Cara Cek IMEI & Statusnya di Hp Samsung, Xiaomi, OPPO, dan iPhone

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 4 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Nomor IMEI di hp Android dapat dicek melalui setting dan menu USSD, statusnya cek di situs web Kemenperin.
tirto.id - Pemerintah sedang merampungkan regulasi tentang IMEI agar ponsel black market (BM) atau ilegal tak lagi beredar di Indonesia. IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik di setiap perangkat ponsel yang berlaku secara inetrnasional.

Nomor IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit. Nomor ini bukan sekadar untuk keperluan dagang, tapi juga untuk kemanan ponsel yang dipakai.

Melansir Antara, Kamis (4/7/2019), saat ponsel dicuri, pemiliknya dapat melaporkan nomor IMEI perangkatnya ke operator seluler agar nomor ponselnya diblokir. Pencuri juga dimungkinkan tak dapat menggunakan ponsel itu.

Pengguna juga dapat melaporkan nomor IMEI ponsel ke kepolisian untuk dilacak. Menurut Samsung, IMEI seringkali disalahgunakan oleh pelaku kriminal, misalnya dengan mengganti nomor IMEI terblokir dengan yang masih aktif agar ponsel tetap bisa dipakai.

Oleh karenanya disarankan pemilik ponsel tak menyebarkan nomor IMEI mereka.


Cara Cek Nomor IMEI Ponsel

Sejumlah vendor ponsel menempelkan stiker nomor IMEI di belakang ponsel. Jika tak menempel di bodi ponsel, maka IMEI bisa ditemukan di kardus ponsel bagian luar.

Jika dijumpai di bodi ponsel, pindahkan stiker itu ke kardus ponsel demi alasan keamanan. Misalnya stiker itu pudar atau terkelupas karena penggunaan sehari-hari.

Untuk ponsel "lawas" atau yang casing belakangnya dapat dibuka (non-unibody), nomor IMEI juga dapat dijumpai di belakang baterai. Apabila kardus ponsel hilang, pengguna dapat mengecek nomor IMEI melalui cara tertentu di ponsel.

Android

Di sejumlah merek hp Android seperti Samsung, OPPO, Xiaomi, ASUS, Lenovo, Vivo, Realme, LG, dan lain sebagainya, umumnya tersedia dua cara dalam cek nomor IMEI.

Pertama, dengan masuk ke menu Setting kemudian pilih About Phone. Nantinya nomor IMEI ponsel akan tertera di sana. Sedikit catatan, beberapa ponsel tertentu ada kalanya harus masuk ke sub-menu untuk menemukan nomor IMEI.

Kedua, nomor IMEI ponsel juga dapat diketahui dengan mengetik *#06# di menu telepon (USSD). Nomor IMEI ponsel akan muncul di layar usai "kode" itu diakses.

iOS

Untuk perangkat dengan sistem operasi iOS khususnya iPhone, caranya hampir sama, yakni dengan masuk ke Setting lalu pilih General kemudian About. Di menu ini akan dijumpai informasi seputar ponsel termasuk nomor IMEI.

Cara kedua juga sama dengan perangkat Android dengan mengakses *#06# di menu telepon.


Cara Cek Status IMEI

Saat regulasi pemblokiran gawai ilegal rampung, Kemenkoninfo akan meminta para operator seluler melakukan pengawasan terhadap IMEI dan melakukan pemblokiran terhadap IMEI yang tak terdaftar oleh Kementerian Perindustrian.

Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Ismail mengatakan, kebijakan tersebut nantinya hanya akan menyasar pada gawai yang masih beredar di pasar dan bukan yang sudah digunakan oleh masyarakat.

Artinya, kebijakan pemblokiran itu hanya akan menyasar para importir "nakal" yang dibawa ke Indonesia tanpa menyetorkan bea masuk atau diselundupkan.

“Intinya kami akan mengakomodasi seluruh ponsel yang sudah beredar sekarang. Yang ada sekarang masyarakat sudah gunakan dan ada tidak akan terdampak,” kata Ismail pada 3 Juli 2019.

Kementerian Perindustrian sendiri membuat sistem untuk mengecek status atau legalitas nomor IMEI oleh pemilik perangkat melalui situs web kemenperin.go.id/imei. Namun, laman itu belum dapat diakses lantaran masih sedang dikembangkan.

"Agar kami dapat memberi pelayanan yang terbaik untuk anda, saat ini kami sedang menyiapkan laman khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut akan kami sampaikan kemudian," tulis laman Kemenperin saat diakses Kamis (4/7/2019).


Baca juga artikel terkait IMEI atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
DarkLight