tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan telah dibuka mulai April 2021, yang bisa dilakukan melalui satu portal terintegrasi yaitu portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN yang mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran.
Selain pendaftaran sekolah kedinasan, portal atau link pendaftaran https://sscasn.bkn.go.id juga digunakan untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Untuk sekolah kedinasan sendiri, pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan mulai tanggal 1 April 2021 menyesuaikan status tanggap darurat non-bencana pandemi COVID-19. Sementara, pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 9 sampai dengan 30 April 2021.
Sebelum membuat akun untuk mendaftar, pelamar harus mempersiapkan sejumlah data seperti:
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah SEKOLAH KEDINASAN 2021
4. Rapor SMA/Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Cara Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021
1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
5. Pelamar memasukkan Nilai
6. Pelamar melengkapi Biodata
7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
10. Pelamar mengecek hasil verifikasi
11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah:
1. Klik registrasi atau daftar
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Nama lengkap sesuai KTP
5. Tanggal lahir sesuai KTP
6. Kabupaten/Kota sesuai KTP
7. Masukan kode captcha yang terlampir
8. Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan. Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data:
a) Alamat: Isi alamat sesuai dengan KTP
b) Tempat Lahir: Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
c) Tanggal Lahir: Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
d) Jenis kelamin: Pilih jenis kelamin yang sesuai
e) E-mail: Masukan e-mail aktif dan valid
f) Password: Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
g) Konfirmasi Password: Masukkan kembali password telah Anda masukan
h) Pertanyaan Pengaman 1: Pilih pertanyaan pengaman Anda
i) Jawaban Pengaman: Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
j) Pertanyaan Pengaman 2: Pilih pertanyaan pengaman Anda
k) Jawaban Pengaman: Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
l) Captcha: Masukan kode captcha yang tampil di layar
10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap
12. Selanjutnya klik Lanjutkan
13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun.
Halaman pemberitahuan akan menginformasikan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun.
Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.
Editor: Nur Hidayah Perwitasari