KPK Sebut Enam Orang Diamankan dalam OTT di Bondowoso

Reporter: Ayu Mumpuni, tirto.id - 16 Nov 2023 10:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
KPK mengatakan pihaknya mengamankan enam orang dari operasi tangkap tangan (OTT) di Bondowoso, Rabu (15/11/2023).
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pihaknya mengamankan enam orang dari operasi tangkap tangan (OTT) di Bondowoso, Rabu (15/11/2023). Kini, enam orang tersebut tengah dalam perjalanan menuju Gedung Merah Putih KPK.

“Sejauh ini ada 6 orang yang ditangkap di antaranya oknum penegak hukum dan pihak swasta,” kata Kabag Pemberitaan Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (16/11/2023).

Disebutkan Ali, keenam orang itu diduga melakukan dugaan tindak pidana korupsi pengurusan perkara yang sedang ditangani Kejari Bondowoso.

“Para pihak yang ditangkap sedang dibawa dan dalam perjalanan ke kantor KPK,” tutur Ali.

Diketahui, OTT KPK di Bondowoso dilakukan pada Rabu (15/11/2023) pukul 11.20 WIB. Berdasarkan informasi yang beredar, OTT dilakukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso berinisial PT, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bondowoso berinisial AKS, dan beberapa Staf Dinas PUPR Bondowoso.

Kejaksaan sendiri menanggapi OTT ini dengan mempersilakan KPK melakukan penindakan kepada anggotanya yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana menegaskan, pihaknya mendukung upaya untuk bersih-bersih para oknum jaksa nakal.

"Tidak apa-apa. Itu justru mendorong Bapak Jaksa Agung dalam rangka bersih-bersih internal," kata Ketut saat dihubungi, Rabu (15/11/2023) malam.

Ketut menambahkan, Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin sendiri sudah menegaskan bahwa tidak ada tempat bagi jaksa yang melakukan tindakan tercela dan melakukan penyalahgunaan kewenangan. Penindakan tegas di jalur hukum pun dipastikan menjadi cara mengganjar oknum jaksa nakal itu.

"Sudah jelas kok perintahnya, artinya sikat saja, tidak masalah mau siapapun," tutur Ketut.

Di sisi lain, Ketut mengaku belum menerima info akurat mengenai duduk perkara tersebut. Ia mengaku akan ada tanggapan resmi dari Kejaksaan jika semua sudah jelas.


Baca juga artikel terkait OTT KPK atau tulisan menarik lainnya Ayu Mumpuni
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Ayu Mumpuni
Penulis: Ayu Mumpuni
Editor: Reja Hidayat

DarkLight