Mengenal Fasilitas Milik Google untuk Upload & Memublikasikan Video

Oleh: Nirmala Eka Maharani - 9 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Google punya banyak fasilitas yang salah satunya untuk meng-upload dan memublikasikan video. Berikut penjelasannya.
tirto.id - Fasilitas milik Google untuk meng-upload dan memublikasikan video yang paling populer adalah YouTube. Kemunculannya sebagai media baru sejak tahun 2005 menjadi bukti eksistensi Google yang tidak henti-hentinya membuat terobosan baru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Dikutip dari buku YouTube: A Success Story karya Yudhi Herwibowo, YouTube adalah media sosial dengan konten video yang memberikan fasilitas pembuatan saluran pada penggunanya. Mereka dapat memublikasikan berbagai video berdasarkan jenis atau kategori yang diinginkan.

YouTube merupakan salah satu layanan unggulan Google yang dapat diakses dari seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa YouTube merupakan media sosial yang paling populer di jagat internet.

Menurut jurnal Komunikasi KAREBA dari Universitas Hasanuddin dalam tulisan berjudul “YouTube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram” saat ini YouTube menjadi situs daring video provider paling dominan di Amerika Serikat, bahkan dunia, dengan menguasai 43 persen pasar.

Google sebagai induk YouTube memiliki pedoman yang mereka sebut “4R” sebagai langkah-langkah yang digunakan untuk mengembangkan media yang bertanggungjawab dan dapat diandalkan oleh pengguna maupun kreator.

Dikutip dari situs resminya, berikut empat langkah pedoman tersebut:

  • Remove: menghapus konten yang melanggar kebijakan dari YouTube
  • Reduce: mengurangi penyebaran informasi yang berbahasa dan berisiko
  • Raise up: mengangkat sumber-sumber yang terpercaya dalam penyuguhan berita dan informasi
  • Reward: memberikan penghargaan kepada para kreator

Di sisi lain, muncul dan berkembang sejumlah situs video sharing di dunia maya saat ini, seperti Vimeo, Dailymotion, Hulu, Metacafe, Vuclip, dan lain sebagainya. Akan tetapi, YouTube masih menjadi pilihan utama para pengguna internet ketika mengunjungi web video sharing.


Sebagai salah satu media sosial berbasis video, YouTube memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan platform lain, yaitu sebagai berikut:

  • Tidak ada batasan durasi untuk mengunggah video. Hal ini yang membedakan YouTube dengan media sosial lainnya seperti Instagram, Snapchat, dan Tiktok
  • YouTube memiliki sistem pengamanan yang akurat dengan tidak mengizinkan unggahan video yang mengandung SARA, atau video video ilegal. Hal ini akan dikonfirmasi sebelum mengunggah video
  • YouTube memberikan penawaran bagi mereka yang mengunggah video ke platformnya dan mendapatkan minimal 1.000 penayangan akan mendapat honorarium
  • YouTube tetap dapat ditonton meski berada di luar jaringan. Sistem ini memudahkan penonton untuk menikmati video di mana saja dan kapan saja dengan men-download video terlebih dahulu, kemudian video tersebut dapat ditonton secara offline
  • Tersedia fitur edit pada menu awal ketika seseorang akan mengunggah video. Menu yang ditawarkan adalah memotong video, memfilter warna, atau menambahkan efek perpindahan video

YouTube juga memiliki berbagai fitur yang bermanfaat bagi para pengguna internet dalam mencari, memutar, bahkan mengunduh video untuk ditonton secara offline. Salah satu fitur utama dari YouTube adalah untuk memublikasikan atau mengunggah video ke internet agar dapat ditonton oleh semua orang.

Pengguna yang sudah memiliki akun dan terdaftar di Youtube secara otomatis dapat mengunggah videonya melalui akun tersebut. Semakin lama durasi video akan berpengaruh pada lamanya waktu saat mengunggahnya.

Pengguna YouTube semakin lama semakin meningkat, sehingga tak jarang orang mengunggah karya-karyanya agar lebih dikenal oleh masyarakat. Bahkan saat ini banyak masyarakat menggunakan YouTube sebagai mata pencaharian karena videonya dapat dimonetisasi melalui YouTube Partner Program (YPP).


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Nirmala Eka Maharani
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nirmala Eka Maharani
Penulis: Nirmala Eka Maharani
Editor: Ibnu Azis
DarkLight