Jusuf Kalla: Ibu Mufidah Tadi Salah Memasukkan Surat Suara DPD

Oleh: Ringkang Gumiwang - 17 April 2019
Istri Jusuf Kalla, Mufidah salah memasukkan surat suara DPD ke kotak DPRD.
tirto.id - Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah secara tidak sengaja salah memasukkan surat suara DPRD saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, Jalan Brawijaya IV, Kelurahan Pulo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jusuf Kalla mengatakan Mufidah salah memasukkan surat suara ketika berada di depan kotak ketiga, yakni kotak suara DPD. Alhasil, dua surat suara yang dicoblos sang istri itu berada di kotak DPD.

"Ibu tadi salah masukin kotak, warnanya tidak cocok. Surat suara DPD dengan DPRD terbalik. Surat DPD jadi masuk ke kotak DPRD," katanya di Jakarta, Rabu (17/04/2019).

Menanggapi kesalahan Mufidah, salah seorang saksi bernama Olga Utomo dari Partai PDIP mengatakan surat suara yang tertukar tersebut akan tetap terhitung.

"Saya sebenarnya enggak lihat langsung karena terhalang wartawan. Tapi enggak apa-apa masih terhitung," tuturnya kepada Tirto.


JK dan Mufidah terdaftar di TPS 04 yang berlokasi di Jalan Brawijaya IV No. 18, Jakarta Selatan.

Menurut panitia KPPS TPS IV, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tercatat sebanyak 250 orang, di mana 3 orang di antaranya memilih di tempat lain.

Selain itu, TPS ini juga akan melayani 11 orang sebagai DPT tambahan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada hari ini, Rabu, 17 April 2019.

Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Pemilu 2019 kali ini melaksanakan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Ringkang Gumiwang
(tirto.id - Politik)

Reporter: Ringkang Gumiwang
Penulis: Ringkang Gumiwang
Editor: Yantina Debora
DarkLight