Menuju konten utama

35 Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Soal PAT Tema 6 kelas 5 semester 2 mencakup lima mapel, yakni PPKn, B. Indonesia, SBdP, IPA, dan IPS. Berikut selengkapnya.

35 Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
Ilustrasi Ujian. FOTO/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal PAT yang disajikan di bawah ini terkait dengan materi tematik 6 kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 atau K13. Pertanyaan-pertanyaannya sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga bisa menjadi bahan referensi belajar siswa.

Materi Tema 6 kelas 5 meliputi beberapa lima mata pelajaran, yakni PPKN, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, serta Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). Materi yang dipelajari mencakup 4 subtema, yaitu "Suhu dan Kalor", "Perpindahan Kalor di Sekitar Kita", "Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan", dan "Literasi".

Peserta didik dapat mempelajari dan mengerjakan contoh soal PAT Tema 6 kelas 5 semester 2 sebagai alternatif dalam mempersiapkan diri jelang ujian. Kendati demikian, mendalami penguasaan materi melalui buku pelajaran maupun bahan ajar lain juga tak kalah penting, selain mengerjakan latihan soal.

Contoh Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Soal PAT kelas 5 Tema 6 terdiri atas lima mata pelajaran, yakni PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP. Selain dibedakan berdasarkan mapelnya, soal Tema 6 kelas 5 berikut disajikan dalam dua kategori, yakni pilihan ganda dan esai.

A. Soal Tema 6 kelas 5 dan kunci jawaban kategori pilihan ganda

Berikut soal PAT Tema 6 kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 kategori pilihan ganda.

Soal Tema 6 kelas 5 Panas dan Perpindahannya dan kunci jawaban

1. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut...

a. Pengkristalan

b. Pencairan

c. Penyusutan

d. Pemuaian

Jawaban: C

2. Interaksi manusia dengan alam yang memunyai dampak negatif adalah…

a. Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan

b. Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan

c. Penggunaan musuh alami hama tanaman

d. Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik

Jawaban: A

3. Apa yang menyebabkan objek menjadi dingin?

A. Penambahan energi panas

B. Pengurangan energi panas

C. Perubahan fase

D. Radiasi sinar matahari

Jawaban: B.

4. Konduksi adalah proses perpindahan panas melalui....

A. Gerakan massa fluida

B. Kontak langsung antara partikel-partikel

C. Gelombang elektromagnetik

D. Perubahan fase

Jawaban: B.

5. Sebuah benda memiliki suhu 30°C. Jika benda tersebut dipanaskan hingga suhu 50°C, berapa perubahan suhunya?

A. 20°C

B. 30°C

C. 50°C

D. 80°C

Jawaban: A.

6. Kalor adalah....

A. Ukuran jumlah panas dalam sebuah benda

B. Perubahan fase zat

C. Energi kinetik molekul

D. Alat untuk mengukur suhu

Jawaban: A.

7. Di mana kalor yang paling banyak dihasilkan?

A. Dalam proses pendinginan

B. Dalam proses pelarutan

C. Dalam proses pembekuan

D. Dalam proses pembakaran

Jawaban: D.

Soal PPKN Tema 6 kelas 5

8. Tanggung jawab setiap warga negara adalah…

A. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif

B. Memiliki kedudukan yang sama di mata hukum

C. Mempunyai kebebasan memeluk dan menjalankan agama yang mereka percayai.

D. Menyuarakan pendapat mereka

Jawaban: A

9. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….sebagai siswa dengan penuh tanggung jawab.

A. Kewajiban

B. Hak

C. Sikap

D. Norma

Jawaban: A

10. Hak seorang siswa di sekolah adalah….

A. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan ketertiban sekolah.

B. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.

C. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya

D. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid

Jawaban: C

11. Keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain disebut…

A. Tanggung jawab

B. Kewajiban

C. Hak

D. Norma

Jawaban: A

Soal Bahasa Indonesia Tema 6 kelas 5

Teks bacaan untuk soal nomor 5-6

"Sumber Energi Panas"

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.

Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok- gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

12. Pokok pikiran pada paragraf kedua adalah…

A. Sumber energi panas

B. Macam- macam energi

C. Manfaat energi panas matahari

D. Energi panas matahari

Jawaban: D

13. Macam- macam sumber energi panas adalah..

A. Matahari

B. Gesekan dua benda

C. Api

D. a,b, dan c benar

Jawaban: D

Teks bacaan untuk soal nomor 7-10

"Perbedaan Suhu dan Panas"

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

14. Pokok pikiran pada paragraf ketiga adalah...

A. Perbedaan panas dan suhu

B. Panas dan suhu

C. Persamaan panas dan suhu

D. Hubungan panas dan suhu

Jawaban: A

15. Kata kunci pada paragraf kedua adalah…

A. Kalor

B. Alam

C. Suhu

D. Panas

Jawaban: C

16. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah…

A. Barometer

B. Kalorimeter

C. Celcius

D. Termometer

Jawaban: D

17. Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda disebut…

A. Derajat

B. Celcius

C. Suhu

D. Kalor

Jawaban: C

18. Definisi suhu dijelaskan dalam paragraf ke....

A. 2

B. 3

C. 5

D. 4

Jawaban: D.

19. Paragraf ke-3 menjelaskan tentang apa?

A. perbedaan kalor dan suhu

B. perbedaan kalor dan panas

C. definisi suhu

D. definisi kalor

Jawaban: A.

Materi Tema 6 kelas 5 SBdP

20. Tangga nada yang dimiliki alat musik seperti piano dan organ adalah…

A. Diatonis

B. Pentatonis

C. Kromatis

D. Pelog

Jawaban: A

21. Tangga nada yang digunakan dalam menyanyikan lagu yang berjudul “Cing Cangkeling” adalah tangga nada pentatonis yang berjenis…

A. Melodik

B. Ritmis

C. Slendro

D. Pelog

Jawaban: E

22. Salah satu tradisi yang timbul dari interaksi manusia dengan alam yaitu….

A. Festival mane’e

B. Festival kembang api

C. Festival Lagu daerah

D. Festival budaya

Jawaban: A

23. Dalam tangga nada mayor, langkah interval antara nada pertama dan kedua adalah....

A. 1 whole tone

B. 1 half tone

C. 2 whole tones

D. 2 half tones

Jawaban: C.

24. Di dalam tangga nada minor, akor yang berfungsi sebagai "akor dominan" biasanya dibangun di atas tingkat nada....

A. Ketujuh

B. Kelima

C. Keempat

D. Ketiga

Jawaban: A.

25. Apakah sifat utama dari tangga nada pentatonik?

A. Terdiri dari lima nada

B. Terdiri dari tujuh nada

C. Terdiri dari sembilan nada

D. Terdiri dari tiga nada

Jawaban: A.

B. Soal PAT kelas 5 Tema 6 kategori esai

Berikut kumpulan soal Tema 6 kelas 5 dan kunci jawaban untuk kategori soal esai.

26. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Sebutkan tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia!

Jawaban:

Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain.

Tanggung jawab sebagai warga bangsa Indonesia:

  • Memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.

27. Sebutkan hak-hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990!

Jawaban:

Hak-hak siswa berdasarkan peraturan pemerintah No 28 tahun 1990 :

  • mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya
  • memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
  • mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan
  • mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku
  • pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki
  • memperoleh penilaian hasil belajarnya
  • menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan
  • mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

28. Sebutkan perbedaan suhu dan kalor!

Jawaban:

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda. Sementara itu, kalor adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

29. Sebutkan dan jelaskan dua macam interaksi manusia dengan alam!

Jawaban:

Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:

- Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.

- Interaksi manusia yang mendominasi alam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

30. Jelaskan maksud dari teknik arsir, teknik blok, dan teknik sapuan?

Jawaban:

Teknik arsir adalah teknik yang menggunakan bahan kering yaitu teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan adanya dimensi.

Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok.

Teknik sapuan adalah teknik yang menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas.

31. Jelaskan konsep suhu dan pengukurannya beserta contoh dalam kehidupan!

Jawaban:

Konsep suhu merujuk pada tingkat panas atau dinginnya suatu benda atau lingkungan. Suhu diukur dalam skala Celsius, Fahrenheit, atau Kelvin. Contoh pengukuran suhu dalam kehidupan sehari-hari termasuk menggunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh manusia, suhu ruangan, atau suhu air untuk keperluan memasak.

32. Jelaskan perbedaan antara panas dan suhu. Bagaimana proses transfernya?

Jawaban:

Suhu adalah ukuran rata-rata energi kinetik partikel dalam sebuah benda, sedangkan panas adalah bentuk energi yang ditransfer antara objek karena perbedaan suhu. Panas ditransfer melalui tiga mekanisme utama: konduksi (melalui kontak langsung antara partikel), konveksi (melalui pergerakan massa fluida), dan radiasi (melalui gelombang elektromagnetik).

33. Jelaskan konsep kalor perhitungannya dalam sistem tertutup. Berikan contoh peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor.

Jawaban:

Kalor adalah bentuk energi yang berpindah antara sistem dan lingkungannya karena perbedaan suhu. Dalam sistem tertutup, hukum kekekalan energi digunakan untuk menghitung perubahan kalor. Contoh peristiwa di mana kalor dilepaskan termasuk pembakaran kayu atau bahan bakar, sementara kalor diserap terjadi dalam penguapan cairan atau pendinginan ruangan dengan menggunakan AC.

34. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?

Jawaban: Interaksi antara benda mati dan makhluk hidup, antar-makhluk hidup, dan antar-benda mati.

35. Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sebagai....

Jawaban: sumber panas.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Fadli Nasrudin