 15 Nomor 2019 dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

D. UU No. 12 Tahun 2013 dan disempurnakan dengan Undang-Undang Nomor 15 Nomor 2019 dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Jawaban: A

5. Setiap peraturan perundang-undangan harus memenuhi asas, kecuali....

A. tujuan yang jelas

B. dibuat oleh lembaga yang berwenang

C. hierarkinya sesuai

D. dibuat oleh presiden demi kepentingannya

Jawaban: D

6. Jika suatu lembaga negara membuat peraturan perundang-undangan secara tertutup, artinya ia melanggar....

A. Pasal 5 UU No. 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

B. Pasal 4 UU No. 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

C. Pasal 5 UU No. 11/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

D. Pasal 5 UU No. 12/2012 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

Jawaban: A

7. Sampai 2024, UUD 1945 telah mengalami .... amandemen.

A. 3

B. 5

C. 4

D. Tidak pernah

Jawaban: C

8. Sebagai anak-anak kita mendapat perlindungan dengan aturan....

A. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

B. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

C. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2015 tentang Perlindungan Anak.

D. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Jawaban: A

9. Yang berwenang membentuk UU adalah....

A. DPR

B. Presiden

C. MA

D. Komisi Yudisial

Jawaban: A

10. Melestarikan dan memajukan kebudayaan merupakan kewajiban negara. Hal itu tertuang dalam....

A. UUD 1945 Pasal 32 ayat (1)

B. UUD 1945 Pasal 32 ayat (2)

C. UUD 1945 Pasal 32 ayat (4)

D. UUD 1945 Pasal 33 ayat (1)

Jawaban: A

11. Peristiwa bangkitnya persatuan dan kesatuan bangsa yang menyulut semangat nasionalisme merupakan arti ....

A. kebangkitan nasional

B. kebangkitan rakyat

C. kebangkitan bangsa

D. kebangkitan TNI

Jawaban: A

12. Sejak VOC berdiri, dimulailah berbagai bentuk kekerasan yang menimpa rakyat Indonesia. Penderitaan rakyat Indonesia terjadi dalam berbagai segi kehidupan. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera atau politik ….

A. bebas aktif

B. luar negeri

C. adu domba

D. dalam negeri

Jawaban: C

13. Pergerakan nasional di Indonesia dimulai pada ....

A. abad ke-21

B. abad ke 20

C. abad ke 19

D. abad ke-18

Jawaban: D

14. Budi Utomo merupakan organisasi yang dibentuk atas dasar ide dan gagasan yang diutarakan oleh….

A. Mr. Moh. Yamin

B. Ir. Soekarno

C. dr. Wahidin Sudirohusodo

D. Mr. Soepomo

Jawaban: C

15. Pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui ....

A. diplomasi internasional

B. pendekatan politik, ekonomi dan pendidikan

C. pendekatan budaya

D. pendekatan kepada bangsawan Belanda

Jawaban: B

16. Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai….

A. Hari Pendidikan Nasional

B. Hari Santri Nasional

C. Hari Sumpah Pemuda

D. Hari Kebangkitan Nasional

Jawaban: D

17. Golongan masyarakat yang memiliki kesadaran nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan nasional dengan tidak melakukan perlawanan secara fisik adalah ....

A. golongan tentara

B. golongan bangsawan

C. golongan petani

D. golongan pelajar

Jawaban: D

Berikut ini adalah faktor dari luar yang mempengaruhi Kebangkitan Nasional

1) Adanya kesadaran antara bangsa Afrika dan Asia untuk memerdekakan diri

2) Terjadinya Revolusi Rusia

3) Meletusnya Perang Dunia II

4) Meletusnya Perang Dunia I

5) Kekalahan Jerman oleh Rusia

6) Kemenangan Jepang atas Rusia

7) Terjadinya peperangan di berbagai negara

8) Kekalahan tentara Belanda oleh Jepang di Maluku

18. Berdasarkan uraian di atas, hal yang termasuk ke dalam pengaruh luar terhadap munculnya pergerakan nasional ditunjukkan oleh nomor ....

A. 1, 2, dan 4

B. 1, 4, dan 5

C. 2, 4, dan 6

D. 2, 4, dan 8

Jawaban: C

Untuk menjawab soal UAS PKN kelas 8 semester 2 nomor 19, perhatikan poin-poin berikut!

1) Melancarkan isu pentingnya pertahanan sendiri dari serangan bangsa lain

2) Menyokong gagasan wajib militer pribumi

3) Mengirimkan komite Indie Weerbaar ke Belanda untuk pertahanan Hindia

4) Membubarkan Badan Konstituante

5) Melantik Presiden dan Wakil Presiden

19. Bentuk-bentuk peran politik Budi Utomo ditunjukkan dengan nomor ....

A. 1, 2 dan 3

B. 2, 3 dan 4

C. 1, 3 dan 5

D. 3, 4 dan 5

Jawaban: A

20. Salah satu bukti keberhasilan dari pergerakan nasional adalah ....

A. berhasil melawan penjajah

B. berhasil menyatukan seluruh bangsa Indonesia

C. berhasil mengusir penjajah dari Indonesia

D. berhasil mendirikan berbagai sekolah

Jawaban: B

21. Berikut ini merupakan arti pentingnya Kebangkitan Nasional dalam perjuangan mencapai kemerdekaan ....

A. mengawali perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda

B. merintis tumbuh-kembangnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa

C. membangkitkan semangat untuk mendirikan organisasi-organisasi yang modern

D. menunjukkan kepada pemerintah kolonial bahwa bangsa Indonesia berani melawan

Jawaban: B

22. Nilai yang dapat membuka kesadaran bahwa perbenturan kepentingan individu dapat menimbulkan keretakan yang justru merugikan mereka sendiri. Oleh karena itu, dalam proses hingga perumusan Sumpah Pemuda, selalu berpijak pada landasan utama yaitu ….

A. rasa seiya sekata

B. nasionalisme dan toleransi

C. rasa tanggung jawab dan disiplin

D. rasa kebersamaan dan persaudaraan

Jawaban: B

23. Kongres Pemuda II diadakan tanggal 26-28 Oktober 1928. Semua perkumpulan pemuda dan mahasiswa serta partai politik diundang hadir untuk memberikan dukungan bagi pertemuan pemuda tersebut. Kongres Pemuda ke II digagas oleh ….

A. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia

B. perhimpunan Pelajar-Pelajar Islam

C. perhimpunan Pemuda Betawi

D. perhimpunan Pemuda Jawa

Jawaban: A

24. Para pemuda pelopor Sumpah Pemuda terlebih dahulu menanggalkan identitas-identitas primordial seperti etnis, suku, dan ras. Doktrin-doktrin yang melekat pada suatu kelompok yang merasa memiliki perbedaan budaya, sejarah, maupun prinsip-prinsip hidup sendiri juga dicoba untuk dihargai dan dihormati karena memiliki rasa, kecuali…

A. satu nusa

B. satu bangsa

C. satu cita-cita

D. satu bahasa

Jawaban: C

Untuk menjawab soal PKN kelas 8 semester 2 nomor 25, perhatikan poin-poin berikut!

1) Lahir di Tuban, 22 februari 1905

2) Masuk dalam anggota Persatuan pemuda Indonesia

3) Beliau menjabat ketua kongres pemuda II

4) Tokoh ini mempersilahkan WR Supratman untuk memperdengarkan lagu "Indonesia Raya" dengan biola

25. Pernyataan di atas menggambarkan tokoh dalam Sumpah pemuda, yaitu ….

A. Muh Yamin

B. Muh Hatta

C. Sugondo Djojopuspito

D. Leimena

Jawaban: B

26. Pada saat diadakan pertandingan bulu tangkis All England, Indonesia menjadi salah satu tim yang menjadi peserta.Tiap pemain menunjukkan sikap loyalitas yang tinggi terhadap kekuatan timnya dengan menjaga kekompakan dan semangat yang tinggi. Sikap yang ditunjukkan para anggota tim bulu tangkis Indonesia tersebut adalah ….

A. semangat menjadi juara

B. kerjasama antara pemain yang satu daerah

C. nasionalisme dan patriotisme

D. semangat memperoleh uang paling banyak

Jawaban: C

Untuk menjawab soal PKN kelas 8 semester 2 nomor 27, perhatikan poin-poin berikut!

1) Jong Ambon

2) Jong Bali

3) Jong Islamieten Bonds

4) Jong Sunda

5) Jong Celebes

6) Pesindo

27. Organisasi pergerakan yang dilakukan pemuda Indonesia ditunjukkan oleh nomor ....=

A. 1, 3 dan 5

B. 3, 4 dan 6

C. 2, 4 dan 5

D. 3, 4 dan 6

Jawaban: A

28. Arti penting Sumpah Pemuda bagi generasi muda adalah ....

A. nilai konflik yang diwariskan para pendiri negara sejak zaman kolonial

B. sebagai arahan bagi para pemuda untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

C. merupakan komitmen bagi generasi muda Indonesia untuk tulus menjaga NKRI

D. sebagai titik ukur contoh sikap pemuda Indonesia yang berani dalam segala hal

Jawaban: C

29. Rapat pertama Kongres Pemuda II pada 27 Oktober 1928 bertempat di ....

A. Gedung Oost-Java Bioscoop

B. Gedung Paijs van Java

C. Gedung Indoneische Clubgebaouw

D. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Jawaban: D

Untuk menjawab soal PKN kelas 8 semester 2 nomor 30, perhatikan poin-poin berikut!

1) Pemuda harus berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia

2) Pemuda harus berjuang demi diri sendiri

3) Menjaga persatuan bangsa yang majemuk

4) Mengabaikan budaya Indonesia

5) Menjunjung tinggi nilai persatuan

6) Mengisi kemerdekaan dengan berleha-leha

30. Hal-hal yang harus dilakukan oleh generasi muda saat ini untuk memaknai Sumpah Pemuda ditunjukkan oleh nomor ....

A. 1, 2 dan 4

B. 2, 4 dan 6

C. 1, 2 dan 5

D. 1, 3 dan 5

Jawaban: D

31. Salah satu bentuk pengamalan nilai Sumpah Pemuda oleh seorang pelajar di lingkungan masyarakat pada masa Pandemi Covid-19, yaitu ...

A. aktif kumpul dalam pertemuan karang taruna

B. memberi contoh perilaku baik, menggunakan masker saat keluar rumah

C. aktif mengumpulkan teman-teman untuk bermain tanpa masker

D. memberi contoh perilaku baik, selalu jajan di warung tetangga

Jawaban: B

32. Di masa Pandemi Covid-19, semangat Sumpah Pemuda dalam mencintai tanah air dapat diimplementasikan oleh pelajar di lingkungan keluarga dengan cara ....

A. diam di rumah setiap hari tanpa peduli orang lain

B. keluar rumah tanpa masker

C. memberi contoh pada keluarga untuk mematuhi protokol kesehatan

D. mematuhi perintah guru, untuk tidak keluyuran di luar rumah

Jawaban: C

33. Di sekolah ada Andi yang berasal dari Ambon, Yati dari Kalimantan, dan Sutopo dari Jawa Tengah. Agar tercipta kerukunan hidup, mereka harus berkomunikasi dengan menggunakan ....

A. bahasa jawa karena pusat ekonomi Indonesia

B. saling bergantian menggunakan bahasa daerah teman

C. bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan

D. bahasa daerah masing-masing

Jawaban: C

34. Dampak dari kemajuan teknologi informatika saat ini tidak dapat kita hindari. Di antaranya, yaitu maraknya berita hoax di media sosial. Sikap seorang pelajar yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam memandang fenomena maraknya berita Hoax ini, yaitu ....

A. tidak percaya pada setiap berita di media sosial, karena tidak bisa dipertanggungjawabkan

B. melaporkan setiap akun media sosial yang menyebarkan berita Hoax kepada pihak berwajib

C. aktif mengampanyekan anti Hoax lewat semua akun media sosial yang dimilikinya

D. memperkaya pengetahuan diri dengan rajin berliterasi dari berbagai sumber literatur

Jawaban: D

35. Negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan yang disesuaikan dengan cinta tanah air merupakan negara yang memiliki sifat ....

A. negara berkeadilan

B. negara berkebangsaan

C. negara berpancasila

D. negara berkesatuan

Jawaban: D

B. Soal PAT PKN kelas 8 semester 2 kategori esai

Berikut kumpulan soal PAT PKN kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka dan K13 untuk kategori esai.

36. Sebutkan asas-asas pembentuk peraturan perundang-undangan di Indonesia!

Jawaban:

  • Kejelasan tujuan
  • Kelembagaan atau organ pembentuk
  • Kesesuaian jenis, hierarki, dan materi muatan
  • Dapat dilaksanakan
  • Kedayagunaan dan kehasilgunaan
  • Kejelasan rumusan
  • Keterbukaan

37. Jelaskan yang dimaksud dengan asas kedayagunaan dan kehasilgunaan dalam pembentukan peraturan perundang-undangan di Indonesia!

Jawaban:

Setiap peraturan perundang-undangan harus dibuat dengan alasan memang benar-benar dibutuhkan dan bakal bermanfaat dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

38. Sebutkan tujuan pemajuan kebudayaan berdasarkan pasal 4 UU No. 5 Tahun 2017!

Jawaban:

  • mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa
  • memperkaya keberagaman budaya
  • memperteguh jati diri bangsa
  • memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa
  • mencerdaskan kehidupan bangsa
  • meningkatkan citra bangsa
  • mewujudkan masyarakat madani
  • meningkatkan kesejahteraan rakyat
  • melestarikan warisan budaya bangsa
  • memengaruhi arah perkembangan peradaban dunia sehingga kebudayaan menjadi
  • haluan pembangunan nasional.
39. Jelaskan makna dari wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan lingkungan hidup!

Jawaban:

Lingkungan hidup dimaknai sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup, serta perilakunya yang memengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraannya. Pengelolaan lingkungan hidup sangat memengaruhi kehidupan berbangsa. Oleh karena itu, menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban seluruh warga.

40. Sebutkan 5 perilaku mendukung wawasan Nusantara!

Jawaban:

  • Mengamalkan nilai-nilai Pancasila
  • Memupuk rasa cinta tanah air
  • Mematuhi peraturan yang berlaku
  • Mengembangkan toleransi
  • Saling menghormati antarorang

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Fadli Nasrudin