Menuju konten utama

25 Soal Asesmen Akidah Akhlak AM 2024 Kelas 12 dan Jawabannya

Contoh soal Akidah Akhlak diperlukan untuk menguji penguasaan materi dalam menghadapi AM (Asesmen Madrasah) jenjang MA/ MAK kelas 12. Berikut contoh soalnya

25 Soal Asesmen Akidah Akhlak AM 2024 Kelas 12 dan Jawabannya
Ilustrasi ujian. foto/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal Akidah Akhlak diperlukan untuk menguji penguasaan materi dalam menghadapi AM (Asesmen Madrasah) jenjang MA/ MAK kelas 12. Akidah Akhlak menjadi salah satu materi yang diujikan pada agenda ujian AM.

Asesmen Madrasah merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN). Regulasi pelaksanaan AM diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

Melansir laman Pendis Kemenag, penyelenggaraan AM diatur oleh koordinasi dan monitoring berbagai pihak yang kemudian akan diadakan evaluasi hasil akhir setelahnya. Pelaksanaan AM untuk MA/ MAK akan berlangsung pada rentang waktu 4—30 Maret 2024. Sementara itu, jadwal pelaksanaan AM untuk siswa MTs berlangsung pada 22 April—11 Mei 2024 dan jenjang MI berlangsung pada 29 April—18 Mei 2024.

Asesmen menjadi proses pengumpulan dan pengelolaan data atau informasi guna mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi penilaian formatif dan penilaian sumatif.

Materi yang diujikan dalam AM mencakup seluruh mata pelajaran yang telah diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan, baik mata pelajaran wajib maupun mata pelajaran muatan lokal.

Kisi-Kisi Soal Asesmen Nasional 2024 Jenjang MA/MAK

Penjelasan terkait kisi-kisi soal AM tercantum dalam Petunjuk Teknis Asesmen Madrasah.

Berdasarkan Juknis Asesmen Madrasah, berikut penjelasan tentang kisi-kisi soal Asesmen Madrasah 2024.

Kisi-kisi AM

1. Pertama, kisi-kisi AM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku;

2. Kisi-kisi AM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Madrasah;

3. Kisi-kisi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.

Prosedur Penyusunan Kisi-kisi dan Soal AM

1. kepala madrasah menetapkan guru penyusun kisi-kisi dan soal AM;

2. Guru menyusun kisi-kisi soal AM;

3. Guru menyusun naskah soal AM mengacu pada kisi-kisi soal AM;

4. Validasi naskah soal AM oleh team teaching dengan pendampingan pengawas madrasah dan atau pada forum KKG/ MGMP;

5. Finalisasi atau penyempurnaan naskah soal AM oleh guru mata pelajaran;

6. Naskah soal AM diserahkan kepada panitia AM untuk digandakan dan siap digunakan dalam Asesmen Madrasah.

Kumpulan Contoh Soal Asesmen Madrasah Akidah Akhlak kelas 12 dan Jawabannya

Kumpulan contoh soal Asesmen Madrasah Akidah Akhlak kelas 12 bisa dijadikan sumber belajar dengan cara mengadakan latihan soal. Setelah mengerjakan, siswa dapat mengoreksi jawabannya dengan melihat kunci jawaban.

Berikut kumpulan contoh soal Asesmen Madrasah Akidah Akhlak kelas 12 serta jawabannya.

1. Salah satu metode peningkatan akidah adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. Membaca Al-Qur’an

b. Mendalami ilmu Agama dan ilmu lainnya

c. Menghayati keagungan dan kekuasaan Allah SWT

d. Selalu beribadah tanpa dibatasi

e. Menanamkan Kalimat Tauhid

Jawaban: D

2. Banyak sekali pengertian akidah yang diutarakan oleh para 'Alim 'Ulama. inti dari pengertian Aqidah secara istilah yang benar dibawah ini adalah...

a. Keyakinan dalam hati yang tidak terikat dengan apa pun

b. Rasa yakin dalam diri seseorang tetapi masih ada keraguan

c. Sesuatu yang diyakini dengan benar terhadap hal-hal tertentu saja

d. Keyakinan sepenuh hati tanpa ada rasa keraguan sedikit pun dan bersifat mengikat

e. Rasa yakin yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu dan tidak bersifat mengikat

Jawaban: D

3. Pandangan seorang yang hubbuddunya terhadap keduniaan adalah....

a. Harta benda sarana penghubung sosial

b. Keduniaan adalah bersifat sementara, hanya permainan yang menyenangkan

c. Keduniaan merupakan tujuan hidup dan harus ditempuh melalui berbagai cara

d. Manusia hidup di dunia dilengkapi dengan hawa nafsu,diantaranya cinta keduniaan

e. Keduniaan yang mereka peroleh merupakan sarana untuk beribadah kepada Allah SWT

Jawaban: C

4. Raja Firaun yang mengaku dirinya sebagai tuhan, rakyatnya harus memuja dan tunduk kepadanya. Akan tetapi, pada suatu waktu dalam pengejarannya terhadap Nabi Musa A.S. dia tenggelam di laut merah. Sang raja yang mengaku sebagai Tuhan itu pun mati beserta bala tentaranya. Ini menunjukan contoh bahwa makhluk Allah SWT. Tidak sempurna yang akan berakhir pada waktu yang telah ditentukan, dan Allah SWT akan tetap kekal. Hal ini merupakan contoh dari sifat...

a. Qidam

b. Baqa’

c. Wahdaniyat

d. Sama’

e. Qiyamuhu binnafsihi

Jawaban: B

5. Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan bantuan dari manusia yang lain dalam mengaktualisasikan potensi dirinya. Ia tidak mungkin bekerja sendirian tanpa orang lain. Dalam segala aktivitasnya memerlukan bantuan orang lain.hal itu sangat berbeda dengan sifat Allah SWT. Yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan bantuan dari makhluknya seperti ruang, waktu, dan materi. Hal tersebut karena Allah SWT bersifat...

a. Qidam

b. Wahdaniyah

c. Mukholafatuhu lil hawadisi

d. Baqa’

e. Qiyamuhu binafsihi

Jawaban: E

6. Allah SWT. adalah Dzat yang Maha Mengumpulkan; Allah SWT. adalah Dzat yang Mengumpulkan semua Makhluk pada hari kiamat, tujuannya untuk membalas kebaikan dan keburukan yang dilakukan para makhluk. Pernyataan ini merupakan makna dari Asma’ul Husna ....

a. Al-Hayyu

b. Al-Qayyum

c. Al-Mubdi’u

d. Al-Awwal

e. Al-Jami’

Jawaban: E

7. Rizal adalah anak yang memiliki akhlak kurang baik, tetapi setelah memahami dan menghayati Asma Allah Al-Rakib, Rizal telah mengalami perubahan sikap yang menunjukkan pengamalan sesuai dengan asma Allah Al-Rakib. Sikap di bawah ini yang sesuai dengan Asma’ Allah SWT. Al-Rakib adalah...

a. Menghidupkan tempat-tempat ibadah

b. Amar ma'ruf nahi munkar

c. Tetap berbuat baik walaupun tidak diketahui orang lain

d. Suka bersedekah terhadap orang yang membutuhkan

e. Mengabulkan permintaan orang lain dalam hal kebaikan

Jawaban: C

8. Suka bermusyawarah untuk menyelesaikan permasalahan terutama berkaitan dengan urusan agama agar tidak muncul pemaksaan kehendak. Hal tersebut merupakan ciri islam washatiyah dalam prinsip...

a. Tasamuh

b. Musawah

c. Tawazun

d. Syura

e. I’tidal

Jawaban: D

9. Pemahaman dan pengamalan agama secara seimbang yang meliputi semua aspek kehidupan, baik duniawi maupun ukhrawi. Pernyataan di atas adalah amaliah keagamaan seorang muslim moderat (washatiyah) termasuk dalam prinsip ....

a. Tawazun

b. Tawassuth

c. I’tidal

d. Tasamuh

e. Musawah

Jawaban: A

10. Perhatikan pernyataan berikut Berhenti dari maksiat Menyesal atas dosa dosa yang telah dikerjakan Berjanji dengan sungguh sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan dosa Dalam hal dosa kepada orang lain, hendaklah ditambah dengan menyelesaikan persoalan dengan orang lain yang bersangkutan Pernyataan pernyataan tersebut merupakan...

a. Syarat diterimanya tobat

b. Tata cara bertobat

c. Rukun tobat

d. Syarat sah tobat

e. Macam macam tobat

Jawaban: B

11. Ada siswa yang pintar di sekolah, tetapi ia sama sekali tidak menampakan kepandaiannya itu kepada temannya yang lain. Bahkan terkesan, ia seperti orang yang tidak istimewa, biasa-biasa saja. Hal tersebut termasuk...

a. Menghindari sifat hasad

b. Contoh menghindari sifat riya

c. Contoh menyembunyikan sifat ujub

d. Contoh menyembunyikan sifat riya

e. Contoh menghindari diri dari hubbuddunnya

Jawaban: B

12. Seorang siswa mendapat tropi atas kemenangannya dalam ajang lomba tertentu lalu dia kembali ke sekolahnya dengan membawa kebanggaan dan kesombongan di hadapan teman-temannya. Kondisi yang ada pada diri siswa seperti itu merupakan contoh...

a. Hasad zahir

b. Riya zahir

c. Sombong zahir

d. Takabbur batin

e. Riya batin

Jawaban: C

13. Orang yang terlalu menuruti hawa nafsu syahwat akan terjerumus ke dalam kejelekan dan membahayakan, bahkan nafsu syahwat tersebut bisa mengakibatkan perceraian dan pembunuhan. Oleh karena itu, hendaknya manusia mampu...

a. Membunuhnya

b. Menghilangkan

c. Mengendalikan

d. Mendorongya

e. Menghapusnya

Jawaban: C

14. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini : Kedaulatan Islam sudah mulai kokoh, sehingga umat Islam semakin leluasa untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran; Masuknya pemeluk Islam yang berasal dari berbagai daerah yang masih membawa alam pikiran dari keyakinan sebelum memeluk Islam; Umat Islam mulai tertarik untuk mendiskusikan masalah qadar (taqdir), begitu juga masalah istiṭha’ah (kemampuan seseorang melaksanakan sesuatu perbuatan); Corak pemerintahan yang represif sehingga sebagian umat Islam bersikap apatis. Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan gambaran masa kekhalifahan Bani Umayyah, yang mewarnai munculnya perdebatan di bidang...

a. Akhlak

b. Akidah

c. Muamalah

d. Ibadah

e. Syari’ah

Jawaban: B

15. Kecondongan jiwa terhadap sesuatu yang disukainya sehingga keluar dari batas syariat, demi untuk mendapatkan yang lezat-lezat merupakan pengertian dari...

a. Nafsu syahwat

b. Nafsu kamilah

c. Nafsu mutma’innah

d. Akhlak mahmudah

e. Akhlak madzmumah

Jawaban: A

16. Pada masa sekarang ini banyak terdapat penyelewengan dalam akidah islam, salah satu cara untuk membentengi agar keimanan tetap teguh dan kokoh adalah ...

a. Membuat satu kesepakatan dengan orang yang berakidah beda

b. Mengamalkan ilmu kalam sebagai bantahan terhadap akidah yang menyesatkan

c. Selalu memerangi orang yang tidak berakidah

d. Tidak bergaul dengan orang yang akidahnya buruk

e. Mempelajari sistem keimanan agama lain agar mudah untuk menyerangnya

Jawaban: B

17. Ilmu kalam adalah disiplin ilmu yang mengandung berbagai argumentasi tentang akidah imani yang diperkuat dalil-dalil rasional, merupakan definisi ilmu kalam menurut ...

a. Al Farabi

b. Ibnu Khaldun

c. Mutadla Muthahari

d. Mustafa Abdul Razaq

e. Syekh Muhammad Abduh

Jawaban: B

18. Berikut ini yang bukan merupakan merupakan ruang lingkup ilmu kalam menurut Hasan Al Bana adalah...

a. Illahiyat

b. Nubuwat

c. Ruhaniyat

d. Sam’iyat

e. Fiqhiyat

Jawaban: E

19. Aliran kalam Khawarij berpendapat bahwa orang mukmin yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi sebagai kafir. Dari hal tersebut muncul aliran kalam yang berpendapat bahwa mukmin yang melakukan dosa besar dan mati sebelum bertaubat dihukumi masih tetap mu’min. Aliran kalam dimaksud adalah....

a. Syi’ah

b. Khawari

c. Murji’ah

d. Asy’Ariyah

e. Maturidiyah

Jawaban: C

20. Perseteruan kelompok Khawarij dan kelompok Mu’awiyah bin Abi Sufyan memunculkan kegaduhan politik pada kekhalifahan Mu’awiyah. Hal tersebut memicu munculnya pemikiran kelompok pemberani yang meyakini bahwa mereka diberi daya yang mutlak oleh Allah Swt untuk melawan situasi sesuai petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kelompok pemberani tersebut selanjutnya dikenal dengan aliran kalam ...

a. Asy’Ariyah

b. Jabariyah

c. Murji’ah

d. Qadariyah

e. Maturidiyah

Jawaban: C

21. Menurut riwayat yang kuat bahwa munculnya istilah Ahli Shuffah adalah diberikan kepada...

a. orang yang berjalan dari masjid ke masjid

b. orang yang tinggal di serambi masjid pada zaman rasulullah SAW yang datang dari berbagai penjuru

c. orang yang giat berdakwah di masjid-masjid

d. orang yang peduli dengan pembangunan masjid

e. orang yang suka makan, minum, dan tidur di masjid

Jawaban: B

22. Dari perjuangan politik tentang khilafah yang digagas Abdullah Bin Saba’pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan ra, Kelompok Syi’ah berkembang menjadi aliran kalam yang memiliki ajaran pokok untuk pemimpinya. Diantara ajaran pokok Syi’ah untuk imam adalah Raj’ah artinya orang yang...

a. harus menjadi rujukkan dalam menentukan segala hal

b. tidak pernah melakukan dosa besar dan dosa kecil

c. diberi petunjuk oleh Allah

d. terjaga dari dosa

e. berjiwa suci

Jawaban: D

23. Ditinjau dari segi objeknya, maka tasawuf dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu...

a. Tasawuf, Imani, Tasawuf Amali dan Tasawuf Falsafi

b. Tasawuf, Imani, Tasawuf Amali dan Tasawuf Falsafi

c. Tasawuf, Akhlaqi, Tasawuf Amali dan Tasawuf Falsafi

d. Tasawuf, Imani, Tasawuf Amali dan Tasawuf Insani

e. Tasawuf, Ibadi, Tasawuf Amali dan Tasawuf Falsafi

Jawaban: C

24. Usaha yang dilakukan seseorang untuk menjauhi segala sesuatu yang hukumnya syubhat disebut...

a. Tobat

b. Wara'

c. Zuhud

d. Faqir

e. Tawakal

Jawaban: B

25. Budaya barat yang bertentangan dengan ajaran Islam mulai mempengaruhi kehidupan remaja saat ini. Solusi atas permasalahan tersebut adalah dengan....

a. memahami dan menerapkan budayanya dalam pergaulan dengan sesama teman

b. mencegahnya masuk agar remaja tidak terpengaruh

c. melarang remaja membaca hal-hal yang berhubungan dengan budaya barat

d. mengarahkan remaja untuk melakukan kegiatan positif

e. menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji yang bersumber dari wahyu allah swt. pada diri remaja

Jawaban: E

Baca juga artikel terkait ASESMEN MADRASAH 2024 atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani