Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Oleh: Ahmad Efendi - 25 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut tips dan cara yang benar mencegah bau mulut saat sedang berpuasa.
tirto.id - Bau mulut saat sedang berpuasa memang cenderung membuat seseorang merasa tak nyaman. Terlebih jika aktivitas harian atau pekerjaan, menuntut Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Tidak makan dan minum selama berjam-jam menyebabkan mulut kering, yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

Seperti dilansir dari Dr. Michael’s Dental Clinic, ketika berpuasa, tidak adanya asupan makanan atau minuman untuk dikunyah dan diproses di dalam mulut, menyebabkan berkurangnya produksi air liur (saliva).

Sementara itu, air liur secara alami berguna untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut karena air liur mengandung enzim anti-bakteri alami.

Ada banyak langkah klasik yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut ketika sedang berpuasa. Salah satunya adalah dengan menggosok gigi.

Menggosok gigi adalah langkah paling dasar dari cara agar tidak bau mulut saat puasa. Setelah sahur, sikat gigi secara menyeluruh dengan teknik yang benar untuk mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi.

Selain gigi, lidah juga perlu dibersihkan dengan alat pembersih lidah. Lidah dikenal sebagai tempat berkumpulnya bakteri, maka dari itu perlu langkah pembersihan.

Setelah membersihkan gigi dan lidah, Anda hendaknya juga berkumur dengan mouthwash yang dengan maupun tanpa alkohol. Cara ini ampuh melawan bakteri penyebab bau mulut serta dapat memberi kesegaran dalamnya.

Selain cara klasik tersebut, sebagaimana dirangkum dari Egypt Today, berikut tips mencegah bau mulut saat sedang berpuasa.

  • Mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak buah serta sayuran. Buah dan sayuran berguna untuk meningkatkan produksi air liur.
  • Minum air yang banyak ketika sahur dan berbuka untuk meningkatkan produksi air liur. Selalu pilih air putih dan cobalah batasi minuman bergula.
  • Hindari makanan berbau menyengat ketika sahur, misalnya bawang merah dan putih, bawang Bombay, petai maupun jengkol.
  • Hindari merokok, karena rokok mengandung tembakau yang juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih. Sisa gula dalam mulut bisa mempercepat bakteri berkembang biak.
  • Berkumur dengan garam setelah sahur dan sebelum tidur. Air garam bekerja sebagai agen antibakteri alami yang membunuh bakteri penyebab bau.


Baca juga artikel terkait BAU MULUT atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight