tirto.id - Kompetisi Sains Madrasah (KSM), lomba sains nasional yang digagas oleh Kementerian Agama, kembali digelar pada 2024. Siswa jenjang MI hingga MA bisa mengikuti kompetisi ini.
Jadwal KSM 2024 tingkat kabupaten akan berlangsung pada awal Juli, tepatnya tanggal 1-3. Lokasi ujiannya ditentukan oleh komite kabupaten/kota masing-masing.
KSM MTs 2024 terdiri atas tiga mata pelajaran, yakni Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi. Khusus di bidang sosial, siswa bisa mempelajari beberapa contoh soal KSM IPS MTs dari tahun-tahun sebelumnya sebagai referensi.
Meskipun tidak pasti, beberapa pola soal ksm IPS MTs 2023 tingkat kabupaten berpotensi berulang di edisi 2024. Namun, siswa juga mesti mencermati pembahasan soal KSM IPS MTs tahun-tahun yang lain.
Kisi-Kisi Soal KSM IPS Terintegrasi untuk Jenjang MTs
Merujuk pada dokumen Petunjuk Teknis KSM 2024, jumlah soal KSM Mts 2024 untuk setiap materi adalah 30 butir. Jumlah tersebut terdiri atas 6 soal sains integrasi keislaman, budaya, dan sains murni.
Adapun contoh soal KSM IPS MTs yang disajikan di artikel ini sudah disesuaikan dengan kisi-kisi materi yang akan diujikan nanti. Berdasarkan Petunjuk Teknis KSM 2024, berikut daftar materi KSM IPS Terintegrasi untuk jenjang MTs.
- Interaksi antar ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan di wilayah Indonesia.
- Interaksi sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dalam ekonomi dan budaya serta nilai dan norma yang mendasari pembentukan lembaga sosial.
- Interaksi antara manusia dan ruang terkait kegiatan ekonomi.
- Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, Hindu, Buddha, dan Islam.
- Perubahan keruangan dan interaksi antar-ruang yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya dalam sains juga agama terhadap kelangsungan kehidupan di negara ASEAN.
- Perubahan dan kesinambungan ruang dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
- Perubahan keruangan dan interaksi antar-negara negara Asia dan negara-negara di benua lainnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia.
- Ketergantungan antar-ruang dilihat dari konsep ekonomi dan pengaruhnya terhadap dinamika
penduduk.
- Perubahan dan kesinambungan ruang dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.
Contoh Soal KSM IPS MTs 2024 dan Kunci Jawabannya
Sebagai bahan belajar, siswa bisa mengerjakan bocoran soal KSM IPS MTs 2023, 2022, 2021, dan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini penting agar siswa mengetahui pola soal yang akan keluar saat lomba.
Berikut akan disajikan beberapa contoh soal KSM IPS Terbaru MTS Tahun 2024, yang diambil dari kompetisi tahun-tahun sebelumnya.
Untuk menjawab contoh soal KSM IPS MTs nomor 1, baca teks berikut!
Keberagaman suku, agama, dan ras bangsa Indonesia merupakan keunikan tersendiri yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Namun, tidak sedikit pula konflik yang terjadi akibat keberagaman itu sendiri. Untuk itu, dibutuhkan upaya menciptakan kerukunan antar umat agar dapat menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.
“Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga antar-umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional, karena kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Minggu (14/02/21).
1. Berdasarkan nilai-nilai al-Qur’an, kesimpulan yang tepat untuk berita di atas adalah proses interaksi mengamalkan ....
A. prinsip ta’awun
B. prinsip al-syu’ub
C. prinsip al-nahdah
D. prinsip ta’aruf
Jawaban: B
2. Isma merupakan peternak ikan. Ia menebar pakan setiap hari agar ikannya segera besar dan bisa dijual sehingga ia bisa mendapat untung. Sehari-hari, ia dibantu oleh adiknya bernama Ila.
Isma dan Ila menerapkan konsep dalam Al-Qur'an yang termuat dalam surat ... ayat....
A. An-Nahl ayat 14
B. Al-Furqan ayat 53
C. Al-Maidah ayat 96
D Al-Isra ayat 69
Jawaban: A
Untuk menjawab latihan soal KSM IPS MTs nomor 3, cermati ayat 1 surat Al-Maidah berikut!
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ
3. Prinsip yang tecermin dari ayat di atas adalah....
A. Prinsip kehalalan barang
B. Prinsip transaksi
C. Prinsip kepercayaan pada klien dalam transaksi
D. Prinsip tentang ternak
Jawaban: A
Untuk menjawab contoh soal KSM IPS Mts 2023 tingkat kabupaten di bawah ini, cermati hadis berikut!
يَا رَسُولَ اللهِ ، إِنِّي أَشْتَرِي بُيُوعًا فَمَا يَحِلُّ لِي مِنْهَا ، وَمَا يُحَرَّمُ عَلَيَّ قَالَ : فَإِذَا اشْتَرَيْتَ بَيْعًا ، فَلاَ تَبِعْهُ حَتَّى تَقْبِضَهُ
4. Hadis di atas menekankan perihal apa dalam transaksi jual-beli?
A. Jual beli barang halal
B. Jual beli harus sesuai tampilan yang diberikan
C. Jual beli harus didasarkan pada barang yang benar-benar ada
D. Jual beli boleh utang
Jawaban: C
5. Prasasti Yupa merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Kutai, yaitu tugu batu yang merupakan warisan nenek moyang dari zaman Megalitikum berbentuk Menhir, dengan fungsi utama adalah tempat pemujaan ....
A. Siwa
B. Brahma
C. Krisna
D. Wisnu
Jawaban: A
6. Pendidikan merupakan salah satu saluran penyebaran Islam di nusantara, salah satu fakta historis yang menunjukkan penggunaan saluran itu adalah ....
A. Digunakannya pondok pesantren oleh Wali Songo sebagai pusat pendidikan dan dakwah Islam di Indonesia
B. Diutusnya Datuk Ribandang oleh Sunan Giri untuk mendirikan pesantren di Gowa-Tallo dan Kalimantan Timur
C. Digunakannya sekolah-sekolah oleh Datuk Ribandang untuk mengislamkan kerajaan Gowa Tallo dan Kalimantan Timur
D. Diutusnya Sunan Giri oleh Sunan Ampel untuk mendirikan pondok pesantren di wilayah Gresik dan Tuban
Jawaban: A
7. Bangunan Masjid di Sumatera Barat tersebut beratap tumpang yang khas arsitektur tradisional Minangkabau. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan atap tumpeng tiga pada gambar masjid di atas ….
A. menjadi dasar pertimbangan dalam pembangunan masjid di Nusantara
B. menjadi salah satu saluran bagi penyebaran agama Islam di Nusantara
C. menjadi salah satu penanda akulturasi antara agama dengan budaya
D. menjadi lambang menyatunya peran agama dalam kehidupan masyarakat
Jawaban: C
8. Pada suatu pasar grosir, ketika harga cabe keriting hijau per 1 kg Rp55.000,00, maka jumlah yang dijual pedagang sebanyak 25 kg per hari. Adanya kenaikan harga menjadi Rp10.000,00 per 1 kg membuat pedagang ingin menambah penjualan cabe keriting hijau menjadi 35 kg per hari. Berdasarkan narasi di atas, hukum ekonomi yang berlaku adalah ….
A. hukum penjualan
C. hukum pertukaran
D. hukum permintaan
Jawaban: D
Untuk bisa menjawab contoh soal KSM IPS Terpadu MTs tahun 2024 nomor 9 berikut, baca hadis di bawah ini!
انْصُرْ أخاكَ ظالِمًا أوْ مَظْلُومًا فقالَ رَجُلٌ: يا رَسولَ اللَّهِ، أنْصُرُهُ إذا كانَ مَظْلُومًا، أفَرَأَيْتَ إذا كانَ ظالِمًا كيفَ أنْصُرُهُ؟ قالَ: تَحْجُزُهُ، أوْ تَمْنَعُهُ، مِنَ الظُّلْمِ فإنَّ ذلكَ نَصْرُهُ.
9. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari di atas, prinsip interaksi sosial yang tepat adalah
A. Saling memperkuat diri
B. Saling tolong-menolong dalam keadaan apa pun
C. Saling menghormati
D. Saling mendukung satu sama lain
Jawaban: B
10. Bani Abbasiyah meninggalkan variabel sosial yang penting untuk kemajuan peradaban masyarakat Islam di Abad 13. Institusi sosial yang sama dapat ditemukan pada tumbuhnya rasa kebangsaan di kalangan masyarakat Indonesia di awal abad 20 yang secara tidak langsung dihasilkan dari ....
A. tumbuhnya organisasi pergerakan
B. politik etis pemerintah kolonial
C. rasa senasib sepenanggungan
D. berita di media milik pribumi
Jawaban: C
11. Masalah slum adalah konsekuensi dari keterbukaan kota sebagai tempat tinggal yang terjadi seiring dengan tingginya laju migrasi masyarakat dari pedesaan yang kebanyakan memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Fenomena sosial pemukiman seperti ini dipicu oleh ...
A. keterkejutan budaya
B. pergeseran profesi
C. kesenjangan pengetahuan
D. distribusi pendapatan
Jawaban: C
12. Sebagai supplier bahan makanan bayi, Pak Amin hampir satu bulan sekali mengirimkan bahan makanan tersebut ke kota Darussalam. Namun, musim penghujan berkepanjangan mengakibatkan jalan di kota itu mengalami kerusakan parah sehingga tidak bisa dilalui oleh armada
milik pak Amin. Akibatnya pak Amin memutuskan untuk mengalihkan ke wilayah lain untuk menekan kerugian. Berdasarkan ilustrasi di atas, interaksi keruangan yang terjadi adalah ….
A. intervening opportunity
B. complementarity
C. transformation
D. transferablity
Jawaban: A
Untuk menjawab contoh soal KSM IPS Mts 2023 nomor 13 di bawah ini, bacalah teks berikut terlebih dahulu!
Nasrudin adalah pengusaha kaya yang tinggal di sebuah kampung dengan penduduk mayoritas miskin. Menyikapi kondisi itu, Nasrudin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu biaya pendidikan anak-anak tetangganya yang miskin tadi hingga dapat kuliah gratis. Berkat hal itu, anak-anak tetangga Nasrudin tadi bisa mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan bergengsi, menjadi PNS, menempati posisi jabatan penting di dalam pemerintahan, dan ada pula yang sukses menjalankan usaha.
13. Situasi yang dialami anak-anak tetangga Nasrudin itu dapat digolongkan sebagai.....
A. Mobilitas Sosial Intra-Generasi
B. Mobilitas Sosial Horizontal
C. Mobilitas Sosial Vertikal Naik
D. Mobilitas Sosial Antar-generasi
Jawaban: C
14. Aisyah membeli beras di pasar karena lebih murah jika dibandingkan dengan harga di supermarket. Beras itu kemudian diberikan kepada tetangganya yang tergolong kelompok fakir miskin.
Motif tindakan Aisyah itu bisa digolongkan sebagai.....
A. Motif budaya
B. Motif ekonomi
C. Motif sosial
D. Motif agama
Jawaban: B
15. Syarifudin mengganti jenis tanaman ladangnya usai mengalami kegagalan panen saat terjadi ketidakpastian cuaca pada tahun tanam sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan manusia dipengaruhi oleh...
A. Faktor alam
B. Faktor sosial
C. Faktor ekonomi
D. Faktor budaya
Jawaban: A
16. Pengaruh Islam di Nusantara mulai berkembang sejak abad ke-13 M. Nilai-nilai ajaran Islam yang masuk ke Nusantara kala itu dipengaruhi oleh kebudayaan yang dibawa para pedagang Arab dan India. Perkembangan Islam di Indonesia ini menunjukkan...
A. Letak astronomi berpengaruh terhadap budaya penduduk
B. Letak astronomi berpengaruh terhadap mata pencaharian
C. Letak geografis berpengaruh terhadap mata pencaharian
D. Letak geografis berpengaruh terhadap budaya penduduk
Jawaban: D
17. Setiap muslim dianjurkan untuk tidak menyia-nyiakan makanan sebagai bentuk dari sikap menghindari muspra. Nilai ajaran Islam dapat diimplementasikan jika...
A. Konsumsi berdasarkan jumlah pendapatan
B. Konsumsi dilakukan sesuai status sosial
C. Konsumsi dilakukan tidak berlebihan
D. Konsumsi mengikuti prinsip ekonomi
Jawaban: D
18. Najib memberikan pinjaman tanpa bunga kepada sejumlah santri pesantren di dekat rumahnya yang berniat menjalankan usaha informal berupa menjual buku-buku agama Islam. Dalam konteks ini, tindakan Najib sangat tepat karena usaha informal...
A. Mudah dijalankan
B. Bisa meningkatkan devisa negara
C. Tidak memerlukan alat yang canggih
D. Tidak membutuhkan pendidikan khusus
Jawaban: D
19. Ichsanuddin bekerja sebagai penjual kopi. Untuk memaksimalkan margin dan menjaga kualitas rasa, dia melakukan pengolahan sendiri kopi yang dijualnya. Ichsanuddin dapat dikategorikan sebagai...
A. Produsen negara
B. Produsen swasta
C. Produsen perusahaan
D. Produsen rumah tangga
Jawaban: D
20. Islam berkembang di Indonesia dengan beragam strategi dakwah dari para ulama di masa lalu. Salah satu strategi itu adalah dengan penciptaan karya sastra dan pertunjukan seni yang mengelaborasi karya periode sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa...
A. Terjadi asimilasi antara Islam dengan budaya lokal
B. Islam identik sama dengan budaya lokal
C. Islam menyesuaikan dengan setting budaya lokal
D. Islam bersinergi dengan budaya lokal
Jawaban: A
21. Periode food producing adalah tahap perkembangan peradaban manusia yang ditandai oleh kemampuan memproduksi barang kebutuhan pangan tanpa berburu dan meramu. Jika dikaitkan dengan ajaran Islam, konsep ini bersesuaian dengan cerita...
A. Tafsir mimpi Nabi Yusuf
B. Persembahan Habil dan Qobil
C. Istana Nabi Sulaiman
D. Pembuatan perahu Nabi Nuh
Jawaban: B
22. Aceh termasuk daerah di Indonesia yang rawan bencana tsunami. Catatan sejarah menunjukkan, ada perubahan pola pemukiman warga dari dataran rendah ke tinggi dan sebaliknya di Aceh. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa...
A. Masyarakat Aceh belajar dari pengalaman kebencanaan
B. Budaya masyarakat Aceh memandu berkembangnya pemukiman
C. Pemukiman masyarakat Aceh mengikuti kebijakan negara/kerajaan
D. Pemukiman masyarakat Aceh mengikuti letak ketinggian daratan
Jawaban: A
23. Dampak perang dagang China dan Amerika Serikat berimbas pada turunnya daya beli petani Karet di Indonesia. Kondisi ini terjadi karena.....
A. Produksi karet alam mengalami kenaikan
B. Penawaran adanya barang subtitusi karet
C. Konsumsi karet alam di China naik
D. Permintaan karet alam dari China menurun
Jawaban: D
24. Transmigrasi menjadi salah satu bentuk praktik politik etis pemerintah kolonial Hindia Belanda pada awal abad ke-19. Faktanya, kebijakan itu dilakukan untuk....
A. Menyediakan tenaga kerja perkebunan di luar Jawa
B. Mengatasi kesenjangan sosial-ekonomi di Jawa
C. Menyejahterakan penduduk di lokasi transmigrasi
D. Mengurangi kepadatan penduduk di Jawa
Jawaban: A
25. Jalan Pos Daendels yang membentang dari Anyer hingga Panarukan dibangun pada era Kolonial Belanda. Berikut yang bukan termasuk fungsi awal jalan itu adalah....
A. Untuk pertunjukan seni dan budaya
B. Untuk mobilitas militer
C. Untuk mendukung aktivitas ekonomi
D. Untuk memperlancar arus transportasi
Jawaban: A
26. Liberalisasi ekonomi dunia memungkinkan ekspansi satu unit usaha bisnis global di Indonesia, seperti industri ritel fastfood. Brand yang termasuk jenis usaha ini adalah...
A. Pizza Hut, Hoka-Hoka Bento, dan Fanta
B. McDonald, KFC, dan Coca-Cola
C. Dunkin Donuts, KFC, dan Pizza Hut
D. CFC, McDonald, dan Carrefour
Jawaban: C
27. Seorang siswa SD berusia 8 tahun mempunyai kebiasaan buruk berupa merokok. Hal itu terjadi karena dia mencontoh perilaku sang ayah. Faktor yang memengaruhi interaksi sosial dalam contoh kasus tersebut adalah......
A. Identifikasi
B. Simpati
C. Sugesti
D. Imitasi
Jawaban: D
Untuk menjawab soal KSM IPS MTS tingkat kabupaten nomor 28, baca teks berikut!
Risa adalah siswa SMP yang biasa menerima uang saku Rp10.000 per hari dari orang tuanya. Suatu hari, ia meminta uang saku lebih hingga Rp30.000 karena harus menjalani kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sampai malam. Tambahan uang saku itu untuk makan di luar rumah, serta mengantisipasi jika dia tidak bisa naik angkot karena pulang kelewat malam sehingga harus memakai jasa ojek online.
28. Tindakan Risa meminta tambahan uang saku itu didasari oleh motif......
A. Mencari keuntungan
B. Berjaga jaga
C. Spekulasi
D. Sosial
Jawaban: B
Untuk menjawab contoh soal KSM IPS MTs nomor 29, simak poin-poin berikut!
(1) Akar tanaman yang menerobos ke dalam celah retakan batuan mengakibatkan batuan menjadi rapuh dan hancur
(2) Binatang membantu melebarkan retakan batuan serta menyebabkan lapisan batuan di bawah tanah terkoyak hingga kemudian melapuk
(3) Pembukaan lahan pertanian dan pembangunan fisik menyebabkan batuan permukaan tanah melapuk
(4) Asam organik dari sisa tanaman mati dan akar tumbuhan bisa memicu dekomposisi batuan
(5) Kotoran organik dari binatang serta organisme dapat membantu pelapukan batuan
(6) Gas SO2 dan NO hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dapat larut dalam air dan dapat menimbulkan hujan asam yang menyebabkan pelapukan
29. Dari pernyataan di atas yang merupakan proses pelapukan biofisik pada batuan adalah....
A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (3) dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)
Jawaban: A
Untuk menjawab contoh soal KSM IPS MTs nomor 30, simak ciri-ciri berikut!
(1) Tinggal di gua
(2) Mulai hidup menetap
(3) Muncul sistem perkampungan
(4) Mengumpulkan makanan dari hutan
(5) Mengenal sistem barter
30. Ciri ciri kehidupan masyarakat di periode bercocok tanam adalah nomor...
A. (1), (2) dan (3)
B. (2), (3) dan (4)
C. (2), (3) dan (5)
D. (3), (4) dan (5)
Jawaban: C
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Fadli Nasrudin