Hari Polio Sedunia 24 Oktober 2020: Upaya Menyudahi Polio Global

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tema Hari Polio Sedunia 24 Oktober 2020: upaya global menyudahi polio.
tirto.id - Hari Polio Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Oktober. Hari ini dibuat untuk menyoroti upaya global menuju dunia bebas polio dan menghormati kontribusi orang-orang berada di garis depan dalam perjuangan memberantas polio.

Organisasi-organisasi kesehatan di seluruh dunia bekerja sama untuk memberantas polio dan mengakhiri penderitaan akibat penyakit mematikan ini. Tahun ini, kampanye pemberantasan polio telah mengalami banyak perkembangan, seperti:

- Sertifikasi Wilayah Afrika sebagai bebas virus polio pada bulan Agustus.

- Pengujian dan persiapan untuk pengenalan vaksin virus poliovirus tipe 2 baru (nOPV2), cara baru untuk menghentikan wabah virus poliovirus tipe 2 yang diturunkan dari vaksin yang bersirkulasi (cVDPV2).

- Mendukung tanggapan banyak negara terhadap pandemi COVID-19 dengan mendeteksi penyakit, pengumpulan dan analisis data, komunikasi dan pelatihan risiko.

- Melanjutkan pemberantasan polio setelah ditunda untuk mengurangi risiko COVID-19 dan melindungi petugas kesehatan dan masyarakat.

Menurut CDC, virus polio saat ini masih tersisa di dua negara, yaitu Pakistan dan Afghanistan. CDC dan mitra polio sedang mengadaptasi upaya pemberantasan polio untuk memitigasi hambatan yang ditimbulkan oleh COVID-19.

Di Afghanistan dan Pakistan, beberapa tantangan menghalangi upaya pemberantasan, termasuk pandemi global.

Upaya mitigasi pandemi COVID-19 di Afghanistan menghentikan kampanye vaksinasi polio selama lima bulan, menambah hambatan yang ada untuk akses vaksin dan semakin meningkatkan jumlah anak yang berisiko.

Kondisi Polio di Dunia


Selama Januari-Juli 2020, 41 kasus virus polio dilaporkan. Pada periode yang sama tahun lalu, ada 15 kasus yang dilaporkan. Selain itu, wabah cVDPV2 baru-baru ini telah mengakibatkan 69 kasus selama tahun 2020.

Demikian pula di Pakistan, jumlah kasus virus polio yang dilaporkan telah meningkat, seperti halnya jumlah dan penyebaran geografis wabah cVDPV2 pada tahun 2020.

Upaya substansial untuk mengatasi kendala, memperkuat kualitas data, kualitas kampanye dan keterlibatan masyarakat di dua negara endemik ini sangat penting untuk memulihkan dan meningkatkan pemberantasan polio dengan aman.

Pada 25 Agustus 2020, Wilayah Afrika secara resmi disertifikasi sebagai bebas virus polio. Dengan sertifikasi ini, lima dari enam wilayah WHO - mewakili lebih dari 90% populasi dunia - sekarang bebas dari virus polio.

Meskipun kemajuan substansial menuju pemberantasan polio terjadi, wabah cVDPV2 baru-baru ini terus meningkat, dengan sebagian besar wabah ini terjadi di Afrika. Pada 7 Oktober 2020, terdapat 441 kasus di seluruh dunia, dibandingkan dengan 378 (2019) dan 71 (2018) kasus secara global.

GPEI sedang mempersiapkan pengenalan vaksin virus poliovirus oral baru (nOPV2) untuk menanggapi wabah cVDPV di Afrika dan akan bekerja sama dengan negara-negara untuk mendukung pasokan dan permintaan vaksin, peluncuran dan cakupan kampanye yang tinggi pada populasi berisiko.

Pada Hari Polio Sedunia ini, CDC dan para mitra semakin bertekad untuk memerangi polio.

"Kami tetap berkomitmen untuk melanjutkan kembali aktivitas yang ditangguhkan dengan aman, pemulihan yang stabil dan berkelanjutan, dan akhirnya menghilangkan hambatan yang tersisa untuk melindungi setiap anak dari semua bentuk polio," ujar CDC.

Apa Itu Polio?


Dilansir WHO, poliomielitis (polio) adalah penyakit dari virus sangat menular yang sebagian besar menyerang anak di bawah usia 5 tahun.

Virus ini ditularkan dari orang ke orang yang menyebar terutama melalui rute fekal-oral atau dari kendaraan umum (misalnya air atau makanan yang terkontaminasi) dan berkembang biak di usus, dari mana ia dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan.

Pada tahun 1988, Majelis Kesehatan Dunia mengadopsi resolusi untuk pemberantasan polio di seluruh dunia, menandai peluncuran Inisiatif Pemberantasan Polio Global, yang dipelopori oleh pemerintah nasional, WHO, Rotary International, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, UNICEF , dan kemudian bergabung dengan Bill & Melinda Gates Foundation dan Gavi, the Vaccine Alliance.

Kasus virus polio telah menurun lebih dari 99% sejak 1988, dari sekitar 350.000 kasus di lebih dari 125 negara endemik kemudian menjadi 175 kasus yang dilaporkan pada 2019.

Dari 3 jenis virus polio (tipe 1, tipe 2 dan tipe 3), virus liar tipe 2 telah dibasmi pada tahun 1999 dan tidak ada kasus virus polio tipe 3 yang ditemukan sejak kasus terakhir yang dilaporkan di Nigeria pada November 2012.

Kedua jenis tersebut telah secara resmi disertifikasi dan diberantas secara global. Pada tahun 2020, virus polio tipe 1 menyerang dua negara: Pakistan dan Afghanistan.

Strategi pemberantasan polio berhasil jika diterapkan sepenuhnya, contohnya keberhasilan India dalam menghentikan polio pada Januari 2011 dan sertifikasi bebas polio di seluruh Wilayah Asia Tenggara pada Maret 2014.


Baca juga artikel terkait HARI POLIO SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight