Menuju konten utama

Syarat & Link Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 DIKDIN.BKN.GO.ID

Jadwal pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 dibuka pada bulan April. Lulusan sekolah kedinasan bisa langsung jadi PNS.

Syarat & Link Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 DIKDIN.BKN.GO.ID
Sejumlah mahasiswa mengikuti kuliah tatap muka perdana pada masa pandemi COVID-19 di kampus Politeknik Kelautan dan PerIkanan Dumai, di Dumai, Riau, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.

tirto.id - Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 akan segera dibuka. Berdasarkan pengumuman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran Sekolah Kedinasan akan dibuka mulai bulan April 2021.

Proses pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 dilakukan melalui satu portal yang terintegrasi dengan nama Sistem Seleksi Calon ASN (SSASN).

Seleksi tersebut, sepeti dilansir laman Kementerian PANRB, dibarengkan dengan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan portal situs SSAN dan meningkatkan fiturnya, demi memperlancar proses pendaftaran Sekolah Kedinasan, CPNS dan PPPK 2021.

Sekolah Kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) adalah perguruan tinggi negeri yang pengelolaannya di bawah koordinasi instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Instansi tersebut juga menanggung sebagian atau seluruh biaya pendidikan di sekolah kedinasan masing-masing. Masing-masing PTK memiliki peraturan dan terikat pada instansi yang menaungi serta mendanai biaya perkuliahan.

Lulusan PTK dipersiapkan untuk mengisi kebutuhan pegawai masing-masing instansi, termasuk dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sejumlah sekolah kedinasan yang akan membuka pendaftaran di 2021 berada di bawah naungan:

  • Kementerian Perhubungan: STTD dan 10 Sekolah Tinggi, Poltek serta Akademi lainnya
  • Kemenkumham: POLTEKIP dan POLTEKIM
  • Kementerian Dalam Negeri: IPDN
  • Kementerian Keuangan: PKN STAN
  • Badan Pusat Statistik: STIS
  • Badan Intelijen Negara: STIN
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika: STMKG
  • Badan Siber dan Sandi Negara: Poltek SSN.

Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Pengumuman mengenai pembukaan pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 rencananya akan dirilis pada Kamis, 1 April besok.

Sementara masa pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 dijadwalkan berlangsung pada tanggal 9-30 April 2021. Setelah itu, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada tanggal 3 Mei mendatang. Namun, jadwal SKD tersebut masih bersifat sementara (tentatif).

Setelah SKD, seleksi selanjutnya diadakan oleh masing-masing sekolah kedinasan. Jadwal maupun format ujian akan disesuaikan menurut status tanggap darurat Covid-19.

Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Sejumlah persyaratan umum pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 yang perlu dipersiapkan oleh para calon pelamar adalah sebagai berikut:

  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  • Kartu keluarga
  • KTP atau surat keterangan dari Dukcapil bagi yang belum memiliki KTP
  • Foto berlatar merah
  • Dokumen lain yang dipersyaratkan oleh tiap sekolah kedinasan.

Alur pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Alur pendaftaran ini merupakan urutan cara mendaftar seleksi Sekolah Kedinasan 2021 mulai dari awal pembuatan akun sampai mengecek informasi kelulusan. Berikut alurnya:

  • Pelamar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id.
  • Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun.
  • Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  • Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, unggah berkas dan melengkapi biodata.
  • Pelamar hanya bisa memilih satu Sekolah Kedinasan.
  • Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran.
  • Verifikator Instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk.
  • Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi.
  • Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi).
  • Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait.
  • Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem.
  • Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi.
  • Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.

Informasi mengenai pendaftaran Sekolah Kedinasan ini dapat pula disimak melalui Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 berformat PDF yang bisa diunduh dengan klik tautan ini.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2021 atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom