Indeks Kelas Menengah

Konsumsi Rumah Tangga Topang Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2022
Ekbis
Jumat, 5 Agt 2022

Konsumsi Rumah Tangga Topang Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2022

BPS mencatat konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,51 persen. Sektor tersebut menjadi penopang terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Rintangan Penciptaan Pekerjaan
Periksa data
Selasa, 17 Agt 2021

Rintangan Penciptaan Pekerjaan "Kelas Menengah" di Indonesia

Hanya 15 persen dari 85 juta pekerja di Indonesia berpenghasilan cukup untuk membiayai kehidupan kelas menengah keluarga berjumlah empat orang.
Follow-up
Kolumnis
Rabu, 29 Juli 2020

Follow-up "Status" Menengah-Atas Indonesia

Status baru berpendapatan menengah-atas bisa menjadi pedang bermata dua kalau hanya mandek terpukau gengsi.
Tantangan Nyata Proyek Infrastruktur: Membatasi Kepemilikan Mobil
Kolumnis
Rabu, 8 Mei 2019

Tantangan Nyata Proyek Infrastruktur: Membatasi Kepemilikan Mobil

Kontradiksi kebijakan pembangunan infrastruktur: jalan ditambah, beli mobil makin gampang.
Tingkat Ketimpangan Miskin dan Kaya Turun Tipis Pada Maret 2018
Hard news
Senin, 16 Juli 2018

Tingkat Ketimpangan Miskin dan Kaya Turun Tipis Pada Maret 2018

Upaya untuk menurunkan ketimpangan ini tidak mudah, karena perlu adanya kebijakan yang dimensional.
Transformasi Ekonomi Negara-Negara Kawasan Asia Timur dan Pasifik
Hard news
Senin, 4 Des 2017

Transformasi Ekonomi Negara-Negara Kawasan Asia Timur dan Pasifik

Kawasan Asia Timur dan Pasifik telah mengalami transformasi dari dikenal sebagai negara-negara miskin berubah menjadi kumpulan negara-negara berpenghasilan menengah.
Indonesia Perlu Kebijakan Tepat untuk Kelas Bawah dan Menengah
Hard news
Senin, 4 Des 2017

Indonesia Perlu Kebijakan Tepat untuk Kelas Bawah dan Menengah

Menurut Caroline, meningkatkan kelas bawah dan kelas menengah dalam waktu yang bersamaan bukan sesuatu yang mustahil.
Pasar Kelas Menengah Muslim yang Menggiurkan
Kolumnis
Rabu, 12 Apr 2017

Pasar Kelas Menengah Muslim yang Menggiurkan

Potensi pasar kelas menengah muslim yang tinggi dan sangat penting untuk diperhatikan.
Tempat Belanja Online Favorit Kelas Menengah
Periksa data
Kamis, 2 Mar 2017

Tempat Belanja Online Favorit Kelas Menengah

Toko-toko virtual semakin menyesaki ranah e-commerce. Mana yang menjadi favorit pembaca Tirto?
Tempat Belanja Online Favorit Kelas Menengah
Mild report
Kamis, 2 Mar 2017

Tempat Belanja Online Favorit Kelas Menengah

Toko-toko virtual semakin menyesaki ranah e-commerce. Mana yang menjadi favorit pembaca Tirto?
Warga Kelas Menengah Bawah di Jakarta Tak Mampu Beli Rumah
Hard news
Minggu, 8 Jan 2017

Warga Kelas Menengah Bawah di Jakarta Tak Mampu Beli Rumah

Berdasarkan data riset 1,3 juta penduduk Jakarta hingga kini belum memiliki rumah karena kenaikan harga lahan ibu kota mencapai 16 persen per tahun. Kondisi itu membuat warga kelas menengah ke bawah tidak mampu membeli rumah di Jakarta. 
Menjadi Kelas Menengah bersama Haruki Murakami
Mild report
Jumat, 21 Okt 2016

Menjadi Kelas Menengah bersama Haruki Murakami

Haruki Murakami tidak akan pernah mengecewakan jiwa-jiwa kelas menengah yang haus di seluruh penjuru dunia. Buktinya, buku-bukunya laris bak kacang rebus sampai ke pelosok-pelosok Afrika.
Jejak J.CO Menginvasi Indonesia
Mild report
Sabtu, 20 Agt 2016

Jejak J.CO Menginvasi Indonesia

Antrean manusia mengular di sebuah gerai donut J.Co. Mereka memanfaatkan promo 2 lusin donut hanya Rp99.000 selama periode 15-18 Mei lalu, dalam rangka ulang tahun J.Co. Mereka rela antre lama hanya untuk mendapatkan donut mahal dengan harga murah. Inilah sebuah fenomena gaya hidup baru kelas menengah Indonesia. Mereka yang mampu memanfaatkan akan menuai sukses.
Biar Utang yang Penting Gaya
Mild report
Rabu, 6 Juli 2016

Biar Utang yang Penting Gaya

Pada 2013, Kadence International-Indonesia merilis hasil riset Share of Wallet yang mereka lakukan. Hasilnya 28 persen masyarakat Indonesia berada dalam kategori "Broke", atau kelompok yang pengeluarannya lebih besar ketimbang pendapatannya, sehingga mengalami defisit sekitar 35 persen. Pengeluaran ini dilakukan untuk hidup mewah di luar penghasilannya. Apa yang menyebabkan ini terjadi?
Kurma dan Geliat Kelas Menengah Muslim Indonesia
Mild report
Jumat, 17 Jun 2016

Kurma dan Geliat Kelas Menengah Muslim Indonesia

Kurma sebagai hidangan buka puasa baru menjadi tren di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Kurma muncul berbarengan dengan meningkatnya kelas menengah muslim di Indonesia. Muncul kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat ala Nabi Muhammad, dengan konsumsi kurma.
Kesempatan dan Kesempitan Ekonomi Digital Indonesia
Mild report
Senin, 28 Mar 2016

Kesempatan dan Kesempitan Ekonomi Digital Indonesia

Indonesia merupakan salah satu pasar ekonomi digital besar. Namun, jalan Indonesia menuju sebuah kekuatan ekonomi digital dunia tidak mudah. Perlu terobosan regulasi dari pemerintah. Jokowi menunjukkan punya ketertarikan besar terhadap perkembangan teknologi dan inovasi di dunia digital. Lebih dari itu, e-consumer Indonesia adalah yang paling menjanjikan di dunia.
Peneliti KITLV: Kelas Menengah Indonesia Tolak Pasar Bebas
Rabu, 2 Mar 2016

Peneliti KITLV: Kelas Menengah Indonesia Tolak Pasar Bebas

Prof Gerry van Klinken, peneliti Belanda, melalui penelitiannya mengungkap kelas menengah Indonesia cenderung nasionalis, memiliki kemandirian kuat, dan menolak pasar bebas.
Liburan Wajib ala Kelas Menengah
Mild report
Rabu, 3 Feb 2016

Liburan Wajib ala Kelas Menengah

Budaya hedonisme mengubah perilaku masyarakat kelas menengah Indonesia. Liburan yang dulunya kebutuhan sampingan, kini sudah menjadi kebutuhan yang tidak boleh diabaikan. Sementara Asian Development Bank (ADB) , mendefinisikan kelas menengah sebagai populasi yang memiliki pengeluaran harian per kapita sebesar USD 2-20 per hari.
Gelimang Uang dari Wisata Musik
Mild report
Senin, 25 Jan 2016

Gelimang Uang dari Wisata Musik

Tiket konser musisi-musisi asing di Indonesia selalu laris manis. Indonesia menjadi pasar yang sangat menggiurkan di mata promotor. Sayangnya, industri ini belum dioptimalkan dengan baik. Indonesia dapat dikatakan memiliki potensi yang besar untuk festival musik. Tak hanya di Jakarta, festival musik juga banyak diselenggarakan di wilayah lain seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara. Festival musik di Indonesia punya potensi penonton yang besar dan juga menjadi devisa negara.