tirto.id - Soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 mencakup materi pengantar ilmu ekonomi, kegiatan ekonomi, pasar, dan lembaga keuangan. Semua bab tentang ilmu ekonomi tersebut memang diajarkan kepada siswa kelas 10 di pertengahan semester 2.
Hal ini karena berdasarkan Kurikulum Merdeka, siswa kelas 10 tidak diajarkan mata pelajaran (mapel) Ekonomi secara khusus. Di tingkat awal SMA, peserta didik masih diberikan mapel yang disebut IPS.
Merujuk buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Kelas X (2021) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ilmu ekonomi terdapat pada bab ke-3. Berdasarkan pembagiannya, bab tersebut dipelajari pada periode awal semester 2 hingga pertengahan.
Oleh karena itu, menjelang ujian tengah semester IPS, siswa kelas 10 akan dihadapkan pada soal-soal yang berkaitan dengan pengantar ilmu ekonomi.
Contoh Soal PTS Ekonomi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawaban
Sebagai alternatif bahan latihan dan belajar, siswa bisa menyimak kumpulan contoh soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka di bawah ini. Kumpulan soal berikut juga bisa menjadi bahan referensi bagi guru dalam membuat tugas ekonomi kelas 10.
Berikut akan disajikan soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 yang terdiri atas dua kategori, yakni esai dan pilihan ganda. Siswa juga bisa menyimak kunci jawabannya di bagian terbawah artikel.
I. Soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka kategori pilihan ganda
Berikut disajikan puluhan contoh soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka kategori pilihan ganda.1. Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran. Yang dimaksud kemakmuran ialah suatu keadaan ketika manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang-barang maupun jasa. Pengertian ilmu ekonomi tersebut dikemukakan oleh …..
a. Adam Smith
b. M. Manulang
c. John Stuart Mill
d. Samuekon
e. Paul A Samuelson
2. Cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya, disebut…..
a. Ilmu ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)
b. Ilmu ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)
c. Ilmu ekonomi internasional
d. Ilmu ekonomi publik
e. Ilmu ekonomi moneter
3. Setiap orang perlu mempelajari ilmu ekonomi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari karena kegunaan ilmu ekonomi adalah untuk ...
a. Mengatasi pengeluaran yang besar
b. Menaikkan status sosial
c. Memperbaiki tingkat kemakmuran masyarakat
d. Menentukan pengeluaran masa depan
e. Menghadapi kelangkaan dalam pemenuhan kebutuhan
4. Tindakan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan pengorbanan yang tertentu berusaha memperoleh kepuasan yang semaksimal mungkin disebut …
b. Sistem ekonomi
c. Praktik ekonomi
d. Politik ekonomi
e. Hukum ekonomi
5. Penyebab kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah....
a. Tidak mempunyai kebutuhan
b. Tidak mempunyai keinginan
c. Keinginan lebih besar dari kebutuhan
d. Kebutuhan sama dengan keinginan
e. Kebutuhan lebih besar dari keinginan
6. Pengangguran karena perubahan struktur ekonomi disebut....
a. Teknologi
b. Musiman
c. Struktural
d. Konjungtur
e. Siklis
7. Permintaan sama dengan pengeluaran disebut....
a. Hukum permintaan
b. Hukum penawaran
c. Kurva penawaran
d. Keseimbangan
e. Kurva permintaan
8. Hukum permintaan dan penawaran akan berlaku apabila “Ceteris Paribus”, artinya....
a. Keadaan lain tetap
b. Keadaan lain berubah-ubah
c. Kondisi ekonomi berkembang
d. Kondisi ekonomi melemah
e. Jika harga barang naik
9. Secara matematis persamaan fungsi permintaan ialah....
a. Qd = a-bP
b. Qd = a-bQ
c. Qd = a + bP
d. Pd = a + bP
e. Pd = a + bQ
10. Air bersih di sungai, sabun cuci, gula, dan kopi adalah contoh pengelompokan barang berdasarkan....
a. Intensitas
b. Subjek
c. Sifat
d. Cara memperolehnya
e. Proses pembuatan
11. Seorang produsen baju harus mengikuti trend baju terkini. Masalah ekonomi ini berkaitan dengan .…
a. Berapa jumlah barang yang akan diproduksi
b. Bagaimana cara memproduksi
c. Barang apa yang akan dibuat
d. Untuk siapa barang tersebut diproduksi
e. Kapan barang tersebut diproduksi
12. Aliyah baru saja lulus SMA. Ia ditawari pekerjaan untuk menjadi pramusaji dengan gaji Rp 1.500.000,00. Tetapi Aliyah lebih memilih kuliah dengan biaya per semester sebesar Rp. 1.200.000,00. Besar biaya peluang dari kasus tersebut adalah ….
a. Rp. 2.700.000
b. Rp. 1.200.000
c. Rp. 1.500.000
d. Rp. 300.000
e. Rp. 200.000
13. Salah satu perbedaan biaya peluang dengan biaya sehari-hari adalah......
a. Biaya peluang diperhitungkan untuk produsen, biaya sehari-hari tidak terukur
b. Biaya peluang dihitung setelah digunakan, biaya sehari-hari dihitung sebelum digunakan
c. Biaya peluang dihitung dengan rasional, biaya sehari-hari sesuai dengan urutan kejadian
d. Biaya peluang dapat diukur secara kuantitatif, biaya sehari-hari tidak diukur
e. Biaya peluang adalah pengorbanan karena memilih suatu keputusan, biaya sehari-hari adalah pengorbanan untuk memproduksi barang
14. Dina mempunyai cita-cita menjadi ahli ekonom agar bisa membantu pemerintah mewujudkan kemajuan perekonomian negara untuk mencapai kemakmuran. Dina merasa perlu mempelajari ilmu ekonomi karena ....
a. Ingin mencapai kemakmuran
b. Terus bertambahnya jumlah penduduk
c. Pemikir ekonomi terbatas
d. Jumlah kebutuhan manusia tidak terbatas
e. Alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas
15. Berikut ini variabel ekonomi makro yang digunakan sebagai alat ukur kemajuan perekonomian suatu bangsa, kecuali ….
a. Kestabilan kurs mata uang dalam negeri
b. Cara kerja sistem ekonomi
d. Pertumbuhan ekonomi
e. Neraca perdagangan
16. Perhatikan daftar barang-barang kebutuhan di bawah ini!
1. Pulpen dan pensil
2. Jarum dan benang
3. Mentega dan minyak goreng
4. Beras dan jagung
5. Mobil dan bensin
Pasangan barang diatas yang termasuk barang substitusi ditunjukkan nomor .…
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 5
d. 1, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
17. Masalah masalah seperti, bagaimana teknologi yang digunakan, metode produksi yang digunakan, bagaimana mengkombinasikan faktor-faktor produksi yang ada agar berhasil guna dan berdaya guna merupakan solusi masalah ekonomi ...
a. Bagaimana meningkatkan ekspor
b. Bagaimana mempersiapkan tiap negara dalam era perdagangan bebas
c. Bagaimana cara memproduksi
d. Barang apa yang diproduksi
e. Untuk siapa barang tersebut diproduksi
18. Kurva permintaan yang dihadapi sebuah perusahaan dalam pasar Persaingan Sempurna berbentuk....
a. Vertikal
b. Horizontal
c. Naik dari kiri bawah ke kanan atas
d. Menurun dari kiri atas ke kanan bawah
e. Patah (kinked demand curve).
19. Perhatikan daftar ciri-ciri sistem ekonomi di bawah ini!
1. Hanya sedikit menggunakan modal
2. Masih terikat tradisi
3. Belum mengenal pembagian kerja
4. Teknologi yang digunakan masih sederhana
Ciri–ciri di atas merupakan ciri dari sistem ekonomi …
a. Pasar
b. Tradisional
c. Liberal
d. Campuran
e. Komando
20. Perhatikan daftar jenis kebutuhan di bawah ini!
1. Rekreasi
2. Tempat tinggal
3. Makanan
4. Mobil
5. Pendidikan
Yang termasuk dalam kebutuhan primer adalah .…
a. 1 dan 2
b. 1 dan 5
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 2 dan 5
21. Apa yang dimaksud lembaga keuangan?
a. Organisasi yang mengelola keuangan negara
b. Institusi yang berperan dalam mengumpulkan dan menyediakan dana serta memberikan layanan keuangan
c. Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur
d. Organisasi yang bertanggung jawab atas regulasi sektor keuangan
e. Organisasi nirlaba yang mengolah uang masyarakat
22. Apa fungsi utama lembaga keuangan?
a. Menyediakan perlindungan asuransi untuk masyarakat
b. Memfasilitasi transaksi keuangan
c. Mengelola sumber daya alam
d. Menyediakan barang dan jasa konsumsi
e. Menyediakan uang untuk rakyat
23. Contoh lembaga keuangan non-bank ialah...
a. Bank sentral
b. Bank komersial
c. Perusahaan asuransi
d. Koperasi simpan pinjam
e. Bank independen
24. Apa salah satu peran bank sebagai lembaga keuangan?
a. Menyediakan layanan pinjaman dan penyimpanan
b. Mengelola kebijakan moneter negara
c. Memberikan perlindungan asuransi
d. Mengatur pasar saham
e. Memberikan uang kepada masyarakat
25. Lembaga keuangan syariah berprinsip pada...
a. Anti haram
b. Bunga riba
c. Spekulasi dan risiko tinggi
d. Penghindaran pajak
e. Bagi hasil dan keadilan
II. Contoh Soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 kategori esai
Berikut kumpulan soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 kategori esai.26. Jelaskan konsep kegiatan ekonomi dan berikan contoh nyata dari kegiatan ekonomi di sekitar Anda.
27. Bagaimana hubungan faktor produksi dan kegiatan ekonomi? Berikan juga contoh dari sektor industri manufaktur?
28. Bagaimana peran pasar dalam kegiatan ekonomi dan bagaimana mekanisme pasar memengaruhi alokasi sumber daya?
29. Jelaskan konsep permintaan dan penawaran dalam kegiatan ekonomi beserta contoh di kehidupan sehari-hari!
30. Jelaskan tiga fungsi uang dalam perekonomian!
Kunci Jawaban PTS Ekonomi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berikut kunci jawaban soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 kategori pilihan ganda dan esai.
I. Kunci jawaban contoh soal PTS Ekonomi kelas 10 semester 2 pilihan ganda
1. b2. e
3. e
4. a
5. e
6. c
7. d
8. a
9. a
10. d
11. c
12. c
13. e
14. a
15. b
16. d
17. c
18. b
19. b
20. c
21. b
22. b
23. c
24. a
25. e
II. Kunci Jawaban soal PTS Ekonomi Kelas 10 semester 2 kategori isian
26. Kegiatan ekonomi merujuk pada segala aktivitas yang melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Contoh nyata dari kegiatan ekonomi di sekitar saya adalah toko kelontong di sudut jalan yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, dan sabun. Selain itu, pabrik tekstil di daerah industri yang memproduksi kain dan pakaian juga merupakan contoh kegiatan ekonomi.27. Faktor produksi terdiri dari tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Hubungan antara faktor produksi dan kegiatan ekonomi adalah bahwa faktor produksi digunakan dalam kegiatan ekonomi untuk menghasilkan barang dan jasa. Sebagai contoh, dalam sektor industri manufaktur, tanah digunakan untuk mendirikan pabrik, tenaga kerja digunakan untuk mengoperasikan mesin dan memproduksi barang, modal digunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku, sedangkan kewirausahaan digunakan untuk mengelola bisnis dan mengambil risiko. Semua faktor produksi ini bekerja bersama-sama untuk menghasilkan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.
28. Pasar memainkan peran penting dalam kegiatan ekonomi sebagai tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi barang dan jasa. Melalui mekanisme pasar, harga ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran. Harga yang lebih tinggi menunjukkan permintaan yang tinggi atau penawaran yang rendah, sedangkan harga yang lebih rendah menunjukkan permintaan yang rendah atau penawaran yang tinggi. Mekanisme pasar ini memengaruhi alokasi sumber daya dengan mendorong produsen untuk memproduksi barang dan jasa yang diminati oleh konsumen dan meminimalkan pemborosan sumber daya. Misalnya, jika harga suatu barang naik karena permintaan meningkat, produsen akan tertarik untuk meningkatkan produksi barang tersebut untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.
29. Permintaan didefinisikan sebagai jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Adapun, penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia untuk dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga.
Contoh permintaan adalah harga beras. Saat harganya naik, ada penurunan permintaan karena konsumen beralih ke alternatif yang lebih murah, seperti jagung atau gandum. Akan tetapi, produsen beras akan cenderung meningkatkan penawaran karena keuntungan yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika harga beras turun, permintaan berpotensi melonjak lantaran konsumen merasa lebih mampu membeli. Sebaliknya, produsen dapat mengurangi penawaran karena keuntungannya sedikit.
30. Fungsi uang yakni:
- Medium pertukaran. Artinya, uang memfasilitasi pertukaran barang dan jasa dengan menyediakan cara yang mudah diterima oleh semua pihak. Contoh, seseorang dapat menggunakan uang untuk membeli makanan di supermarket.
- Satuan hitung. Artinya, uang mampu memberikan standar yang umum guna mengekspresikan nilai relatif berbagai barang dan jasa. Sebagai misal, harga sejumlah barang dapat diukur dalam satuan uang seperti dolar atau euro.
- Penyimpan nilai. Artinya, dengan uang, individu dan pebisnis dapat menunda penggunaan daya beli mereka. Dengan menyimpan uang, mereka dapat menyimpan kekayaan mereka untuk digunakan di masa depan ketika dibutuhkan, mengurangi risiko kerugian nilai atau inflasi.
Penulis: Yasinta Arum Rismawati
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Fadli Nasrudin