Menuju konten utama

Petaka Menimbun Dana APBD

Mengendapkan dana pemda di bank daerah atau bank nasional bukan lagi menjadi hal baru di negeri ini. Ancaman berupa sanksi pun sudah pernah disampaikan oleh pemerintah. Namun, pemda tak pernah kapok.

Petaka Menimbun Dana APBD
Petugas mengawasi proses bongkar muat peti kemas saat peresmian pelayaran perdana peti kemas di Pelabuhan Malahayati, Kabupaten, Aceh Besar, Aceh, Jumat (5/8/2016). [Antara Foto/Ampelsa]

tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan ancaman keras kepada para pemerintah daerah (pemda) yang sering mengendapkan dana pemda di bank daerah atau bank nasional. Presiden Jokowi mengancam akan menerbitkan surat utang untuk daerah-daerah yang terus menimbun dana atau anggarannya di bank. Tercatat per Juni 2016, dana pemda yang diendapkan di bank (Idle) mencapai Rp214 triliun.

"Kalau simpanan masih seperti ini (besar), beberapa kabupaten kota sudah kita terbitkan surat utang. Kalau masih gede seperti ini ya surat utang akan tambah banyak," kata presiden Jokowi, dikutip dari Antara.

Padahal dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah terus memperbesar porsi dana yang di transfer ke daerah. Tujuannya agar daerah bisa mengelola keuangannya sendiri, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin merata. Untuk APBN 2016, anggaran transfer ke daerah mencapai Rp729 triliun meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp643 riliun. Ini berarti bahwa sekitar 29,6 persen dari dana itu masih diabaikan oleh pemda.

Jokowi pun blak-blakan menyebutkan nama pemda yang masih terus menyimpan dana yang sudah ditransfer pemerintah pusat. Untuk tingkat provinsi, DKI Jakarta paling besar menyimpan dana di bank yakni Rp13,9 triliun. Untuk tingkat kota, maka Kota Medan adalah penyimpan dana pemda terbesar yakni mencapai Rp2,27 triliun. Sedangkan untuk tingkat kabupaten, maka Kabupaten Bogor adalah juaranya dengan dana simpanan sebesar Rp1,9 triliun.

Kebiasaan menyimpang dana transfer sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada Desember 2015, dana yang diendapkan mencapai Rp99,68 triliun. Kemudian meningkat hingga Rp214 triliun per Juni 2016.

Menteri Keuangan sebelumnya yakni Bambang Brodjonegoro pernah mengakui bahwa penyerapan dana oleh pemda memang cenderung terjadi pada akhir tahun. Padahal, idealnya penyerapan dana tersebut harus sudah dilakukan setelah dana ditransfer dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. "Yang kencang itu kemarin pada bulan Desember. Tentunya kita tidak ingin terulang. Tahun lalu terjadi lagi sekarang. Kalau seperti itu, yang repot kita. Di daerah tidak jadi barang alias tidak jadi proyek," kata Bambang, dikutip dari Antara.

Selain mengganggu proyek-proyek pembangunan daerah, kondisi seperti itu tentu akan berpengaruh pada arus kas (cash flow). Padahal pemerintah berharap dana yang masuk ke daerah itu bisa terpakai dan menjawab isu pertumbuhan ekonomi. Sebab, dana yang terserap dengan cepat oleh pemda dapat menopang pertumbuhan ekonomi di daerah itu sendiri.

Presiden Jokowi berharap agar pemda segera membelanjakan dana itu seawal mungkin sehingga dapat mendongkrak perekonomian daerah. "Seawal mungkin setiap tahunnya. Kalau bisa Januari segera dikeluarkan, karena uang akan beredar dan menambah pertumbuhan ekonomi di kota, kabupaten, provinsi," kata Presiden Jokowi, dikutip dari Antara.

Sanksi Yang Tak Membuat Jera?

Pengendapan dana di bank yang terus meningkat tentunya tidak sehat. Sementara pemerintah pusat sendiri sepertinya kurang keras menghadapi pemda-pemda yang malas bergerak. Pada 2014, saat Menteri Keuangan dijabat oleh M. Chatib Basri, pemerintah pernah berencana akan mengeluarkan aturan jumlah maksimal dana pemda yang ditempatkan dalam deposito. Aturan tersebut bertujuan agar dana transfer daerah dari pemerintah pusat tidak mengendap di perbankan, melainkan mengalir untuk pembangunan daerah.

Namun, sepertinya rencana itu masih belum terealisasi. Hingga 2015, dana pemda yang mengendap di bank malah meningkat. Presiden Joko Widodo yang sudah geram dengan penumpukan dana di bank itu langsung menugaskan Menteri Keuangan yang ketika itu dijabat Bambang Brodjonegoro untuk segera menyiapkan sanksi untuk masing-masing pemda yang mengendapkan dananya di bank.

Sanksi pertama yakni dengan mengonversi dana transfer ke daerah ke dalam bentuk non tunai, yaitu melalui Surat Utang Negara (SUN). Ini artinya, pemda tidak akan mendapatkan dana tunai untuk bulan berikutnya dari pemerintah pusat.

Sanksi kedua adalah dengan mengurangi dan menghentikan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun berikutnya, bagi daerah yang tidak menyerap anggaran dengan baik. Sanksi ini disebutkan akan dituangkan dalam Undang-Undang (UU) APBN 2016. Kemudian ada penjelasan lebih teknis dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yang dikeluarkan setelah UU APBN 2016 disahkan oleh Dewan perwakilan Rakyat (DPR).

Mekanisme pemberian sanksi ini, menurut Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo yakni, penetapan dana menganggur yang diawali dengan penyampaian laporan posisi kas, perkiraan kebutuhan belanja bulanan dan laporan realisasi APBD secara bulanan. Kemudian dihitung besarnya posisi kas Pemda yang belum, atau tidak digunakan untuk belanja APBD.

Posisi kas pemda yang belum atau tidak digunakan untuk belanja APBD akan dicocokkan dengan jumlah simpanan Pemda di bank, untuk menentukan besarnya dana idle Pemda. Kriteria dana menganggur yakni, dana yang ditempatkan di bank dalam bentuk giro, deposito, dan tabungan, yang jumlahnya melebihi kebutuhan belanja APBD selama tiga bulan. Bila itu terpenuhi maka sanksi siap diberikan. Sementara sanksi penghentian dan penyaluran DAK di tahun berikutnya akan diberikan bila penyerapan kurang dari 75 persen.

Tapi penerapan sanksi sepertinya juga belum bisa mengurangi pengendapan dana di bank, terlihat dari adanya pengendapan dana sebesar Rp242 triliun di bank. Lantas ada apa sesungguhnya?

Gubernur Gorontalo Rusli Habibi mengatakan, pemerintah daerah mengalami kesulitan menyerap dana transfer daerah dari pemerintah pusat. Salah satu kesulitannya adalah proses lelang pekerjaan proyek infrastruktur dan belanja modal di daerah yang baru bisa dilaksanakan antara Januari sampai Maret. "Makanya tidak heran di awal-awal banyak yang tidak terserap," katanya dikutip dari Kontan.

Masalah kedua, permasalahan pelaksanaan proyek yang tidak mulus. Rusli mengatakan, banyak proses lelang, kontrak proyek yang dilaksanakan oleh daerah sering gagal. Kegagalan utamanya disebabkan oleh proses penawaran yang syaratnya tidak lengkap. "Ketika jalan pun ada saja masalahnya, ada masalah lahan, jadi macam-macam," kata Rusli dikutip dari Kontan.

Masalah berbeda datang dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim. Realisasi APBD Tahun 2016 Kepulauan Meranti, baik fisik maupun keuangan hingga triwulan Kedua belum mencapai 10 persen. Itu bukan disebabkan karena kurangnya kinerja, tetapi lebih pada tak kunjung cairnya dana transfer Dana Bagi Hasil Migas dari Pemerintah Pusat ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selain itu, dana yang berasal dari pemerintah pusat diendapkan di bank karena pemda sangat berhati-hati dalam mengeksekusi dana tersebut. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya pemimpin daerah yang berurusan dengan pihak hukum karena dinilai sembrono menggunakan keuangan negara.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, hingga Desember 2014 terdapat 343 kepala daerah yang berperkara hukum baik di kejaksaan, kepolisian, mau pun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebagian besar karena tersangkut dengan masalah pengelolaan keuangan daerah. Hal ini kemudian menimbulkan kekhawatiran di kalangan pejabat lainnya dalam menggunakan anggaran dan melaksanakan program pembangunan. Sehingga tak banyak yang kemudian memilih untuk menyimpannya dana tersebut di bank.

Tujuan transfer dana ke daerah sedianya cukup baik karena untuk memeratakan perekonomian. Namun, jika realisasinya dana hanya mengendap di bank, maka daerah tidak bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Karena itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus sama-sama berupaya agar dana transfer ke daerah itu tidak mengendap di perbankan.

Baca juga artikel terkait APBN-P 2016 atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti