Hari Pahlawan 2021, Jokowi Pimpin Upacara di TMP Kalibata

Reporter: Andrian Pratama Taher - 10 Nov 2021 08:48 WIB
Upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dugelar untuk memperingati Hari Pahlawan setiap 10 November.
tirto.id - Presiden Joko Widodo memimpin upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Upacara ini digelar untuk memperingati Hari Pahlawan setiap 10 November.

Jokowi tiba di TMP Kalibata sebelum pukul 08.00 WIB. Jokowi yang mengenakan jas biru gelap lantas memasuki tugu Taman Makam Pahlawan sekitar pukul 08.10 WIB didampingi Wapres Maruf Amin.

Upacara diawali dengan seremoni mengenang perang Surabaya. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang dipimpin Jokowi selaku inspektur upacara.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta, Rabu.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan seremonial peletakan karangan bunga di TMP Kalibata oleh Jokowi. Sebelum meninggalkan lokasi, mantan Wali Kota Solo itu sempat hormat di depan tugu TMP.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil. Dalam doanya, ia memohon agar para pendahulu bangsa Indonesia senantiasa mendapat rahmat dan ampunan dari Tuhan.

"Tegur kami dengan cinta dan ampunanmu dan segala kekhilafan para pemimpin kami entah yang bersembunyi atau kasat mata. Tegur Kami dengan kelembutan rahmat-Mu jika kami tak pandai bersyukur atas anugerah bernama Indonesia merdeka. Maka izinkan generasi kami mewujudkan cita-cita mereka yang berjuang memerdekakan bangsa," kata Yaqut.

Upacara ditutup dengan penghormatan terakhir kepada para pahlawan. Setalah itu, Jokowi, Ma'ruf Amin dan sejumlah pejabat negara melakukan tabur bunga ke sejumlah makam pahlawan.


Baca juga artikel terkait HARI PAHLAWAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight