Corning Umumkan 2 Tipe Baru Gorilla Glass

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 25 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Corning merilis Gorilla Glass untuk melindungi bagian kamera pada smartphone.
tirto.id - Perusahaan Corning kembali mengeluarkan dua tipe baru Gorilla Glass yaitu DX dan DX Plus yang berguna untuk melindungi bagian kamera pada smartphone. Rilisnya Gorilla Glass DX dan DX Plus menyusul semakin banyaknya kamera pada ponsel sehingga penting untuk melindunginya.

Dikutip laman The Verge, pada awal tahun 2018, Corning pernah menawarkan Gorilla Glass DX dan DX Plus untuk kaca jam tangan pintar. Kemudian, Corning mengumumkan jika Gorilla Glass DX dan DX Plus akan beralih digunakan pada penutup lensa kamera smartphone. Selain itu, Corning menganggap jika beralih kepada penutup lensa kamera akan lebih menantang.

Lensa pada smartphone terdiri atas beberapa unsur yang berbeda seperti kaca dan lapisan antireflektif. Pelapis bertujuan untuk melindungi goresan namun bersifat mengurangi cahaya. Gorilla Glass DX dan DX Plus diperlukan untuk melindungi lensa kamera dari goresan dan menjadi cahaya yang masuk lebih banyak.

Cahaya yang dapat masuk ke dalam Gorilla Glass DX dan DX Plus sebanyak 98 persen. Hal tersebut mengalahkan lapisan antirefleksi tradisional yang hanya membiarkan cahaya masuk sebanyak 95 persen.

Tujuan utama dari penerapan Gorilla Glass DX dan DX Plus adalah meningkatkan kemampuan lensa yang lebih baik sehingga dapat menghindari pantulan cahaya yang dapat menyebabkan terjadinya flare lensa, ghosting, dan masalah lainnya.

Dikutip laman Techradar, perusahaan smartphone pertama yang akan menggunakan produk terbaru keluaran Corning tersebut adalah Samsung. Kemudian pada tanggal 11 Agustus 2021, Samsung juga akan melaksanakan acara unpacked virtual dan merilis smartphone Galaxy S 21 FE yang mungkin sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass DX dan DX Plus.

Corning sudah mengembangkan produknya di beberapa perusahaan ternama seperti Apple. Pada tahun 2017, Apple menginvestasikan sebesar 200 juta dolar AS kepada Corning. Selanjutnya pada tahun 2019, Apple kembali menginvestasikan kepada Corning sebesar 250 juta dolar AS untuk melakukan pengembangan kaca pada Iphone, Apple Watch, dan iPad.

Apa itu Gorilla Glass?

Dikutip CNET, Gorilla Glass merupakan kaca ultra yang kuat dan digunakan untuk melindungi smartphone dari lecet (tergores) saat berada di tempat seperti dompet dan saku. Selain itu, Gorilla Glass dapat melindungi dari beberapa risiko keras dan jatuh.

Dalam perkembangannya sejak pertama kali, Corning selalu merilis versi terbaru dari Gorilla Glass setiap 2 tahun sekali. Sebelum munculnya Gorilla Glass DX dan DX Plus, Corning sudah merilis Gorilla Glass Vitus satu tahun yang lalu. Corning juga menerapkan Gorilla Glass Vitus pada Samsung seperti Gorilla Glass DX dan DX Plus.

Pada tahun ini, Samsung akan kembali merilis Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 dengan versi yang baru. Smartphone tersebut, diharapkan dapat memberikan versi yang lebih baru seperti kamera depan di bawah layar, kamera belakang yang lebih memadai, dan versi khusus dari setiap seriesnya. Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 mungkin juga smartphone Samsung yang akan dilengkapi Gorilla Glass DX dan DX Plus.


Baca juga artikel terkait GORILLA GLASS atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight