Menuju konten utama

Link Daftar Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG: Jadwal, Alur, Syarat

Proses pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG 2021 dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 9-30 April 2021.

Link Daftar Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG: Jadwal, Alur, Syarat
Ilustrasi. FOTO/spcp.ipdn.ac.id

tirto.id - Proses pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) tahun 2021 dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 9-30 April 2021 mendatang.

Sekolah yang berada di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ini membuka seleksi untuk calon taruna dan taruni sebanyak 265 orang, untuk jenjang Sarjana Terapan atau D4.

Untuk dapat menjadi salah satu peserta seleksi Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG, ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan.

Syarat umum sebelum calon pendaftar melakukan pendaftaran di laman SSCASN, peserta harus mempersiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen penting yang akan digunakan.

Beberapa dokumen itu antara lain: Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, rapor SMA/sederajat, pas foto, serta dokumen lainnya sesuai persyaratan yang diajukan masing-masing sekolah kedinasan.

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG 2021

Jika sudah disiapkan semua persyaratan tersebut di atas, maka alur pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021 yang perlu dilakukan:

  1. Calon peserta harus mengakses portal SSCASN seperti di link.
  2. Selanjutnya, buat akun SSCN Sekolah Kedinasan dengan cara klik pilih menu Sekolah Kedinasan yang berada di sisi paling kiri. Anda akan membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat dikdin.bkn.go.id
  3. Kemudian, log in menggunakan NIK milik Anda serta masukkan password yang sudah Anda daftarkan.
  4. Anda akan diminta untuk melakukan swafoto, lakukan sesuai perintah.
  5. Pilih sekolah dan jurusan yang tersedia, dalam hal ini pilih Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG.
  6. Akan ada perintah untuk melengkapi form isian. Isi semua kolom dengan benar sesuai data milik Anda. Data yang diminta adalah nilai, upload berkas, dan melengkapi biodata.
  7. Lakukan pengecekan resume dan cetak kartu pendaftaran.
  8. Selanjutnya, data Anda akan diverifikasi lebih dulu oleh verifikator instansi.
  9. Untuk mengecek apakah data Anda lulus verifikasi administrasi atau tidak, maka login kembali ke SSCASN.
  10. Jika peserta lulus verifikasi data administrasi, maka akan mendapat 2 kode billing yang akan digunakan yaitu untuk tes CAT BKN dan tes seleksi sekolah kedinasan.
  11. Lakukan proses pembayaran.
  12. Jika pembayaran sudah dilakukan dan terkonfirmasi, cetak kartu ujian di SSCASN.

Informasi status kelulusan Anda akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan/Instansi dan dapat dilihat di SSCN.

Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Apabila urutan alur pendaftaran telah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 3 Mei 2021. Jadwal ini masih bisa berubah, sehingga peserta sebaiknya mengecek sebelum tiba jadwal tersebut.

Jika Anda telah dinyatakan lulus dari SKD, seleksi selanjutnya akan dilakukan oleh Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG. Jadwal dan format ujian selanjutnya akan disesuaikan oleh kebijakan masing-masing sekolah.

Jumlah kuota peserta didik Sekolah Kedinasan BMKG-STMKG yang akan diterima tahun ini adalah 73 taruna dan 31 taruni untuk jurusan Meteorelogi, 22 taruna dan 10 taruni untuk jurusan Klimatologi, 26 taruna dan 10 taruni untuk jurusan Geofisika, serta 34 taruna dan 9 taruni untuk jurusan Instrumentasi-MKG.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2021 atau tulisan lainnya dari Cicik Novita

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Iswara N Raditya