Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Tema 6 Kelas 3 Semester 2 dan Jawaban

Kumpulan contoh soal tema 6 kelas 3 semester 2 dalam artikel ini bisa dijadikan latihan peserta didik Anda untuk menghadapi PTS/UTS. Berikut selengkapnya

Contoh Soal PTS Tema 6 Kelas 3 Semester 2 dan Jawaban
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di SD Negeri Bhayangkari, Kota Serang, Banten, Selasa (4/1/2022). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.

tirto.id - Kumpulan contoh soal tema 6 kelas 3 semester 2 dalam artikel ini bisa dijadikan latihan bagi peserta didik Anda untuk menghadapi PTS/UTS.

PTS (Penilaian Tengah Semester) atau disebut juga UTS (Ujian Tengah Semester) merupakan evaluasi atas proses pembelajaran siswa di kelas selama kurun tengah semester.

Evaluasi proses belajar ini dilakukan lewat berbagai soal tematik sejumlah mata pelajaran yang harus dikerjakan para siswa dalam PTS atau UTS.

Salah satu materi tematik yang dipelajari oleh peserta didik kelas 3 di semester 2 adalah tema 6 yang bertajuk Energi dan Perubahannya.

Agar peserta didik Anda siap menghadapi PTS/UTS, berikut ini adalah rangkuman materi tema 6 kelas 3 semester 2, serta 20 contoh soal tema 6 yang bisa dijadikan bahan latihan.

Materi Tema 6 Kelas 3 Semester 2

Melansir dari Buku Tema 6 berjudul Energi dan Perubahannya yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2018, berikut ini adalah rangkuman materi tema 6 kelas 3 semester 2:

Ada empat subtema yang dipelajari dalam Tema 6, yaitu:

- Subtema 1 – Sumber Energi

- Subtema 2 – Perubahan Energi

- Subtema 3 – Energi Alternatif

- Subtema 4 – Penghematan Energi

Kemudian, bila tema-tema ini dijabarkan dalam mata pelajaran, berikut adalah rangkumannya:

1. PPKN

- Pengertian kewajiban dan hak. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan, dan hak adalah sesuatu yang harus kita terima.

- Kewajiban harus didahulukan daripadai hak. Setelah melaksanakan kewajiban, baru kita akan mendapatkan hak.

- Salah satu kewajiban sebagai warga negara adalah menghemat air dan menjaga serta melestarikan lingkungan. Mengapa demikian, karena lingkungan adalah tempat sumber energi, namun terbatas persediaannya.

- Setiap warga negara berhak memanfaatkan energi, namun setiap warga negara juga wajib memanfaatkan energi untuk hal yang bermanfaat, seperti menggunakan energi untuk belajar, atau petani menggunakan energi untuk menggarap sawah.

2. Bahasa Indonesia

- Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber energi.

- Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis.

- Fotosintesis ini menghasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, sinar matahari juga digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

- Air juga merupakan sumber energi. Tubuh kita memerlukan air sekitar 3 liter tiap hari.

- Air dan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, tumbuhan dan hewan juga merupakan sumber energi, karena sebagian besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.

3. Matematika

- Macam-macam satuan waktu : tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, detik.

- Jumlah hari tiap bulan :Januari: 31 hari

Februari: 28 hari atau 29 hariMaret: 31 hariApril: 30 hariMei: 31 hariJuni: 30 hari Juli: 31 hariAgustus: 31 hariSeptember: 30 hariOktober: 31 hariNovember: 30 hariDesember: 31 hari

- Khusus bulan Februari, setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari.

-Jumlah bulan dalam tahun:

1 tahun = 12 bulan

2 tahun = 24 bulan

3 tahun = 36 bulan

-Jumlah hari dalam minggu:

1 minggu = 7 hari

2 minggu = 14 hari

5 minggu = 35 hari

-Dalam satu hari ada 24 jam. Pukul 00.00 sampai pukul 12.00 dimulai dari tengah malam sampai tengah hari. Setelah pukul 12.00 siang adalah pukul 13.00. Pukul 13.00 dapat disebut pukul 01.00 siang. Dengan demikian pukul 14.00 sama dengan pukul 02.00 siang.

4. SBDP

-Lagu dapat mengungkapkan perasan kita terhadap apa saja.

-Saat melakukan gerakan tari dibutuhkan energi. Besar kecilnya energi yang dikeluarkan tergantung dari kuat lemahnya suatu gerakan.

-Gerakan yang lemah tidak terlalu menguras energi. Tempo musik yang lambat sangat mempengaruhi kuat lemahnya gerakan tari.

-Selain itu ada juga gerakan kuat kaki saat menari. Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan.

-Untuk membuat layang-layang, harus digambar terlebih dahulu dan diberi hiasan agar menarik. Saat menghias layang-layang kita menggunakan garis, bidang, dan warna.

20 Contoh Soal PTS Tema 6 Kelas 3 Semester 2

Berikut ini 20 contoh soal PTS tema 6 kelas 3 yang bisa dijadikan bahan latihan:

Soal Pilihan Ganda

1. Contoh tindakan menghemat air adalah...

a. Mandi terlalu lama

b. Mematikan kran air apabila telah selesai menggunakan

c. Mencuci piring terlalu lama

d. Bermain air sepanjang hari

Jawaban: b

2. Contoh tindakan menghemat energi adalah...

a. Mematikan lampu apabila tidak digunakan

b. Menghidupkan kipas angin setiap saat

c. Bepergian menggunakan mobil

d. Menebang pohon disekitar rumah

Jawaban: a

3. Contoh tindakan tidak memanfaatkan energi ialah...

a. Dokter mengeluarkan tenaga untuk memeriksa pasien

b. Guru mengeluarkan tenaga untuk mengajar murid

c. Energi panas digunakan untuk bermain kembang api

d. Panas matahari digunakan petani untuk mengeringkan padi

Jawaban: c

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 4 dan 5!

Air selalu mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Aliran ini dapat digunakan sebagai sumber energi. Aliran air yang sangat deras merupakan sumber energi gerak. Energi ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Aliran air yang makin banyak dan deras menghasilkan listrik yang makin besar. Pada stasiun pembangkit listrik tenaga air, air biasanya dibendung sehingga permukaannya menjadi tinggi. Pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun di wilayah perbukitan yang sering terjadi hujan. Air dibendung, lalu dialirkan melalui terowongan yang menurun. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator yang berputar menghasilkan energi listrik.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Air biasanya dibangun di daerah: …

a. Pedesaan

b. Perkotaan

c. Daerah terpencil

d. Perbukitan

Jawaban: d

5. Alat yang digunakan untuk menghasilkan listrik tenaga air adalah...

a. Generator

b. Turbin

c. Aerogenerator

d. Panel surya

Jawaban: c

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 6 dan 7!

Angin

Tenaga angin sudah dimanfaatkan orang sejak zaman dahulu kala. Kapal layar dapat berkeliling dunia dengan hanya menggunakan energi angin. Tenaga angin juga digunakan untuk menjalankan mesin penggiling jagung dan pompa air. Kincir angin tradisional ini masih dapat ditemui di Belanda. Saat ini tenaga angin dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Alat yang menghasilkan listrik dari tenaga angin ini disebut juga aerogenerator. Generator ini pada umumnya berbentuk menara. Pada puncak menara dipasang kincir atau baling-baling. Baling-baling berputar saat diterpa angin. Panjang baling-baling ada yang mencapai 20 meter. Perputaran baling-baling inilah yang menyebabkan generator menghasilkan listrik.

6. Pada zaman dahulu tenaga angin dapat dimanfaatkan yaitu kecuali...

a. Sebagai tenaga kapal layar

b. Digunakan untuk menjalankan mesin penggiling jagung

c. Digunakan untuk menjalankan mesin pompa air

d. Digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik

Jawaban: d

7. Alat yang menghasilkan listrik dari tenaga air adalah...

a. Seismograf

b. Fotovoltaik

c. Turbin

d. Aerogenerator

Jawaban: d

8. Siti belajar mulai pukul 14.00 sampai pukul 16.00, lama Siti belajar ialah...

a. 1jam

b. 2jam

c. 3jam

d. 4jam

Jawaban: b

9. Ibu pergi ke pasar pukul 06.30 dan tiba dirumah pukul 07.45, lamanya ibu di pasar ialah...

a. 1 jam 5 menit

b. 1 jam 10 menit

c. 1 jam 15 menit

d. 1 jam 20 menit

Jawaban: c

10. Hari minggu Udin pergi bermain pukul 08.00 sampai pukul 11.00, pada malam hari Udin belajar mulai pukul 17.00 sampai jam 21.00, kegiatan manakah yang paling lama?

a. Bermain dan belajar

b. Belajar dan bermain

c. Belajar

d. Bermain

Jawaban: c

11. Jika iringan musik berirama cepat, maka gerakan kaki harus...

a. Lemah

b. Santai

c. Berhenti

d. Cepat

Jawaban: d

12. Jika menari memerlukan irama maka harus menggunakan....

a. Alat menari

b. Selendang

c. Baju menari

d. Irama lagu

Jawaban: d

Soal isian dan Essay

13. Pukul tujuh malam ditulis...

Jawaban: 19.00

14. Dayu pergi ke toko buku pukul 09.05, lama nya di toko buku ialah 45 menit, setelah itu Dayu langsung pulang, maka Dayu pulang dari toko buku pukul...

Jawaban: 09.50

15. Sebutkan 3 alat musik ritmis!

Jawaban: rebana, marakas, kendang

16. Bagaimana cara melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun menggunakan tongkat berpita?

Jawaban: - Lakukan gerakan berjalan, diawali dengan kaki kiri melangkah ke depan.

- Lalu tangan kanan mengayunkan tongkat pita ke depan.

- Kemudian kaki kanan melangkah ke depan. Tongkat pita diayunkan ke belakang seiring langkah berjalan.

- Setelah itu kedua kaki merapat berdiri.

- Setelah itu kedua lutut ditekuk, simpai diayunkan ke atas.

- Kemudian tongkat pita diayunkan ke belakang lutut diluruskan kembali.

- Badan tegap kembali.

17. Sebutkan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai seorang anak dilingkungan rumah!

Jawaban: - Belajar setiap hari, apabila belajar telah usai mematikan lampu belajar.

- Mandi setiap hari, menggunakan air secukupnya, apabila ember air telah penuh segera matikan kran.

-Ikut membersihkan rumah, menanam pohon supaya udara di lingkungan rumah menjadi sejuk.

18. Sebutkan 3 contoh melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam menggunakan energi!

Jawaban: - Mengeluarkan energi untuk berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki/naik sepeda

- Mengeluarkan energi untuk belajar dengan tekun

- Mengeluarkan energi untuk menolong teman yang sedang dalam kesusahan

Bacalah teks berikut untuk nomor 19 dan 20!

Energi panas bumi

Energi panas bumi adalah panas yang terdapat di dalam bumi. Biasanya, panas bumi muncul di permukaan bumi akibat aktivitas vulkanik (gunung berapi). Oleh sebab itu, di sekitar gunung berapi terdapat tempat-tempat yang menyemburkan gas atau air panas. Terdapat 3 sumber utama panas geotermal, yaitu uap alam, air panas, dan batuan kering panas. Sejauh ini, uap geothermal telah dipakai, terutama untuk pembangkit listrik. Air panas telah dimanfaatkan secara luas untuk pemanasan, tetapi pemakaiannya untuk pembangkit tenaga sedang diteliti. Batuan kering panas adalah sumber panas terbesar masih diteliti untuk penggunaan yang tepat.

19. Apa yang menyebabkan munculnya energi panas bumi?

Jawaban: Yang menyebabkan munculnya energi panas bumi ialah aktivitas vulkanik (gunung berapi)

20. Sebutkan sumber panas geothermal dan jelaskan singkat masing -masing manfaatnya!

Jawaban: - Uap geothermal untuk pembangkit listrik

- Air panas dimanfaatkan untuk pemanasan

- Batuan kering panas adalah sumber panas terbesar

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani