tirto.id - Ganti kampas kopling motor adalah salah satu yang harus diperhatikan bagi para pemilik kendaraan roda dua tersebut. Kampas kopling merupakan salah satu komponen motor yang digunakan untuk memutus sekaligus menyambungkan mesin ke transmisi.
Fungsi utama kopling yakni menyalurkan torsi dari mesin penggerak kendaraan ke sistem transmisi. Pengatur koneksi ini diperlukan untuk menjalankan motor kopling secara manual.
Penerapan sambungan atau pemutusannya berlaku menggunakan tuas tangan (di sebelah kiri kemudi). Adapun kampas kopling merupakan salah satu penyokong aktivitas tersebut, berada di dekat engkol kaki motor.
Cara Ganti Kampas Kopling Motor
Mengganti kampas kopling motor dapat dilakukan di bengkel terdekat atau secara mandiri di rumah. Langkah yang bisa Anda praktekkan mencakup urutan berikut.
- Sebelum membongkar, keluarkan terlebih dahulu oli mesin motor kopling;
- Setiap produk motor mempunyai lokasi yang berbeda, biasanya saluran pembuangan ada di bawah kendaraan;
- Jika oli sudah bersih, tanggalkan engkol dan bak kopling;
- Anda akan melihat dua buah lingkaran kopling, lepas beberapa baut yang menempelkannya;
- Pastikan Anda memantau struktur atau susunan komponennya agar tak bingung ketika melakukan pemasangan;
- Kampas kopling sudah bisa dilihat, lengkap dengan plat penekan, mangkuk, dan pegas;
- Pasangkan kopling baru yang sudah Anda beli, baik dari toko produsen resmi atau bengkel pinggir jalan;
- Susun lagi rangkaian hingga terpasang seperti awal;
- Cara ganti kampas kopling motor berhasil.
Kapan Ganti Kampas Kopling Motor?
Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas kopling motor?
Pertanyaan tentang kampas kopling ganti berapa tahun sekali berhubungan erat dengan cara pemakaian kendaraan dan perawatan motor. Semakin sering dan salahnya pemakaian dapat mempercepat habisnya kampas.
Tanda-tanda kampas kopling motor harus diganti dapat dipantau melalui daftar berikut.
1. Performa kendaraan menurun
Kendaraan roda dua yang kampas kopling motor harus diganti dapat dilihat lewat performanya. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin biasanya akan berkurang, bisa dirasakan oleh pengendara ketika sedang menanjak.2. Berdasarkan kilometer
Ganti kampas kopling motor berapa km juga kerap menjadi pertanyaan para pengendara. Normalnya komponen ini habis untuk perjalanan 40.000 km, bisa lebih cepat dari itu seandainya pemakaian salah dan berlebihan.3. Borosnya bensin
Motor yang kampas koplingnya hampir, sudah habis, atau rusak akan lebih boros dalam pemakaian bahan bakarnya. Jika merasa bensin lebih cepat berkurang dari biasanya, Anda bisa mengecek komponen kampas tersebut.4. Terjadi slip kopling
Dinukil dari Astra Honda, slip kopling merupakan kondisi ketika mesin motor terasa seperti tak mengeluarkan tenaga. Situasi ini juga dapat dipantau lewat sulitnya pergantian gigi ke transmisi netral karena kampas kurang cengkeramannya.5. Mesin cepat panas
Kekuatan cengkram kampas ke plat gesek akan menurun dan menyebabkan komponennya bergesekan. Persentuhan antara kedua spare part yang terlalu berlebihan ini berpotensi menimbulkan mesin motor panas secara cepat.Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yantina Debora