MotoGP Gelar Grand Prix di Brasil pada 2022, Bangun Sirkuit Baru

Oleh: Permadi Suntama - 11 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Brasil akan turut menggelar MotoGP pada 2022 mendatang dengan menggunakan sirkuit baru.
tirto.id - Grand Prix Brasil masuk dalam kalender MotoGP 2022. Hal tersebut diumumkam secara langsung di laman resmi MotoGP pada Kamis (10/10/2019). Grand Prix yang akan berlangsung di Rio de Janeiro itu menggenapi 22 seri dalam kalender MotoGP 2022, dan bakal dibangun sirkuit baru.

Rio de Janeiro sebenarnya pernah menjadi tuan rumah MotoGP dari 1995 sampai 2004 yang dilangsungkan di Sirkuit Jacarepegua. Untuk penyelenggaraan MotoGP Brasil 2022 nanti, sebagai bagian kesepakatan dengan Dorna Sports, akan dibangun sirkuit baru di Deodoro.

Dorna Sports mengaku senang dapat kembali melibatkan Rio de Janeiro di MotoGP untuk edisi 2022 mendatang. Telah disepakati kontrak selama 5 tahun untuk menyelenggarakan balapan MotoGP Brasil.

"Saya sangat bangga mengumumkan bahwa MotoGP akan kembali berlomba di Rio de Janeiro, salah satu kota yang benar-benar ikonik di dunia dan di negara yang luar biasa," tutur CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, dikutip dari Crash.

Wali Kota Rio de Janeiro, Marcelo Crivella, juga menyambut gembira terpilihnya Rio sebagai salah satu kota penyelenggara MotoGP 2022. Crivella yakin hal itu akan mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Demi mensukseskan penyelenggaraan MotoGP 2022, pemerintah Kota Rio akan menggarap pembangunan fasilitas pendukung. Crivella telah merencanakan pengembangan di wilayah Barat Rio, yakni di sekitar Deodoro, yang akan menjadi tempat berlangsungnya MotoGP 2022.

“Berita bahwa kita sudah memiliki kompetisi pertama untuk arena pacuan kuda baru Rio, MotoGP, yang dikonfirmasi untuk tahun 2022, merupakan kemajuan besar bagi kota kita.

"Kami akan membawa pengembangan ke wilayah kota dengan banyak kebutuhan, dan merangsang pariwisata,” kata Marcelo Crivella, dikutip dari laman resmi MotoGP.

Dorna Sports dan Rio Motorsports sebetulnya telah menjalin kesepakatan pada 2019 untuk menyelenggarakan MotoGP Brasil di tahun 2021. Namun, karena Dorna menginginkan pembangunan sirkuit baru, maka gelaran MotoGP di Brasil diundur setahun berikutnya.


Rencananya, sirkuit yang akan dibangun di Deodoro bakal memiliki panjang lintasan 4,5 km. Desain sirkuit rencananya menyediakan 7 tikungan ke kiri dan 6 tikungan ke kanan. Sementara waktu rata-rata untuk melakukan sekali putaran diprediksi berada pada kisaran 1 menit 38 detik.

Sebelum Rio de Janeiro terpilih sebagai salah satu kota penyelenggara MotoGP 2022, Brasil telah mengajukan diri menjadi tuan rumah MotoGP 2014. Namun, tidak ada kesepakatan yang berhasil dicapai.

Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight