tirto.id - Motor kopling merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan fitur pemutus mesin dari transmisinya (sistem gigi). Cara memakai motor kopling yaitu dengan memperhatikan sejumlah hal, mulai dari urutan gigi hingga tips penarikan tuasnya.
Tuas kopling yang ditarik mengakibatkan pelat penekan memendek. Sistem mekanik tersebut memisahkan gesekan dan pelat baja sehingga masing-masing komponen bekerja mandiri.
Sambungan antara transmisi dan mesin pun terputus seandainya tuas ditarik, roda belakang motor tak memperoleh tenaga. Cara menggunakan motor kopling setelah ditarik akan dilepaskan perlahan, menghubungkan kembali komponen yang sebelumnya putus.
Penggerak motor kopling berbeda dengan motor gigi dan matic. Kendaraan kopling dilengkapi part kopling manual yang bisa mengatur jalur pemutus, sementara matic dan gigi sudah memakai kopling otomatis.
Tips Belajar Motor Kopling
Cara belajar motor kopling dapat dipraktekkan secara langsung dengan memperhatikan beberapa tips. Berikut ini sejumlah aspek yang perlu diketahui para pengendara untuk bisa menggunakan motor kopling.
1. Pastikan diri Anda siap
Kesiapan diri seseorang memengaruhi proses kecepatan belajarnya, begitu juga ketika berkendara. Pastikan tubuh Anda sehat secara rohani maupun jasmani agar proses belajar motor kopling berjalan lancar.Kendaraan biasanya akan mati karena pelepasan kopling yang tidak selaras. Pemula bisa memilih pilihan belajar motor kopling di tempat sepi, kemudian melanjutkan ke tempat yang lebih ramai agar terbiasa.
2. Cara melepaskan tuas kopling
Anda bisa menarik tuas kopling yang berada di stang sebelah kiri ketika menyalakan motor. Tips melepaskan tuas kopling motor dilakukan secara perlahan hingga motor bergerak lambat (gigi 1 atau dua).Saat kendaraan tersebut sudah melaju tipis, tambahkan lagi kecepatannya dengan menarik tuas gas diiringi pelepasan kopling yang lebih jauh. Pastikan irama kopling dan gas selaras agar mesin motor tidak mati.
3. Urutan gigi motor kopling
Cara memakai motor kopling selanjutnya yaitu Anda tidak disarankan mengganti gigi tanpa menekan kopling ketika motor berjalan karena berpotensi merusak gearbox. Anda juga harus memperhatikan bagaimana urutan transmisi kendaraannya.Angka urutan gigi motor kopling untuk produk-produk baru adalah 1-N-2-3-4-5-6. Terdapat pula varian merek yang transmisinya berjumlah 5 kecepatan, yakni 1-N-2-3-4-5.
4. Ganti gigi motor kopling
Selain perlu mengetahui tips melepas tuas dan urutan gigi, pergantian gigi juga harus diperhatikan. Produk motor kopling dengan 1 injakan (depan) dan 2 injakan (depan-belakang) pengganti gigi serupa penerapannya.Anda wajib menekan kopling penuh jika ingin mengganti gigi, lalu menekan bagian depan untuk masuk gigi pertama. Pengguna 1 injakan dapat mengangkat tuas ke atas melebih netral untuk masuk gigi 2, sementara kopling 2 injakan hanya perlu menekan tuas di belakang kaki kirinya.
5. Cara menarik tuas kopling
Bukan hanya melepas, tuas kopling juga dapat ditarik kembali untuk memutus mesin dan penggeraknya. Cara belajar motor kopling pada poin ini harus dilakukan dengan perlahan maupun cepat tergantung kondisi.Misalnya dalam pergantian gigi. Pengendara bisa menarik kopling penuh secara cepat dan menginjak tuas transmisi. Ketika mempertahankan kecepatan di tanjakan, tarik perlahan kopling secara tidak full (kopling gantung) dan lepaskan jika ingin melaju.
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yantina Debora