Cara Merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023 Bersama Anak

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 29 Agu 2023 12:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023 bersama anak bisa dengan belajar tentang hiu paus hingga meramaikan media sosial.
tirto.id - Hari Hiu Paus Internasional alias International Whale Shark Day dirayakan setiap tanggal 30 Agustus. Tahun ini, peringatan Hari Hiu Paus Internasional 2023 akan jatuh pada Rabu (30/8/2023).

Hari Hiu Paus Internasional 2023 bisa dirayakan bersama anak. Cara merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023 bersama anak bisa dengan belajar tentang hiu paus hingga meramaikan media sosial.

Hari Hiu Paus Internasional telah diperingati selama 14 tahun terakhir. Dikutip dari Save Our Seas Foundation, Hari Hiu Paus Internasional diperingati dalam rangka melestarikan keberadaan hiu paus yang terancam punah karena perubahan lingkungan.

Hiu paus sendiri adalah spesies ikan terbesar di dunia. Mereka memiliki berat mencapai 20 ton dan dapat tumbuh panjang hingga 14 meter atau sebesar bus. Meskipun disebut sebagai hiu paus, hewan ini sama sekali tidak berkerabat dengan paus.

International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) telah memasukkan hiu paus ke dalam daftar merah hewan yang terancam punah secara global. Hal ini karena populasinya terus menurun hingga lebih dari 50 persen dalam 75 tahun terakhir.

Populasi hiu paus juga mengalami penurunan di wilayah Indo-Pasifik yang menjadi salah satu habitat hiu paus terbanyak di dunia. Oleh karena itu, dibuatlah hari khusus untuk memperingati kelestarian hiu paus.

Melalui peringatan Hari Hiu Paus Internasional masyarakat global diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dan mencegah kepunahan hiu pasu.


Cara Merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023 Bersama Anak


Orang tua sangat disarankan merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023 bersama anak. Perayaan ini dilakukan untuk menanamkan pendidikan terkait lingkungan kepada anak yang merupakan generasi penerus.

Cara merayakan Hari Hiu Paus Internasional bersama anak dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan. Selain itu, orang tua mengajarkan anak betapa pentingnya keberadaan hiu paus sebagai salah satu keberagaman spesies laut dan perannya di dalam rantai makanan.

Dikutip dari National Today, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023:

1. Mengajarkan anak tentang hiu paus

Mengajarkan anak tentang hiu paus dapat dilakukan orang tua selama merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023.

Ajarkan anak-anak tentang apa itu hiu paus, mulai dari ciri-ciri, habitat, makanan, dan keunikannya. Informasi tentang hiu paus yang menarik bisa diperoleh dari buku bergambar, ensiklopedia anak, internet, hingga film dokumenter.

Faktanya, hiu paus adalah hewan yang menarik. Meskipun ukurannya lebih besar dari sepupunya, hiu, hiu paus lebih tenang dan lembut. Ia juga memiliki ciri khas berupa totol-totol di sekujur tubuhnya yang sifatnya mirip seperti sidik jari manusia.

Hiu paus juga dikenal sebagai hewan yang bersahabat dan suka menggendong manusia di punggungnya.

2. Menonton film tentang hiu paus

Kegiatan menonton film tentang hiu paus juga bisa dilakukan untuk merayakan Hari Hiu Paus Internasional 2023. Pilihlah beberapa jenis film yang menampikan hiu atau hiu paus dan cocok untuk anak-anak.

Dikutip dari Romper, ada beberapa contoh film anak-anak yang menampilkan karakter hiu dan hiu paus, seperti Shark Tale, Finding Dory, Shark Bait, The Reef, dan lain-lain.


3. Pergi ke akuarium kota

Ajak anak-anak mengenal lebih banyak tentang lingkungan laut dengan pergi ke akuarium kota. Kegiatan pergi ke akuarium membantu anak mengenal tentang beragam hewan-hewan laut, yang saling bergantung untuk membentuk kehidupan di Bumi.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi momen berwisata dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

4. Mengajarkan anak untuk mengurangi penggunaan plastik

Lau, yang menjadi habitat hiu paus harus dijaga kebersihan dan kelestariannya. Menjaga kelestarian laut bisa dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan plastik.

Masih berdasarkan data dari IUCN, setiap tahun ada lebih dari 14 juta ton plastik yang mencemari lautan. Sebanyak 80 persen sampah yang ada di lautan berasal dari plastik.

Padahal plastik dapat menyebabkan cedera parah pada hewan-hewan laut termasuk hiu paus. Apabila tertelan, sampah plastik dapat menyebabkan kematian pada hiu paus.

Oleh karena itu, mengurangi penggunaan plastik dan melakukan daur ulang terhadap limbah plastik dapat membantu menurunkan risiko kematian pada hewan laut seperti hiu paus.

5. Meramaikan media sosial

Ajak anak ikut serta meramaikan media sosial dengan mengunggah konten berkaitan dengan hiu paus. Misalnya, berfoto dengan mengenakan pakaian bertema lautan atau bergambar hiu paus dan mengunggahnya ke media sosial.

Tambahkan juga pesan ajakan melestarikan lingkungan laut untuk menyebarkan kesadaran kepada sesama.


Baca juga artikel terkait HARI HIU PAUS INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight