Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Boyolali Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 17 Mei 2018
Jelang Ramadan, warga Blora melakukan padusan yakni mandi atau berendam di laut atau sumber-sumber air yang dianggap keramat.
tirto.id - Salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki pusat administrasi di Kemiri Kecamatan Mojosongo, sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta. Kabupaten Boyolali termasuk kawasan Solo Raya atau Keresidenan Surakarta.

Menjelang bulan penuh berkah, kabupaten dengan populasi 930.531 jiwa (2010) ini memiliki tradisi padusan, yakni mandi atau berendam di laut atau sumber-sumber air yang dianggap keramat. Sebelum memasuki bulan Ramadan, masyarakat Boyolali akan beramai-ramai mendatangi air terjun atau sumber air lainnya yang mereka anggap keramat

Salah satu lokasi populer padusan di Kabupaten Boyolali yakni Pemandian Tirto Marto. Pemandian ini sering digunakan oleh peziarah untuk mengadakan Ritual Kungkum. Terkait tradisi Padusan, aksi mandi atau berendam itu dilaksanakan dua hari menjelang bulan puasa.

Bagi masyarakat Kabupaten Boyolali yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian.

Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis