Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 dan Passing Grade

Berikut ini kumpulan contoh soal PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 dan jawabannya, beserta info passing grade P3K 2023 kesehatan.

Contoh Soal PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 dan Passing Grade
Peserta mengikuti ujian SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Contoh soal PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 dalam artikel ini tersaji beserta jawabannya. Karena itu, beberapa contoh soal P3K Perawat tersebut bisa menjadi salah bahan belajar menghadapi seleksi kompetensi PPPK 2023.

Seleksi kompetensi PPPK 2023 bagi semua jenis formasi, termasuk Perawat Ahli Pertama, berlangsung selama 10 November - 4 Desember 2023. Tes kompetensi PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 mencakup 4 materi soal.

Selain materi tes kompetensi teknis, terdapat soal-soal seleksi kompetensi manajerial, tes kompetensi sosio-kultural, dan wawancara. Selain mempelajari contoh soal, pelamar juga perlu mengetahui kisi-kisi materi tes.

Kisi-kisi soal tes kompetensi teknis PPPK 2023 telah diumumkan Kementerian PANRB via surat pengumuman nomor B/2881/M.SM.01.00/2023. Isi pengumuman itu adalah materi pokok tes kompetensi teknis PPPK 2023 untuk semua jenis jabatan fungsional, termasuk perawat ahli pertama.

Daftar materi pokok seleksi kompetensi teknis PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 adalah:

  • Komunikasi Terapeutik Perawat-klien (Kompetensi Umum)
  • Edukasi dalam keperawatan (Kompetensi Umum)
  • Penyelenggaraan praktik etik dan legal dalam pelayanan keperawatan (Kompetensi Umum)
  • Pengkajian keperawatan (Kompetensi Khusus)
  • Diagnosis keperawatan (Kompetensi Khusus)
  • Rencana keperawatan (Kompetensi Khusus)
  • Tindakan keperawatan spesifik kompleks (Kompetensi Khusus)
  • Evaluasi keperawatan (Kompetensi Khusus)
  • Pendokumentasian asuhan keperawatan (Kompetensi Khusus)
  • Pengelolaan pelayanan keperawatan (Kompetensi Khusus)
  • Tindakan pencegahan infeksi (Kompetensi Khusus).

Passing Grade PPPK Perawat 2023

Passing grade PPPK Perawat 2023 perlu diketahui oleh peserta tes kompetensi, terutama pelamar formasi umum. Sesuai ketentuan di Keputusan Menteri PANRB Nomor 648 Tahun 2023, aturan nilai ambang batas syarat lulus PPPK 2023 bagi tenaga kesehatan (termasuk perawat) tidak berlaku untuk pelamar formasi khusus (Eks THK II).

Passing grade PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 mengikuti ketentuan di Keputusan Menteri PANRB Nomor 652 Tahun 2023. Kepmenpanrb 652/2023 mengatur passing grade seleksi kompetensi PPPK 2023 jabatan fungsional, yang mencakup pula nilai ambang batas PPPK Kesehatan 2023 (PPPK Nakes).

Nilai ambang batas PPPK Kesehatan 2023, yang diatur Kepmenpanrb 652/2023, berlaku untuk sejumlah formasi jabatan. Salah satunya adalah Perawat Ahli Pertama.

Beradasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 652 Tahun 2023 [PDF], berikut ini ketentuan passing grade PPPK Perawat Ahli Pertama 2023:

1. Skor maksimal PPPK 2023 dalam tes kompetensi Perawat Ahli Pertama:

  • Skor maksimal Tes Kompetensi Teknis (90 soal): 450
  • Skor maksimal Tes Manajerial dan Sosial-Kultural (45 soal): 180
  • Skor maksimal Tes Wawancara (10 soal): 40
  • Total skor maksimal dalam seleksi kompetensi PPPK 2023 adalah 670.

2. Passing grade PPPK Ahli Pertama 2023:

  • Nilai ambang batas Tes Kompetensi Teknis: 158
  • Nilai Ambang batas Tes Manajerial dan Sosial-Kultural: 117
  • Nilai Ambang batas Tes Wawancara: 24

Contoh Soal PPPK Perawat Ahli Pertama dan Jawaban

Sejumlah contoh soal PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 berikut telah disesuaikan dengan materi pokok seleksi kompetensi teknis yang dirilis Kemenpanrb.

Berikut kumpulan soal PPPK Perawat Ahli Pertama 2023 dan jawabannya:

1. Berikut ini manfaat pengkajian keperawatan, kecuali....

a. Dasar dalam memberikan asuhan keperawatan yang tepat

b. Memahami kondisi klien secara holistik

c. Menyusun rencana pembangunan sarpras faskes

d. Mengidentifikasi masalah kesehatan klien

Jawaban: c

2. Tahapan terakhir dalam langkah-langkah pengkajian keperawatan adalah....

a. Analisis data

b. Pengenalan

c. Pendokumentasian

d. Pengumpulan data

Jawaban: c

3. Di antara keterangan di bawah ini, yang termasuk data subjektif dalam pengkajian keperawatan adalah....

a. Observasi fisik

b. Riwayat kesehatan dari klien

c. Pemeriksaan laboratorium

d. Informasi dari catatan kesehatan

Jawaban: b

4. Apa yang menjadi kesimpulan dari materi pengkajian keperawatan?

a. Tidak penting untuk memberikan asuhan keperawatan

b. Pengkajian yang dilakukan secara sembarang sudah cukup

c. Pengkajian yang dilakukan secara sistematis dan akurat sangat penting

d. Pendokumentasian tidak berpengaruh pada asuhan keperawatan

Jawaban: c

5. Apa saja kegiatan dalam pengkajian keperawatan?

a. Identifikasi Data, Analisis Data, dan Pendokumentasian

b. Pengumpulan Uang, Analisis Data, dan Observasi

c. Identifikasi Data, Evaluasi Data, dan Intervensi

d. Pengenalan, Evaluasi Data, dan Pendokumentasian

Jawaban: a

6. Apa saja komponen utama dari diagnosis keperawatan?

a. Fokus, Sifat, dan Rumusan.

b. Subjektif, Objektif, dan Analisis.

c. Identifikasi, Evaluasi, dan Dokumentasi.

d. Faktor Berhubungan, Jenis, dan Langkah-langkah.

Jawaban: a

7. Di antara keterangan di bawah ini, yang termasuk dalam fokus diagnosis keperawatan adalah....

a. Riwayat kesehatan keluarga klien.

b. Masalah kesehatan fisik klien.

c. Rencana liburan klien.

d. Gaya hidup klien.

Jawaban: b

8. Kegiatan diagnosis keperawatan yang menggambarkan respons klien terhadap masalah yang mungkin terjadi di masa depan adalah....

a. Diagnosa aktual.

b. Diagnosa potensial.

c. Diagnosa sederhana.

d. Diagnosa kompleks.

Jawaban: b

9. Kegiatan diagnosis keperawatan kompleks menggambarkan respons klien terhadap.....

a. Masalah kesehatan sederhana.

b. Masalah kesehatan kompleks.

c. Masalah kesehatan psikoemosional.

d. Masalah kesehatan sosial.

Jawaban: b

10. Langkah pertama dalam merumuskan diagnosis keperawatan adalah....

a. Menganalisis data.

b. Membuat rumusan diagnosis.

c. Mengevaluasi rumusan diagnosis.

d. Mengidentifikasi masalah kesehatan.

Jawaban: a

11. Pengertian dari rencana keperawatan adalah....

a. Rangkaian tindakan spontan untuk klien.

b. Panduan tertulis mengenai tindakan untuk klien.

c. Diagnosis keperawatan yang ditentukan.

d. Proses pengumpulan data kesehatan.

Jawaban: b

12. Berikut ini adalah tujuan rencana keperawatan meliputi aspek-aspek, kecuali.....

a. Memandu dan mengarahkan pemberian asuhan keperawatan.

b. Menjamin asuhan keperawatan yang sesuai dengan kebutuhan klien.

c. Menyediakan resep obat untuk klien.

d. Meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar tenaga kesehatan.

Jawaban: c

13. Fungsi utama rencana keperawatan terhadap perawat adalah....

a. Mengidentifikasi diagnosis keperawatan.

b. Menyusun waktu makan klien.

c. Membantu perawat bekerja secara efektif dan efisien.

d. Menentukan hasil analisis data pengkajian.

Jawaban: c

14. Di antara keterangan di bawah ini, komponen yang tidak termasuk dalam rencana keperawatan adalah....

a. Tujuan, Kriteria hasil, dan Intervensi.

b. Rasional dan Implementasi.

c. Evaluasi dan Langkah-langkah menyusun rencana keperawatan.

d. Diagnosis keperawatan dan Karakteristik rencana keperawatan yang baik.

Jawaban: c

15. Apa yang dimaksud dengan kriteria hasil dalam rencana keperawatan?

a. Tujuan yang ingin dicapai oleh klien.

b. Indikator untuk mengukur pencapaian tujuan.

c. Tindakan yang dilakukan oleh perawat.

d. Evaluasi terhadap pelaksanaan rencana.

Jawaban: b

16. Tujuan evaluasi sumatif dalam kegiatan keperawatan adalah....a. Mengetahui sejauh mana tujuan telah tercapai

b. Mengidentifikasi masalah atau kebutuhan klien yang belum terpenuhi

c. Menilai efektivitas dan efisiensi asuhan keperawatan

d. Memberikan umpan balik untuk pengembangan praktek keperawatan

Jawaban: a

17. Komponen evaluasi keperawatan yang mencakup penilaian terhadap efektivitas intervensi keperawatan disebut dengan istilah....

a. Penilaian terhadap pencapaian tujuan

b. Penilaian terhadap intervensi keperawatan

c. Penilaian terhadap respon klien

d. Penilaian terhadap rencana keperawatan

Jawaban: b

18. Tujuan evaluasi keperawatan yang mencakup identifikasi masalah atau kebutuhan klien yang belum terpenuhi adalah.....

a. Mengetahui sejauh mana tujuan telah tercapai

b. Mengidentifikasi masalah atau kebutuhan klien yang belum terpenuhi

c. Menilai efektivitas dan efisiensi asuhan keperawatan

d. Meningkatkan kualitas asuhan keperawatan

Jawaban: b

19. Kegiatan evaluasi keperawatan yang mencakup penilaian terhadap keseluruhan rencana keperawatan disebut dengan istilah....

a. Penilaian terhadap pencapaian tujuan

b. Penilaian terhadap intervensi keperawatan

c. Penilaian terhadap respon klien

d. Penilaian terhadap rencana keperawatan

Jawaban: d

20. Tujuan evaluasi keperawatan yang mencakup upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan secara keseluruhan adalah....

a. Mengetahui sejauh mana tujuan telah tercapai

b. Mengidentifikasi masalah atau kebutuhan klien yang belum terpenuhi

c. Menilai efektivitas dan efisiensi asuhan keperawatan

d. Meningkatkan kualitas kegiatan asuhan keperawatan

Jawaban: d

21. Berikut ini sejumlah sumber data dalam pengkajian keperawatan, kecuali...

a. Klien

b. Keluarga

c. Catatan kesehatan

d. Teman sejawat para perawat

Jawaban: d

22. Dalam pengkajian keperawatan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah....

a. Menyusun angket online

b. Membaca buku panduan perawatan

c. Observasi

d. Menonton video dokumenter

Jawaban: c

23. Di bawah ini yang termasuk data subjektif dalam pengkajian keperawatan adalah....

a. Observasi fisik

b. Riwayat kesehatan dari klien

c. Pemeriksaan laboratorium

d. Informasi dari catatan kesehatan

Jawaban: b

24. Pengertian dari diagnosis keperawatan adalah....

a. Tahap akhir dari proses keperawatan.

b. Evaluasi respons klien terhadap masalah kesehatan.

c. Penetapan rencana intervensi medis.

d. Proses pengumpulan data kesehatan.

Jawaban: b

25. Tujuan utama diagnosis keperawatan adalah....

a. Menetapkan rencana kepulangan klien.

b. Mengidentifikasi masalah kesehatan klien.

c. Merumuskan kebutuhan nutrisi klien.

d. Menyiapkan komunikasi dengan keluarga klien.

Jawaban: b

26. Karakteristik utama diagnosis keperawatan adalah...

a. Berorientasi pada fisik dan emosi klien.

b. Berfokus pada perubahan gaya hidup klien.

c. Dapat divalidasi.

d. Beorientasi pada hal-hal yang ditangani oleh dokter.

Jawaban: c

27. Berikut ini yang termasuk fokus diagnosis keperawatan adalah....

a. Riwayat penyakit di lingkungan keluarga klien.

b. Masalah kesehatan fisik klien.

c. Rencana biaya perawatan klien.

d. Kebiasaan klien dalam memelihara kesehatan.

Jawaban: b

28. Berikut ini adalah kriteria rumusan diagnosis keperawatan, kecuali....

a. Tepat sesuai data.

b. Komprehensif mencakup semua aspek masalah.

c. Singkat dan mudah dipahami.

d. Panjang, rumit, kompleks.

Jawaban: d

29. Berikut adalah sejumlah manfaat utama dari diagnosis keperawatan, kecuali....

a. Memndorong praktik independen perawat.

b. Mengidentifikasi respons klien terhadap situasi kesehatannya.

c. Memberikan dasar untuk asuhan keperawatan yang tepat.

d. Menyiapkan rekomendasi obat untuk klien.

Jawaban: d

30. Diagnosis keperawatan didasarkan pada masalah yang muncul pada saat pengkajian, yang meliputi sejumlah hal di bawah ini, kecuali....

a. diagnosis aktual

b. risiko potensial

c. rencana pengobatan

d. sindrom

Jawaban: c

31. Pengertian implementasi dalam rencana keperawatan adalah....

a. Pelaksanaan intervensi.

b. Menentukan target.

c. Menyusun waktu pemulihan klien.

d. Penilaian hasil asuhan keperawatan.

Jawaban: a

32. Rencana keperawatan perlu dibuat fleksibel karena....

a. Agar mudah dipahami oleh perawat maupun klien.

b. Untuk disesuaikan dengan perubahan kondisi klien.

c. Agar dapat diterapkan pada semua klien dengan berbagai kondisi.

d. Agar bisa memenuhi ekspektasi klien dan keluarganya.

Jawaban: b

33. Manfaat utama rencana keperawatan bagi perawat adalah....

a. Menentukan hasil analisis data pengkajian keperawatan.

b. Mengidentifikasi diagnosis keperawatan secara tajam.

c. Memberikan panduan asuhan langsung kepada klien dan keluarganya.

d. Membantu mengorganisir waktu dan sumber daya.

Jawaban: d

34. Evaluasi keperawatan yang dilakukan secara berkala selama proses keperawatan berlangsung adalah....

a. Evaluasi formatif

b. Evaluasi sumatif

c. Evaluasi diagnostik

d. Evaluasi intervensi

Jawaban: a

35. Evaluasi keperawatan adalah penilaian untuk membandingkan antara perubahan keadaan klien (pasien) dengan....

a. tujuan dan kriteria hasil sesuai perencanaan.

b. keinginan klien dan keluarganya

c. harapan dokter

d. ekspektasi rumah sakit

Jawaban: a

36. Dalam kegiatan keperawatan, komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang....

a. dilakukan secara sadar, bertujuan dan dipusatkan untuk kesembuhan pasien

b. dilakukan secara spontan, bersifat umum dan tidak memihak

c. dilakukan secara tidak sadar, bersifat khusus dan memihak

d. dilakukan secara acak, bersifat netral dan tidak berorientasi pada tujuan

37. Beriku ini yang termasuk salah satu fungsi komunikasi terapeutik adalah....

a. meningkatkan tingkat kemandirian klien melalui proses realisasi diri, penerimaan diri dan rasa hormat terhadap diri sendiri

b. menurunkan tingkat kemandirian klien melalui proses penolakan diri, penghinaan diri dan rasa rendah diri

c. mempertahankan tingkat kemandirian klien melalui proses stagnasi diri, ketidakpedulian diri dan rasa acuh terhadap diri sendiri

d. mengubah tingkat kemandirian klien melalui proses manipulasi diri, penipuan diri dan rasa curiga terhadap diri sendiri

Jawaban: a

38. Salah satu karakteristik komunikasi terapeutik adalah....

a. bersifat multilateral, yaitu melibatkan banyak pihak selain perawat dan klien

b. bersifat asimetris, yaitu kedudukan perawat lebih tinggi dari klien

c. bersifat unilateral, yaitu hanya perawat yang berbicara dan klien mendengarkan

d. bersifat simetris, yaitu kedudukan perawat dan klien seimbang

Jawaban: d

39. Berikut ini yang termasuk salah satu prinsip komunikasi terapeutik adalah....

a. berjalan secara eksklusif antara pasien dengan perawat sehingga saling menjaga privasi satu sama lainnya

b. berjalan secara efisien antara pasien dengan perawat sehingga saling menghemat waktu satu sama lainnya

c. berjalan secara efektif antara pasien dengan perawat sehingga saling menghargai satu sama lainnya

d. berjalan secara ekstensif antara pasien dengan perawat sehingga saling memberikan informasi satu sama lainnya

Jawaban: c

40. Salah satu teknik komunikasi terapeutik adalah....

a. memberikan saran, yaitu memberikan pendapat atau nasihat kepada klien tentang apa yang harus dilakukan

b. memberikan umpan balik, yaitu memberikan tanggapan atau respon kepada klien tentang apa yang telah dikomunikasikan

c. memberikan pujian, yaitu memberikan penghargaan atau sanjungan kepada klien tentang apa yang telah dilakukan

d. memberikan bantuan, yaitu memberikan dukungan atau pertolongan kepada klien tentang apa yang dibutuhkan

Jawaban: b

41. Tindakan pencegahan infeksi yang paling sederhana dan efektif adalah....

a. mencuci tangan

b. memakai sarung tangan

c. memakai masker

d. memakai baju lengkap

Jawaban: a

42. Tindakan pencegahan infeksi yang harus dilakukan apabila melakukan kontak dengan darah/cairan tubuh, membrane mukosa, atau kulit yang tidak utuh pada semua pasien adalah.....

a. mencuci tangan

b. memakai sarung tangan

c. memakai cairan disenfektan

d. menjalani vaksinasi

Jawaban: b

43. Tindakan pencegahan infeksi yang harus dilakukan untuk menghindari penularan melalui udara adalah....

a. memakai masker

b. memakai sarung tangan

c. mengenakan face shield

d. menghindari ruangan tertutup

Jawaban: a

44. Tindakan pencegahan infeksi yang harus dilakukan untuk menghindari kontaminasi silang melalui peralatan perawatan pasien adalah....

a. mencuci semua alat yang disentuh

b. memakai baju zirah

c. memakai pelindung lengkap

d. membersihkan dan mendisinfeksi peralatan perawatan pasien

Jawaban: d

45. Tindakan pencegahan infeksi yang harus dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh pasien adalah …

a. merencanakan diet khusus

b. meningkatkan konsumsi vitamin D

c. memakai masker, baju zirah, dan pelindung lengkap

d. memberikan imunisasi/vaksinasi

Jawaban: d.

46. Pengelolaan pelayanan keperawatan adalah proses...

a. penggunaan sumber daya yang efisien melalui pengawasan dan pengendalian kualitas perawat klinis dengan sistem administratif untuk mengembangkan standar yang tinggi dan konsisten bagi pelayanan keperawatan

b. penggunaan komunikasi yang efektif melalui koordinasi dan kolaborasi perawat klinis dengan sistem informasi untuk mengembangkan hubungan yang harmonis dan profesional bagi pelayanan keperawatan

c. penggunaan pengetahuan yang efektif melalui pendidikan dan penelitian perawat klinis dengan sistem akademik untuk mengembangkan kompetensi yang relevan dan mutakhir bagi pelayanan keperawatan

d. penggunaan waktu yang efektif melalui perencanaan dan pengaturan kinerja perawat klinis dengan sistem manajerial untuk mengembangkan tujuan yang jelas dan realistis bagi pelayanan keperawatan

Jawaban: d

47. Pelayanan keperawatan di rumah sakit dikelola oleh bidang perawatan yang terdiri dari 3 tingkatan manajerial, yaitu ...

a. manajemen puncak (kepala bidang keperawatan), manajemen menengah (kepala unit pelayanan atau supervisor), dan manajemen bawah (kepala ruang perawatan)

b. manajemen puncak (kepala rumah sakit), manajemen menengah (kepala bidang keperawatan), dan manajemen bawah (kepala unit pelayanan atau supervisor)

c. manajemen puncak (kepala departemen keperawatan), manajemen menengah (kepala rumah sakit), dan manajemen bawah (kepala bidang keperawatan)

d. manajemen puncak (kepala unit pelayanan atau supervisor), manajemen menengah (kepala ruang perawatan), dan manajemen bawah (kepala bidang keperawatan)

Jawaban: a

48. Manajemen keperawatan yang efektif seharusnya bisa memfasilitasi pekerjaan perawat pelaksana yang meliputi ...

a. penggunaan proses administrasi dalam setiap aktivitas asuhan keperawatannya, melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan perintah dokter yang ditetapkan, menerima tanggung jawab kegiatan keperawatan dan hasil-hasil keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat, serta mampu mengendalikan lingkungan kerja keperawatan

b. penggunaan proses komunikasi dalam setiap aktivitas asuhan keperawatannya, melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan kebutuhan klien yang ditetapkan, menerima umpan balik kegiatan keperawatan dan hasil-hasil keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat, serta mampu mengendalikan lingkungan sosial keperawatan

c. penggunaan proses keperawatan dalam setiap aktivitas asuhan keperawatannya, melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan diagnosa keperawatan yang ditetapkan, menerima akuntabilitas kegiatan keperawatan dan hasil-hasil keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat, serta mampu mengendalikan lingkungan praktek keperawatan

d. penggunaan proses pendidikan dalam setiap aktivitas asuhan keperawatannya, melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan standar keperawatan yang ditetapkan, menerima evaluasi kegiatan keperawatan dan hasil-hasil keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat, serta mampu mengendalikan lingkungan akademik keperawatan

Jawaban: c

49. Pengorganisasian pelayanan keperawatan adalah proses...

a. pengelompokan kegiatan terhadap tugas, wewenang, tanggung jawab dan koordinasi kegiatan baik vertikal maupun horizontal yang dilakukan oleh tenaga keperawatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

b. penentuan kegiatan terhadap sasaran, strategi, indikator dan evaluasi kegiatan baik kuantitatif maupun kualitatif yang dilakukan oleh tenaga keperawatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

c. penyesuaian kegiatan terhadap situasi, kondisi, permasalahan dan solusi kegiatan baik internal maupun eksternal yang dilakukan oleh tenaga keperawatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

d. peningkatan kegiatan terhadap mutu, efektivitas, efisiensi dan produktivitas kegiatan baik individu maupun kelompok yang dilakukan oleh tenaga keperawatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Jawaban: a

50. Salah satu manfaat pengorganisasian pelayanan keperawatan adalah...

a. meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang bermutu

b. meningkatkan kerja sama dan koordinasi tenaga keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang efektif

c. meningkatkan motivasi dan kepuasan tenaga keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang profesional

d. meningkatkan kesejahteraan dan kinerja tenaga keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan yang efisien

Jawaban: b

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Addi M Idhom