Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Serang Hari Ini

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 Mei 2018
Tradisi Ramadan di Kabupaten Serang adalah Mikran, atau tadarus Alquran yang dikumandangkan hingga tengah malam.
tirto.id - Kabupaten Serang yang berada di ujung barat Pulau Jawa, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten. Daerah ini memiliki sejarah panjang mulai dari kasultanan hingga jadi tempat mendaratnya orang-orang Belanda di Pelabuhan Banten yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman.

Kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta jiwa ini memiliki tradisi Ramadan berupa tadarus Alquran yang oleh penduduk setempat dikenal dengan istilah Mikran. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah pelaksanaan salat tarawih hingga tengah malam. Bahkan di sejumlah pelosok, Mikran dilakukan hingga menjelang subuh.

Di Serang, terdapat masjid pertama dan tertua di Provinsi Banten yaitu Masjid Kasunyatan. Konon, masjid ini dibangun pada masa kesultanan Sultan Maulana Yusuf yaitu antara tahun 1522-1570 M. Bangunan ini terletak di Desa Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Pada masa Ramadan, masjid ini ramai didatangi untuk beritikaf.

Bagi masyarakat yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.



Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
a