Menuju konten utama

Fungsi Kampas Ganda pada Motor dan Cara Merawatnya

Fungsi kampas ganda motor sangat penting, terutama untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Lantas, bagaimana cara merawat dan berapa harga belinya?

Fungsi Kampas Ganda pada Motor dan Cara Merawatnya
Ilustrasi kampas motor. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Kampas ganda motor berperan penting dalam sistem transmisi sepeda motor. Komponen ini menyalurkan daya dari mesin ke roda belakang sehingga motor dapat bergerak dengan efisien.

Berkaitan dengan peran krusial tersebut, merawat kampas ganda motor sangatlah penting untuk menjaga performa dan kenyamanan berkendara. Kampas yang aus dapat mengurangi akselerasi dan menyebabkan gesekan berlebih.

Untuk memahami fungsi kampas ganda motor sekaligus cara merawatnya, simak penjelasan dalam artikel ini. Berikut juga akan diterangkan tentang apa itu kampas ganda motor serta kisaran harga kampas ganda motor.

Apa Itu Kampas Ganda Motor

Kampas ganda atau dikenal juga sebagai kampas rem ganda merupakan bagian dari sistem rem sepeda motor. Letaknya di dalam kaliper rem.

Secara definitif, kampas ganda motor adalah komponen dalam sistem transmisi sepeda motor yang berperan sebagai penghubung daya antara mesin dan roda belakang.

Kampas ganda motor juga dikenal sebagai kopling sentrifugal atau kopling otomatis. Selaras dengan namanya, kampas ganda motor terdiri dari dua keping kampas yang dipasang secara berhadapan pada poros output mesin.

Cara kerjanya, saat putaran mesin mencapai Revolusi Per Menit (RPM) tertentu, kedua kampas tersebut akan melekat dan berputar bersama. Dengan demikian, tenaga dari mesin dapat ditransmisikan ke roda belakang melalui rantai dan roda gigi.

Fungsi Kampas Ganda Motor

Dikutip dari situs web resmi Astra Honda, fungsi kampas ganda motor di antaranya adalah menyalurkan sekaligus memutus tenaga pada motor. Kampas ganda ini juga dapat memengaruhi kenyamanan saat berkendara. Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai fungsi kampas ganda motor.

1. Menyalurkan dan memutus tenaga

Kampas ganda berfungsi menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari komponen CVT (Continuously Variable Transmission) depan ke belakang. Fungsi ini dilakukan melalui mekanisme sentrifugal. Hal ini memungkinkan motor bergerak dengan menyalurkan tenaga secara efisien.

2. Menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara

Kampas ganda yang berfungsi secara baik akan membantu memastikan akselerasi yang optimal. Sebaliknya, kampas kopling yang aus akan membuat mesin meraung tanpa menghasilkan tenaga yang efektif, sehingga mengurangi akselerasi dan kenyamanan berkendara.

3. Mengatur tekanan pada rumah kopling

Saat RPM meningkat, gaya sentrifugal pada kampas ganda juga naik sehingga dapat menekan rumah kopling lebih kuat. Proses ini akan membuat motor bekerja menyalurkan tenaga dari putaran mesin ke roda belakang dengan baik.

4. Meningkatkan kontrol saat perpindahan gigi

Kampas ganda membantu mengontrol perpindahan gigi dan melindungi transmisi dari kerusakan akibat perpindahan yang tidak tepat. Hal ini penting untuk menjaga keandalan dan umur panjang transmisi motor.

Cara Merawat Kampas Ganda Motor

Telah disebutkan di awal, kampas ganda motor yang aus dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Oleh karena itu, penting untuk merawat kampas ganda motor agar komponen tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara merawat kampas ganda motor.

1. Perhatikan gaya berkendara

Cara merawat kampas ganda motor dapat dilakukan dengan berkendara secara tertib. Salah satunya adalah dengan tidak memutar gas terlalu dalam.

Selain itu, mengontrol putaran mesin alias RPM perlu dilakukan agar tidak terlalu tinggi. Putaran yang terlalu tinggi dapat meningkatkan gesekan pada kampas sehingga mempercepat terjadinya aus.

2. Perhatikan ketinggian kampas ganda

Periksa ketinggian kampas ganda secara berkala. Jika permukaan kampas sudah habis atau rata, harus segera diganti untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

3. Lakukan pengecekan rutin

Menurut situs web resmi Astra Honda, pemakaian kampas ganda secara normal memiliki masa pakai 24.000-35.000 km. Selebihnya biasanya sudah mengalami keausan. Oleh karena itu, agar fungsi kampas ganda bisa optimal, pengendara mesti memeriksa kondisi kampas ganda secara rutin.

4. Perhatikan gejala kampas ganda motor yang sudah aus

Terdapat beberapa gejala yang menunjukkan kampas ganda rem sudah aus, termasuk tarikan motor terasa berat, terjadi getaran di area CVT, atau kick starter terasa loss. Apabila mengalami gejala tersebut, segera ganti kampas ganda untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Harga Kampas Ganda Motor

Harga kampas ganda motor sangat beragam, bergantung pada merek dan motor yang digunakan. Dikutip dari situs web resmi Astra Honda, kampas ganda orisinil Honda dibanderol sekitar Rp130.000-Rp400.000.

Di lokapasar Tokopedia, misalnya, kampas ganda otomatis Honda Astrea Star Prima Grand dijual seharga Rp257.050. Namun, ada pula kampas ganda KVY untuk Honda Beat, Scoopy, dan Speccy yang dijual Rp65.000.

Selain itu, untuk kampas ganda motor Yamaha dibanderol Rp145.000-Rp560.000. Pada laman Dealer Yamaha, diinformasikan bahwa kampas ganda Kopling Yamaha NMAX Otomatis 2DP Original dijual dengan harga Rp182.700. Adapun untuk pemutakhiran CVT Astro V2 Nmax 155, Aerox 155, Lexi 125, Mangkok Ganda Spectro dikenakan tarif Rp560.000.

Baca juga artikel terkait KAMPAS REM atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Otomotif
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Fadli Nasrudin