tirto.id - Contoh soal asesmen madrasah 2023 materi Matematika untuk Kelas 9 MTs beserta jawabannya dapat dipakai untuk latihan belajar siswa.
Pelaksanaan Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir dalam satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Asesmen Madrasah yaitu Matematika.
Mempelajari berbagai contoh soal Asesmen Madrasah seperti materi Matematika untuk Kelas 9 MTs yang dilengkapi dengan kunci jawabannya menjadi salah satu bentuk latihan bagi peserta didik agar mampu mengukur penguasaan materi sebelum ujian dilaksanakan.
Dengan memperbanyak latihan dari contoh-contoh soal Asesmen Madrasah, para peserta didik diharapkan mampu memperoleh hasil yang memuaskan. Disamping itu, contoh soal Asesmen Madrasah juga dapat menjadi tolok ukur bagi guru dalam membuat soal ujian.
Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2023 tentang SOP Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 Asesmen Madrasah diseleggarakan dalam rangka mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah.
Asesmen Madrasah itu sendiri merupakan asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar dari peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.
Asesmen Madrasah diselenggarakan bagi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
Syarat Pelaksanaan Asesmen Madrasah Tsanawiyah Kelas 9 MTs
Bagi seluruh peserta yang akan mengikuti Asesmen Madrasah harus memenuhi beberapa syarat tertentu yang telah disusun berdasarkan jenjang pendidikan madrasah, sebab masing-masing jenjang madrasah memiliki syarat yang berbeda.
Berikut ini rincian syarat bagi peserta Asesmen Madrasah untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) :
a. Peserta didik terdaftar di kelas akhir pada MTs.
b. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai kelas 7 (tujuh) sampai dengan kelas 9 (sembilan) semester ganjil.
c. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk MTs penyelenggara sistem kredit semester (SKS).
d. Terdata pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM).
Jadwal Pelaksanaan Asesmen Madrasah Tsanawiyah Kelas 9 MTs
Jadwal Asesmen Madrasah dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh penyelenggaranya. Hal ini karena pelaksanaan Asesmen Madrasah dari satu jenjang dengan jenjang yang lain memiliki perbedaan rentang waktu.
Dikutip dari SOP AM 2023, berikut ini rincian informasi terkait jadwal pelaksanaan AM 2023 yang waktu pelaksanaannya ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara AM, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Ketuntasan kurikulum.
2. Kalender pendidikan di masing-masing madrasah.
3. Hari libur nasional/keagamaan.
4. Rentang waktu pelaksanaan AM
Rentang waktu asesmen MA : 13 Maret s.d 8 April 2023
Rentang waktu asesmen MTs : 10 April s.d 20 Mei 2023
Rentang waktu asesmen MI : 10 April s.d 20 Mei 2023.
Contoh Soal Asesmen Madrasah Matematika Kelas 9 MTs
Salah satu cara yang dapat menjadi strategi pembelajaran bagi siswa agar dapat memperkirakan soal apa saja yang akan keluar saat menghadapi AM yaitu dengan mempelajari contoh-contoh soal Asesmen Madrasah khususnya untuk mata pelajaran matematika.
Berikut ini contoh soal Asesmen Madrasah Matematika untuk kelas 9 MTs beserta kunci jawabannya :
1. Dalam suatu tes, jawaban yang benar diberi skor 4, yang salah diberi skor - 2 dan untuk soal yang tidak dijawab diberi skor 0. jika dari 25 soal, Andi menjawab dengan benar 18 soal dan 5 soal salah serta sisanya tidak dijawab, maka nilai Andi adalah . . . .
A. 62
B. 65
C. 70
D. 82
Jawaban : A
2. Pak Adi bin Untung mempunyai sebidang tanah yang luasnya 1.200 m². Tanah tersebut diberikan pada anak pertama ⅕ bagian, anak kedua ¼ bagian, dan dibangun mushola ⅓ bagian. Sisa tanah Pak Adi adalah....
A. 360 m²
B. 280 m²
C. 272 m²
D. 260 m²
Jawaban : D
3. Hasil dari 2⁹ x 4⁻³: 2² adalah ....
A. 1
B. 2
C. 4
D. 8
Jawaban : B
4. Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 3 , 5 , 9 , 17 , ... adalah ....
A. 2ⁿ + 1
B. n² + 1
C. 3ⁿ + 1
D. n³ + 1
Jawaban : A
5. Sebuah bangun datar persegi panjang mempunyai perbandingan p : l = 3 : 2. Jika keliling persegi panjang tersebut adalah 100 cm, maka luasnya adalah ... cm².
A. 400
B. 500
C. 600
D. 800
Jawaban : C
6. Sebuah bank menerapkan suku bunga 8% per tahun. Ali menabung di bank tersebut selama 2½ tahun dan tabungannya menjadi Rp. 30.000.000,00. Tabungan mula-mula Ali adalah ....
A. Rp. 24.000.000,00
B. Rp. 25.000.000,00
C. Rp. 28.000.000,00
D. Rp. 36.000.000,00
Jawaban : B
7. Luas sebuah segitiga adalah (8x²– 2x) cm². Jika panjang alas segitiga tersebut adalah (4x) cm, maka tinggi segitiga adalah ... cm
A. 2x - 1
B. 2x - 2
C. 4x - 1
D. 4x – 2
Jawaban : C
8. Seorang anak membuat model kerangka balok dengan ukuran panjang (x + 5) cm, lebar (x – 2) cm, dan tinggi x cm. Jika panjang kawat yang digunakan tidak lebih dari 132 cm, maka ukuran panjang maksimum balok yang mungkin adalah ....
A. 8 cm
B. 10 cm
C. 12 cm
D. 15 cm
Jawaban : D
9. Tentukan penyelesaian dari persamaan 3(x + 5) – (x – 3) = 36 adalah ....
A. x = 9
B. x = 20
C. x = 24
D. x = 27
Jawaban : A
10. Dari 30 siswa dalam suatu kelas terdapat 4 siswa yang gemar mata pelajaran Matematika dan IPA serta 4 siswa yang tidak gemar mata pelajaran Matematika dan IPA. Jika jumlah siswa yang gemar Matematika dua kali jumlah siswa yang gemar IPA maka banyaknya siswa yang hanya gemar Matematika saja adalah ....
A. 6 siswa
B. 8 siswa
C. 16 siswa
D. 20 siswa
Jawaban : C
11. Diketahui harga 2 baju dan 1 celana adalah Rp. 230.000,00. Sedangkan harga 3 baju dan 2 celana adalah Rp. 380.000,00. Maka harga 1 baju dan 1 celana masing-masing adalah....
A. Harga 1 baju Rp. 70.000,00 dan 1 celana Rp. 80.000,00
B. Harga 1 baju Rp. 80.000,00 dan 1 celana Rp. 70.000,00
C. Harga 1 baju Rp. 70.000,00 dan 1 celana Rp. 60.000,00
D. Harga 1 baju Rp. 80.000,00 dan 1 celana Rp. 60.000,00
Jawaban : B
12. Sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas. Tinggi peluru h (dalam meter) pada saat t detik dirumuskan dengan h(t) = -4t² + 40t. Tinggi maksimum yang dapat dicapai peluru adalah ....
A. 100 m
B. 80 m
C. 40 m
D. 10 m
Jawaban : A
13. Diketahui ∆ABC dan ∆DEF adalah dua segitiga yang kongruen. Apabila besar ∠A =450; ∠B = 750; ∠D = 750 dan ∠F = 600 maka pasangan sisi yang sama panjang adalah ....
A. AB = DE ; BC = EF ; AC = DF
B. AB = EF ; BC = DE ; AC = DF
C. AB = DF ; BC = EF ; AC = DE
D. AB = DE ; BC = DF ; AC = EF
Jawaban : D
14. Diketahui S = { x / x ≤ 10 , x ∈ C } ;
A ={ x / x bilangan prima ∈ S }
B = { x / 4 ≤ x < 8 ; x ∈ S }
Maka anggota Aᶜ ∪ B adalah ....
A. { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 }
B. { 1, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 }
C. { 1, 2, 3 ,4 , 5, 6, 7 }
D. { 2, 3, 4, 5, 6 }
Jawaban : B
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani