Indeks Kelas Menengah
Konsumsi Rumah Tangga Topang Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2022
BPS mencatat konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,51 persen. Sektor tersebut menjadi penopang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Rintangan Penciptaan Pekerjaan "Kelas Menengah" di Indonesia
Hanya 15 persen dari 85 juta pekerja di Indonesia berpenghasilan cukup untuk membiayai kehidupan kelas menengah keluarga berjumlah empat orang.
Follow-up "Status" Menengah-Atas Indonesia
Status baru berpendapatan menengah-atas bisa menjadi pedang bermata dua kalau hanya mandek terpukau gengsi.
Tantangan Nyata Proyek Infrastruktur: Membatasi Kepemilikan Mobil
Kontradiksi kebijakan pembangunan infrastruktur: jalan ditambah, beli mobil makin gampang.
Tingkat Ketimpangan Miskin dan Kaya Turun Tipis Pada Maret 2018
Upaya untuk menurunkan ketimpangan ini tidak mudah, karena perlu adanya kebijakan yang dimensional.
Transformasi Ekonomi Negara-Negara Kawasan Asia Timur dan Pasifik
Kawasan Asia Timur dan Pasifik telah mengalami transformasi dari dikenal sebagai negara-negara miskin berubah menjadi kumpulan negara-negara berpenghasilan menengah.
Indonesia Perlu Kebijakan Tepat untuk Kelas Bawah dan Menengah
Menurut Caroline, meningkatkan kelas bawah dan kelas menengah dalam waktu yang bersamaan bukan sesuatu yang mustahil.
Pasar Kelas Menengah Muslim yang Menggiurkan
Potensi pasar kelas menengah muslim yang tinggi dan sangat penting untuk diperhatikan.
Tempat Belanja Online Favorit Kelas Menengah
Toko-toko virtual semakin menyesaki ranah e-commerce. Mana yang menjadi favorit pembaca Tirto?
Tempat Belanja Online Favorit Kelas Menengah
Toko-toko virtual semakin menyesaki ranah e-commerce. Mana yang menjadi favorit pembaca Tirto?
Warga Kelas Menengah Bawah di Jakarta Tak Mampu Beli Rumah
Berdasarkan data riset 1,3 juta penduduk Jakarta hingga kini belum memiliki rumah karena kenaikan harga lahan ibu kota mencapai 16 persen per tahun. Kondisi itu membuat warga kelas menengah ke bawah tidak mampu membeli rumah di Jakarta.
Menjadi Kelas Menengah bersama Haruki Murakami
Haruki Murakami tidak akan pernah mengecewakan jiwa-jiwa kelas menengah yang haus di seluruh penjuru dunia. Buktinya, buku-bukunya laris bak kacang rebus sampai ke pelosok-pelosok Afrika.
Jejak J.CO Menginvasi Indonesia
Antrean manusia mengular di sebuah gerai donut J.Co. Mereka memanfaatkan promo 2 lusin donut hanya Rp99.000 selama periode 15-18 Mei lalu, dalam rangka ulang tahun J.Co. Mereka rela antre lama hanya untuk mendapatkan donut mahal dengan harga murah. Inilah sebuah fenomena gaya hidup baru kelas menengah Indonesia. Mereka yang mampu memanfaatkan akan menuai sukses.
Biar Utang yang Penting Gaya
Pada 2013, Kadence International-Indonesia merilis hasil riset Share of Wallet yang mereka lakukan. Hasilnya 28 persen masyarakat Indonesia berada dalam kategori "Broke", atau kelompok yang pengeluarannya lebih besar ketimbang pendapatannya, sehingga mengalami defisit sekitar 35 persen. Pengeluaran ini dilakukan untuk hidup mewah di luar penghasilannya. Apa yang menyebabkan ini terjadi?
Kurma dan Geliat Kelas Menengah Muslim Indonesia
Kurma sebagai hidangan buka puasa baru menjadi tren di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Kurma muncul berbarengan dengan meningkatnya kelas menengah muslim di Indonesia. Muncul kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat ala Nabi Muhammad, dengan konsumsi kurma.
Kesempatan dan Kesempitan Ekonomi Digital Indonesia
Indonesia merupakan salah satu pasar ekonomi digital besar. Namun, jalan Indonesia menuju sebuah kekuatan ekonomi digital dunia tidak mudah. Perlu terobosan regulasi dari pemerintah. Jokowi menunjukkan punya ketertarikan besar terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di dunia digital. Lebih dari itu, e-consumer Indonesia adalah yang paling menjanjikan di dunia.
Peneliti KITLV: Kelas Menengah Indonesia Tolak Pasar Bebas
Prof Gerry van Klinken, peneliti Belanda, melalui penelitiannya mengungkap kelas menengah Indonesia cenderung nasionalis, memiliki kemandirian kuat, dan menolak pasar bebas.
Liburan Wajib ala Kelas Menengah
Budaya hedonisme mengubah perilaku masyarakat kelas menengah Indonesia. Liburan yang dulunya kebutuhan sampingan, kini sudah menjadi kebutuhan yang tidak boleh diabaikan. Sementara Asian Development Bank (ADB) , mendefinisikan kelas menengah sebagai populasi yang memiliki pengeluaran harian per kapita sebesar USD 2-20 per hari.
Gelimang Uang dari Wisata Musik
Tiket konser musisi-musisi asing di Indonesia selalu laris manis. Indonesia menjadi pasar yang sangat menggiurkan di mata promotor. Sayangnya, industri ini belum dioptimalkan dengan baik. Indonesia dapat dikatakan memiliki potensi yang besar untuk festival musik. Tak hanya di Jakarta, festival musik juga banyak diselenggarakan di wilayah lain seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara. Festival musik di Indonesia punya potensi penonton yang besar dan juga menjadi devisa negara.