Jusuf Kalla dan Nadiem Makarim Sudah Mencoblos di TPS 4 Pulo

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 4 Kelurahan Pulo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mengenakan baju putih, JK ini datang didampingi istrinya, Mufidah. JK juga didampingi oleh beberapa cucunya.
tirto.id - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 4 Kelurahan Pulo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mengenakan baju putih, JK ini datang didampingi istrinya, Mufidah. JK juga didampingi oleh beberapa cucunya.

"Kami harapkan [pasangan] nomor 1 yang menang. Nanti kita lihat hasilnya. Berapapun [persentase], yang penting menang," kata JK kepada wartawan, Rabu (17/04/2019).

Selain JK, CEO Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim juga telah menggunakan hak pilihnya di TPS yang sama. Namun Nadiem enggan berkomentar banyak soal pilihannya.

"Saya ke sini cuma ingin mencoblos aja," tuturnya kepada Tirto.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 4 tercatat ada 250 orang. Tiga orang di antaranya memilih di tempat lain. TPS ini juga akan melayani 11 orang yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, lembaga survei baru dapat mempublikasikan hasil pencoblosan dua jam setelah pemungutan suara di TPS wilayah Indonesia barat selesai.

Aturan itu tercantum dalam pasal 449 ayat 5, yang menyebut, "pengumuman prakiraan hasil penghitungan cepat pemilu hanya boleh dilakukan paling cepat 2 (dua) jam setelah selesai pemungutan suara di wilayah Indonesia bagian barat".

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)

Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight