tirto.id - Contoh soal asesmen madrasah materi Biologi untuk jenjang MA/MAK dapat digunakan oleh para peserta didik sebagai bahan belajar sebelum menghadapi ujian.
Kegiatan asesmen madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan.
Dengan memperbanyak latihan dari contoh-contoh soal Asesmen Madrasah, peserta didik diharapkan mampu mendapatkan hasil yang memuaskan.
Di samping itu, contoh soal Asesmen Madrasah juga dapat menjadi tolok ukur bagi guru dalam membuat soal ujian.
Materi Asesmen Nasional 2024 Jenjang MA/MAK
Melalui surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah, bentuk asesmen madrasah untuk jenjang MA/MAK dapat berupa:
a. Tes Tertulis
Bentuk soal asesmen tertulis terdiri dari:
- Pilihan ganda
- Pilihan ganda kompleks
- Benar salah
- Setuju tidak setuju
- Menjodohkan
- Isian
- Uraian
c. Portofolio
d. Penugasan, dan/atau
e. Bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.
Materi asesmen untuk mata Pelajaran umum pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdekan disusun mengacu pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Adapun kisi-kisi asesmen madrasah disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.
Kumpulan Contoh Soal Asesmen Madrasah Biologi kelas 12 dan Jawabannya
1. Gas CO2 yang berlebihan di udara menimbulkan peristiwa...
a. Lubang ozon
b. Asfiksi
c. Global warming
d. Hujan asam
e. Eutrofikasi
Jawaban: C
2. Menipisnya lapisan ozon akan mengakibatkan radiasi sinar ultraviolet langsung mengenai bumi. Hal tersebut akan berdampak pada...
a. meningkatnya intensitas cahaya
b. meningkatnya risiko penyakit kanker
c. berkurangnya sinar inframerah
d. bertambahnya energi matahari di permukaan bumi
e. terbunuhnya virus dan bakteri
Jawaban: B
3. Salah satu pencemaran yang terjadi secara alami adalah...
a. Letusan vulkanik
b. Gempa bumi
c. kegiatan produksi pabrik
d. Hujan asam
e. Banjir
Jawaban: A
4. Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios yang berarti . . . .
a. Ilmu
b. Hidup
c. Kajian
d. Perkembangan
e. Tumbuhan
Jawaban: B
5. Ilmu yang mempelajari seluk beluk tumbuhan adalah...
a. Zoologi
b. Virologi
c. Botani
d. Anatomi
e. Sitologi
Jawaban: C
6. Deskripsi hasil pengamatan terhadap objek biologi yang menggunakan indra penglihatan contohnya adalah . . . .
a. Bau dan rasa
b. Bentuk dan ukuran
c. Warna dan rasa
d. Tekstur dan ukuran
e. Bau dan warna
Jawaban: B
7. Irma akan melakukan transplantasi hati. Hati dipelajari pada organisasi kehidupan tingkat . . .
a. Sel
b. Jaringan
c. Organ
d. Sistem organ
Jawaban: E
8. Diantara ekosistem berikut yang mempunyai tingkat keanekaragaman paling tinggi adalah ....
a. hutan bakau
b. sawah
c. savana
d. hutan hujan tropis
e. padang rumput
Jawaban: D
9. Siapakah yang dimaksud dengan perokok pasif?
a. Orang yang merokok 1 bungkus sehari
b. Orang yang memproduksi rokok
c. Orang yang bekerja di pabrik rokok
d. Orang yang tidak merokok berada dalam ruangan berasap rokok
e. Orang yang merokok ditempat yang disediakan
Jawaban: D
10. Berikut adalah salah satu dampak penggunaan bahan bakar fosil, kecuali......
a. Hujan asam
b. Tsunami
c. Pemanasan global
d. Munculnya lubang ozon
e. Efek rumah kaca
Jawaban: B
11. Ekosistem alami dapat mengalami kerusakan dan membentuk ekosistem suksesi primer. Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah ....
a. penebangan habis hutan
b. timbunan dan lahar gunung berapi
c. pembakaran hutan berulang-ulang
d. penebangan dan pembakaran hutan
e. perladangan berpindah-pindah
Jawaban: B
12. Perubahan lingkungan dapat terjadi karena perbuatan manusia, seperti yang terjadi di Pantai Kampung Laut Cilacap dengan membabat hutan bakau untuk tambak ikan. Sebagai akibat pembabatan hutan bakau adalah .....
a. populasi ikan besar meningkat karena areanya lebih luas
b. populasi ikan besar menurun, karena kehilangan tempat berteduh
c. populasi udang besar meningkat, karena lebih leluasa mencari tempat tinggal
d. populasi udang kecil menurun, karena tidak bisa mencari makanan yang menempel pada akar bakau
e. penduduk Kampung Laut Cilacap secara mendadak terserang wabah muntaber
Jawaban: D
13. Contoh penerapan yang benar dalam kehidupan seharl‐hari menurut prinsip etika lingkungan manusia sebagai bagian dari lingkungan adalah.....
a. menghemat penggunaan bahan bakar
b. mengolah sumber daya alam semaksimal mungkin
c. memelihara burung peliharaan dalam sangkar yang indah
d. mengolah limbah sebelum dibuang ke lingkungan
e. menghemat penggunaan air minum dan listrik di rumah
Jawaban: E
14. Tujuan penghijauan yang dilakukan di kota‐kota besar adalah .....
a. mempertinggi suhu udara
b. mempertinggi kadar oksigen di udara
c. mempertinggi kadar CO2 di udara
d. mempertinggi penghasilan penduduk
e. mempertinggi kadar kelembaban udara
Jawaban: B
15. Di kebun belakang sekolah kita terdapat populasi lebah dan tumbuhan. Kedua populasi mengadakan simbiosis...
a. parasitisme.
b. komensalisme.
c. mutualisme.
d. netralisme.
e. predatorisme.
Jawaban: C
16. Di bawah ini, hewan manakah yang termasuk langka dan dilindungi ...
a. burung cendrawasih
b. kadal
c. buaya
d. anjing
e. ayam
Jawaban: A
17. Oksigen merupakan unsur kimia yang terkandung di alam. Dalam ekosistem oksigen diproduksi oleh...
a. tumbuhan
b. dekomposer
c. atmosfer
d. matahari
e. hewan
Jawaban: A
18. Penghubung antara konsumen I dengan produsen berupa ...
a. konsumen II
b. herbivora
c. Konsumen III
d. dekomposer
e. omnivora
Jawaban: B
19. Perhatikan hal-hal berikut ini! (1) Jerami (2) Telur busuk (3) Kerak nasi (4) Feces (5) Asbes. Yang merupakan limbah organik adalah ...
a. 3, 4 dan 5
b. 1,2 dan 5
c. 2, 3 dan 5
d. 1,2,3 dan 4
e. 1,2,3,4 dan 5
Jawaban: E
20. Dalam bioteknologi, mikroorganisme dimanfaatkan sebagai penghasil dan pengubah bahan makanan. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah ....
a. Aspergillus oryzae
b. Rhizopus sp
c. Lactobacillus bulgaricus
d. Candida spesies sp
e. Penicillium sp
Jawaban: C
21. Di bawah ini yang bukan merupakan bahaya dari bioteknologi yaitu ...
a. Menambah keanekaragaman hayati
b. Digunakan untuk senjata biologis
c. Mengganggu keseimbangan lingkungan
d. Memunculkan organisme strain jahat
e. Memusnahkan plasma nutfah
Jawaban: A
22. sendi antara tulang leher dan tulang tengkorak ....
a. Sendi Engsel
b. Sendi putar
c. Sendi Peluru
d. Sendi Geser
e. Sendi Luncur
Jawaban: B
23. Sendi antar tulang pergelangan tangan merupakan sendi ....
a. Sendi Engsel
b. Sendi putar
c. Sendi Peluru
d. Sendi Geser
e. Sendi Luncur
Jawaban: D
24. Yang termasuk tulang tak beraturan ....
a. Tulang Tengkorak
b. Tulang belikat
c. Pergelangan tangan
d. Tulang Pinggul
e. Tulang Pinggul
Jawaban: A
25. Sendi pada siku, lutut merupakan sendi ....
a. Sendi Engsel
b. Sendi putar
c. Sendi Peluru
d. Sendi Geser
e. Sendi Luncur
Jawaban: A
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Yulaika Ramadhani