Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Banjarmasin Hari Ini

Oleh: Yulaika Ramadhani - 17 Mei 2018
Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Banjarmasin
tirto.id - Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di Banjarmasin, ibu kota provinsi Kalimantan Selatan ini.

Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini memiliki masjid tertua, yaitu Masjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin. Masjid ini adalah sebuah masjid bersejarah di Kota Banjarmasin yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid tertua lainnya adalah Masjid Besar (cikal bakal Masjid Jami Banjarmasin) dan Masjid Basirih.

Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550), Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Masjid ini terletak di Kelurahan Kuin Utara, kawasan yang dikenal sebagai Banjar Lama merupakan situs ibu kota Kesultanan Banjar yang pertama kali. Masjid ini letaknya berdekatan dengan komplek makam Sultan Suriansyah dan di tepian kiri sungai Kuin. Masjid yang didirikan di tepi sungai Kuin ini memiliki bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung dan beratap tumpang. Pada bagian mihrab masjid ini memiliki atap sendiri yang terpisah dengan bangunan induk.

Masyarakat kota Banjarmasin dapat mengetahui informasi jadwal imsak, subuh, dan maghrib melalui fitur pencarian jadwal imsakiyah 1439H/2018M yang disuguhkan oleh Tirto.id. Fitur ini meliputi seluruh kota dan kotamadya di Indonesia. Dengan demikian, ketika kita bepergian atau jauh dari masjid, umat Islam dapat tetap memantau jadwal salat selama Ramadan.





Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
a