Soal Capres-Cawapres 2019, Anies: Saya Tunggu Gerindra dan PAN

Oleh: Naufal Mamduh - 6 Juli 2018
Anies Baswedan mengatakan, dirinya masih menunggu keputusan dari Gerindra, PKS dan Juga PAN soal capres dan cawapres di Pemilu 2019 mendatang.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampaknya masih menunggu keputusan dari Gerindra, PKS dan Juga PAN terkait diusungnya Anies sebagai Calon Presiden (Capres) ataupun Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilu 2019.

Sama seperti saat Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies mengatakan bahwa dirinya menunggu keputusan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Presiden PKS Sohibul Iman.

"Saya dari awal menyampaikan Prabowo yang menentukan proses pencalonan gubernur kemarin bersama pak Salim, Sohibul Iman. Mereka yang menentukan sehingga saya pun dalam menjalankan tugas selama ini berdasarkan mandat amanat yang ditugaskan dari mereka," ucap Anies di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat Jumat (6/7/2018)

Anies mengatakan bahwa, hingga saat ini belum ada arahan dirinya untuk maju dalam Pemilu 2019. Dirinya menyerahkan kepada para partai terkait pengusungan dirinya.

"Sekarang saya lagi jalani Jakarta, jadi kalau sekarang kamu jangan tanya saya. Karena saya sekarang orang yang bertugas sebagai gubernur dan saya pun tidak bisa menentukan apa-apa. Yang menentukan Prabowo, Salim Zulhas mereka yang menentukan nanti kita lihat," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies enggan berkomentar banyak mengenai rencana deklarasi pernyataan dukungan untuk dirinya menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2019.

Saat ditemui usai melantik wali kota dan pejabat daerah Pemprov DKI Jakarta, Anies mengklaim tidak tahu ada rencana deklarasi dukungan untuk dirinya agar maju menjadi capres di Gedung Juang 45, Jakarta Pusat. pada Jumat besok, 6 Juli 2018.

"Saya malah enggak diundang," ucap Anies di Balai Kota, Jakarta, Kamis (6/7/2018).


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Politik)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight