Dalih Jokowi Giat Bangun Infrastruktur: Demi Keadilan Sosial RI

Oleh: Andrian Pratama Taher - 24 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Menurut Jokowi pembangunan infrastruktur juga dapat menyatukan Indonesia.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengklaim pembangunan infrastruktur di Indonesia sebagai upaya memberikan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ia beralasan, beberapa warga Indonesia meminta pembangunan tidak hanya berfokus di Jawa atau Sumatera saja.

"Banyak yang saya dengar pak jalannya yang dibangun jangan hanya yang di Jawa saja, airport-nya, bandar udaranya yang dibangun juga jangan di Jawa dan Sumatera saja. Kami di bagian timur juga memiliki hak yang sama untuk memiliki airport, memiliki jalan yang baik dan keinginan itu betul," kata Jokowi saat meresmikan Bandara Kuabang, Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (24/3/2021).

"Sekali lagi kalau pembangunan ini juga untuk sebuah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," lanjut Jokowi.

Pembangunan infrastruktur juga dianggap dapat menyatukan Indonesia. Masyarakat bisa mudah beraktivitas dan bepergian. Ia mencontoh, masyarakat Halmahera Utara bisa terbang dari Kuabang ke Jakarta, Aceh hingga Kalimantan.

Selain itu, Jokowi mengklaim pembangunan infrastruktur dapat memicu pembangunan peradaban. Ia mencontohkan masyarakat yang sebelumnya berjalan kaki dari Sofifi hingga Halmahera Utara berubah menjadi naik bus, sepeda motor dan mobil setelah pembangunan jalan. Masyarakat pun mulai belajar tertib waktu karena harus menyesuaikan waktu dengan penerbangan.

"Itu juga membangun kedisiplinan baru, membangun peradaban," kata Jokowi.

Kemudian, pembangunan infrastruktur dapat memicu daya saing dengan daerah lain maupun dengan negara lain. Ia berharap, pembangunan infrastruktur Bandara Kuabang bisa menimbulkan pusat ekonomi baru di masa depan.

"Ini yang juga kita harus tahu semuanya bahwa pembangunan infrastruktur itu bukan hanya melulu fisik tidak tetapi kita membangun sebuah kompetisi, membangun sebuah competitiveness, daya saing dengan negara-negara lain," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight