Menuju konten utama

40 Contoh Soal TKP TIK SKD CPNS 2024 dan Kunci Jawabannya

Contoh soal TKP TIK SKD CPNS 2024 lengkap dengan kunci jawabannya. Peserta seleksi CPNS 2024 diimbau untuk mempelajari soal dan kisi-kisinya.

40 Contoh Soal TKP TIK SKD CPNS 2024 dan Kunci Jawabannya
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS formasi Kejaksaan di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Kamis (9/11/2023). Pemerintah mulai Kamis (9/11) melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023 yang diikuti sebanyak 1.853.617 pelamar, sedangkan Seleksi Kompetensi bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) akan dilakukan pada Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.

tirto.id - Contoh soal TKP TIK SKD CPNS 2024 dan kunci jawabannya bisa mulai dipelajari oleh peserta seleksi CPNS 2024. Kisi-kisi soalnya juga telah diumumkan secara resmi oleh KemenPARB.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan ujian pertama yang akan dilalui peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 usai dinyatakan lolos seleksi administrasi. Apabila lolos SKD, peserta akan melaju ke tahap selanjutnya yaitu tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Khusus tes SKD, peserta akan menghadapi soal yang mencapuk tiga jenis materi yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada tes TKP, terdapat salah satu materi yang akan dihadapi para peserta yakni materi mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Jika tidak ada perubahan, tes SKD dijadwalkan akan dilaksanakan pada 16 Oktober-14 November 2024. Mengingat waktunya yang semakin dekat, sebelum menghadapi tes CPNS 2024, peserta diimbau agar mempersiapkan diri dengan cara berlatih soal baik SKD.

Persiapan diri yang matang dalam menjawab soal diharapkan dapat meningkatkan potensi peserta untuk lolos ke tahap selanjutnya.

Kisi-Kisi Soal TKP Teknologi Informasi dan Komunikasi Tes SKD CPNS

Secara garis besar, kisi-kisi soal TKP SKD CPNS memuat enam poin penting, termasuk mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi. Masing-masing poin materi tersebut bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta yang diimplementasikan melalui:

1. Pelayanan Publik

Tes ini bertujuan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

2. Jejaring Kerja

Jejaring kerja ditujukan agar mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

3. Sosial Budaya

Tes ini bertujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

4. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tes ini bertujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

5. Profesionalisme

Tujuan tes ini yakni mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

6. Anti Radikalisme

Poin ini bertujuan menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecendrungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

Kumpulan Contoh Soal TKP TIK SKD CPNS dan Jawabannya

Berikut ini adalah kumpulan contoh soal TKP TIK SKD CPNS lengkap dengan jawabannya, bisa jadi referensi bagi peserta seleksi untuk mempersiapkan diri.

1. Anda merupakan seorang petugas pelayanan dalam bidang pengurusan perekaman E-KTP. Suatu hari, datang kakek tua yang didampingi anaknya meminta melakukan perekaman E-KTP tanpa harus mengantre dan saat itu situasi ruang tunggu penuh dengan orang sehingga sesak dan panas. Sikap Anda adalah ...

A. Meminta pertimbangan atasan Anda.

B. Mendahulukannya karena iba dengan si kakek.

C. Memintanya mengambil antrian dan menunggu untuk dipanggil.

D. Memintanya memberi alasan untuk didahulukan sembari menjelaskan prosedur aturan yg berlaku.

E. Menyarankannya untuk pulang dan datang esok hari dengan penjelasan bahwa kakek tak perlu didampingi anaknya.

Jawaban: C.

2. Anda adalah seorang Customer Service di suatu rumah sakit. Saat sedang bekerja, Anda kedatangan seorang kakek tua yang menjelaskan bahwa cucunya sedang sakit. Kemudian, ia bertanya tentang prosedur penggunaan BPJS Kesehatan untuk persyaratan rawat inap cucunya. Anda sudah menjelaskan tentang prosedur penggunaan BPJS beberapa kali kepada kakek tua dengan bahasa yang mudah dimengerti, namun sepertinya kakek tua tersebut masih tampak kebingungan dan tidak memahami prosedur penggunaan BPJS. Sikap Anda adalah ...

A. Menjelaskan secara detail tahapan-tahapan berkaitan dengan prosedur penggunaan BPJS.

B. Meminta rekan kerja lainnya untuk menjelaskan prosedur penggunaan BPJS Kesehatan kepada kakek tua tersebut.

C. Menjelaskan kembali secara pelan-pelan dengan bahasa yang mudah dipahami agar nenek tua tersebut mengerti apa yang sedang Anda jelaskan.

D. Meminta nenek tua tersebut untuk memanggil anggota keluarga lainnya yang mengantar, agar Anda bisa menjelaskan prosedur penggunaan BPJS kepadanya.

E. Menjelaskan dengan sabar sambil menenangkan nenek tua tersebut, jika masih kebingungan Anda akan membantu proses pengurusan penggunaan BPJS Kesehatan dari awal sampai tuntas.

Jawaban: D.

3. Kantor anda melakukan absensi melalui fingerprint. Pada suatu pagi, Anda hampir terlambat masuk kerja karena adanya perbaikan jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Saat Anda hendak buru-buru menuju tempat fingerprint, seorang warga masyarakat menghampiri Anda dan menanyakan loket pelayanan. Sikap Anda adalah ...

A. Mengantar warga masyarakat tersebut ke loket pelayanan kemudian Anda melakukan absensi fingerprint.

B. Memberitahu warga masyarakat arah loket pelayanan kemudian Anda melakukan absensi fingerprint.

C. Mengajak warga masyarakat ke tempat absensi fingerprint, sehingga bisa menanyakan keperluan dan mengantarnya ke loket pelayanan.

D. Menyapa warga masyarakat tersebut kemudian Anda bergegas ke tempat absensi fingerprint.

E. Menyuruh warga masyarakat menunggu ditempat tersebut sampai Anda selesai fingerprint dan mengantarnya ke loket pelayanan.

Jawaban: B.

4. Anda adalah seorang kepala instansi di suatu instansi pemerintah. Ketika Anda ke kantor, tiba- tiba seorang warga masyarakat menghampiri dan mencaci maki karena pelayanan di instansi pemerintah yang Anda pimpin buruk. Sikap Anda adalah ...

A. Berusaha tidak marah meskipun dicaci maki dan tetap mendengarkan keluhannya.

B. Menasehati warga masyarakat tersebut agar tidak boleh mencaci maki.

C. Tetap tersenyum dan tetap mendengarkan keluhannya.

D. Menahan emosi dan mendengarkan keluhannya.

E. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.

Jawaban: E.

5. Saya terjebak macet saat sedang berangkat ke kantor. Oleh karena itu, saya terlambat dan disindir oleh atasan. Saya ....

A. Marah karena atasan tidak memahami saya.

B. Meminta maaf dan bekerja lebih giat.

C. Memberikan berbagai alasan atas keterlambatan.

D. Menerima sindiran dan malas bekerja.

E. Berjanji untuk tidak terlambat masuk ke kantor.

Jawaban: E.

6. Saya datang terlambat ke musyawarah karang taruna. Jika saya ingin memberikan ide, maka yang harus saya lakukan adalah ....

A. Menginterupsi pembicaraan dan menyampaikan ide saya.

B. Mendengarkan pembicaraan yang sedang berlangsung kemudian ikut berbicara.

C. Angkat tangan dan meminta izin untuk berbicara.

D. Menunggu waktu yang tepat untuk berbicara.

E. Meminta waktu untuk menyampaikan ide.

Jawaban: D.

7. Kelompok kerja biasanya terdiri dari berbagai latar belakang suku, ras, agama, dan saya merasa ....

A. Takut untuk menjadi diri sendiri di dalam kelompok kerja.

B. Tidak yakin untuk menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.

C. Percaya diri untuk menjadi diri sendiri dan tidak pernah bertentangan dengan anggota kerja yang lainya.

D. Berhati - hati untuk bertindak dan berucap di dalam kelompok kerja.

E. Diterima jika saya mengikuti aturan dalam kelompok.

Jawaban: C.

8. Saya diberikan mandat oleh Kepala Departemen untuk menjadi ketua dalam sebuah project. Saya merasa belum pantas karena masih ada beberapa orang yang menurut saya lebih kompeten. Sikap yang saya harus lakukan adalah....

A. Menerima mandat Kepala Departemen agar bisa naik jabatan sejajar dengan atasan Saya.

B. Menolak mandat dan mengusulkan atasan saya saja kepada Kepala Departemen.

C. Menerima Mandat tersebut dengan senang hati.

D. Mempertimbangkan mandat tersebut dan meminta saran masukan dari atasan Saya.

E. Menolak mandat Kepala Departemen.

Jawaban: D.

9. Anda mengingatkan bawahan Anda untuk tidak membuat kesalahan dalam bekerja, maka ....

A. sebaiknya Anda tidak membuat kesalahan.

B. Peraturan tersebut khusus untuk pegawai setingkat mereka.

C. Anda sesekali melakukan kekeliruan tersebut.

D. Peraturan tersebut tidak berlaku bagi Anda karena Anda adalah atasan.

E. Anda tidak boleh melakukan kesalahan.

Jawaban: E.

10. Secara tidak sengaja, saya menabrakkan kendaraan dinas yang saya gunakan pada hari libur tanpa sepengetahuan Kepala Kendaraan Dinas di instansi tempat saya bekerja padahal ia sangat mempercayai saya menggunakan kendaraan tersebut agar saya dapat lebih optimal dalam melakukan tugas kerja. Sikap saya adalah ....

A. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut.

B. Menyimpan kendaraan tersebut karena tidak seorang pegawai pun yang tahu kalau saya menggunakannya.

C. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman dari pimpinan atas peristiwa tersebut.

D. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel atas biaya pribadi dan mengembalikannya dengan diam-diam.

E. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan.

Jawaban: D.

11. Saya ditugaskan ke divisi lain, tetapi di divisi tersebut ada beberapa orang yang tidak menyukai saya. Sikap saya adalah ....

A. Menghiraukannya karena saya hanya fokus bekerja saja.

B. Mencari alasan agar saya dikembalikan ke divisi sebelumnya.

C. Berusaha dan belajar untuk menjadi lebih baik.

D. Mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut.

E. Mencari tahu mengapa saya tidak disukai.

Jawaban: E.

12. Anda sedang berbelanja di supermarket, Anda tanpa sengaja melihat salah satu atasan Anda sedang berbelanja tidak jauh dari Anda. Sikap Anda adalah ...

A. Tidak peduli, tidak sedang berada di area kantor.

B. Segera menghampirinya dan menyapa atasan tersebut.

C. Diam-diam menyelinap pergi agar tidak perlu menyapanya.

D. Pura-pura tidak tahu dan akan menyapa jika disapa lebih dulu.

E. Melihat keadaan sekitar, jika memungkinkan saya akan menyapanya.

Jawaban: B.

13. Anda sedang melakukan diskusi dengan rekan kerja sesama divisi. Ketika diskusi berlangsung, ada seorang rekan kerja Anda memberikan usulan yang menurutnya sangat baik dalam meningkatkan hasil kerja, namun menurut Anda usulan tersebut memiliki resiko yang besar dan merugikan perusahaan jika tetap dilakukan. Ketika Anda memberikan tanggapan, rekan kerja tersebut terlihat tidak terima dengan sanggahan Anda. Sikap yang akan Anda lakukan adalah ...

A. Memintanya untuk memberikan gagasan yang memiliki resiko kecil dan realistis.

B. Mengajaknya berbicara dengan bahasa yang santai dan ringan serta fokus pada tujuan awal.

C. Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukannya kepada atasan.

D. Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan.

E. Diam saja dan mengikuti semua gagasan rekan kerja.

Jawaban: B.

14. Seorang relasi kerja yang sangat dekat dengan Anda mengundang Anda untuk datang menghadiri acara pernikahan anaknya di kota yang sangat jauh dari tempat Anda berada. Sikap Anda adalah ...

A. Mendatangi udangan tersebut karena dia merupakan pemberi keuntungan yang cukup besar pada perusahaan saya.

B. Mengirim anak buah saya untuk datang karena tidak kuat melakukan perjalanan jauh.

C. Mendatangi undangan tersebut dengan mengajak seluruh keluarga saya.

D. Tidak menghadiri acara namun memberi sumbangan yang cukup besar.

E. Mendatangi undangan tersebut sebagai penghormatan kepadanya F.

Jawaban: C.

15. Pada setiap hari Jumat, banyak anggota tim Anda yang merasa kesulitan karena jam istirahat adalah pukul 12.00, sedangkan waktu salat Jumat dimulai pukul 11.47. Hal yang Anda lakukan sebagai pimpinan tim adalah ....

A. Mengajak perusahaan berdiskusi ulang terkait penetapan jam istirahat di hari Jumat.

B. Meminta anggota untuk tetap istirahat pada pukul 12.00.

C. Meminta mereka untuk protes kepada perusahaan.

D. Menyiasati waktu ibadah dengan istirahat pukul 11.00 tanpa diketahui perusahaan.

E. Menuliskan kritik di media sosial agar dibaca perusahaan.

Jawaban: A.

16. Sikap saya terhadap perubahan, ide, dan cara baru dalam melaksanakan suatu pekerjaan adalah...

A. Menerima dengan senang hati perubahan, ide, dan cara baru untuk kemajuan kinerja.

B. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik.

C. Sulit menerima perubahan, ide, dan cara baru tersebut.

D. Perubahan, ide, dan cara baru hanya akan memperlambat kemajuan kinerja.

E. Saya merasa ragu mengenai perubahan, ide, dan cara baru tersebut.

Jawaban: A.

17. Saya baru saja dipindahkan ke provinsi lain dan provinsi tersebut belum pernah saya kunjungi sama sekali. Sikap saya adalah ....

A. Duduk-duduk saja sambil menunggu perintah atasan.

B. Mengamati proses pekerjaan yang dilakukan teman sejawat.

C. Jarang masuk karena belum jelas apa yang harus dikerjakan.

D. Berusaha memahami tempat kerja yang baru, melalui arsip dan aturan kebijakan.

E. Berusaha mempelajari dan memahami mekanisme kerja di tempat baru melalui rekan sejawat

Jawaban: E.

18. Saya baru saja menjadi ASN, saya bekerja di sebuah instansi daerah di luar pulau tempat saya tinggal. Pada daerah tersebut, saya banyak menemukan perbedaan kebiasaan di daerah asal saya. Hal yang akan saya lakukan adalah ....

A. Menutup diri dari lingkungan tersebut karena memiliki perbedaan kebiasaan.

B. Menghormati kebiasaan mereka dan tetap bergaul dengan masyarakat.

C. Berbaur dengan masyarakat, tetapi tidak setuju dengan kebiasaan mereka.

D. Menghiraukan mereka karena saya harus fokus bekerja saja.

E. Tidak berbaur walaupun menerima kebiasaan mereka.

Jawaban: B.

19. Terdapat himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada masyarakat untuk mengurangi pemanasan global akibat dari pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca. Sebagai seorang aparatur negara, kontribusi yang Anda dapat lakukan adalah ...

A. Membatasi penggunaan limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari.

B. Menanami pekarangan rumah dengan pohon-pohon hijau.

C. Menggunakan transportasi umum untuk bepergian.

D. Mematikan peralatan listrik yang tidak penting.

E. Membuang sampah pada tempatnya.

Jawaban: C.

20. Perusahaan Anda sedang melakukan pertandingan esports dalam rangka ulang tahun perusahaan. Tim Anda diperkirakan akan kalah dari tim lain. Sikap Anda adalah ...

A. Lebih baik diam karena sadar akan kekuatan tim kami.

B. Tetap memberikan dukungan dengan penuh semangat.

C. Memberikan dukungan karena malu dianggap tidak setia kawan.

D. Jika tim kami kalah tidaklah mengapa, karena hal tersebut sudah diperkirakan.

E. Berusaha bersembunyi agar tidak diketahui bahwa saya merupakan pendukung tim lemah.

Jawaban: B.

21. Jika saya diterima menjadi PNS dan saya tak mempunyai uang maka saya…

A. Mengundurkan diri sesegera mungkin.

B. Mencari bantuan atasan.

C. Melakukan kerja apapun asal bisa mendapat uang.

D. Mencari pinjaman ke teman lainnya.

E. Mencari sumbangan dari suatu lembaga.

Jawaban: C.

22. Anda adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan ritel. Anda memahami bahwa perusahaan Anda memiliki potensi untuk ikut serta dalam perdagangan Internasional. Apa sikap Anda terhadap kondisi tersebut?

A. Mengusulkan pada pimpinan menge nai potensi tersebut agar dapat mengoptimalkan perdagangan.

B. Tidak memberikan usulan pada atasan karena bukan wewenang saya.

C. Saya tanyakan terlebih dahulu kepada rekan-rekan mengenai hal tersebut.

D. Saya masih merasa kurang yakin terhadap potensi perusahaan.

E. Membiarkan saja, sampai ada rekan lain yang mengusulkan.

Jawaban: A.

23. Jika Anda menghadapi tugas yang berat dan menuntut kemampuan tinggi, sikap Anda…

A. Menyuruh orang lain untuk menyelesaikan tugas tersebut

B. Berusaha sedikit demi sedikit untuk menyelesaikannya walaupun memakan banyak waktu

C. Meminta bantuan teman untuk menyelesaikannya

D. Mencari solusi yang tidak membutuhkan banyak waktu

E. Meninggalkan tugas begitu saja sambil mencari alasan untuk atasan

Jawaban: B.

24. Ketua panitia kegiatan harus membuat laporan pertanggungjawaban pada atasan. Jika Anda bertugas sebagai ketua, maka …

A. Menyerahkan tugas pembuatan laporan pada anak buah.

B. Saya dan rekan panitia lain bersama-sama menyusun laporan.

C. Membuat laporan secara individu agar tidak terjadi kesalahan.

D. Meminta sekretaris membuat laporan tersebut.

E. Membentuk tim khusus untuk membuat laporan dengan saya sebagai koordinator.

Jawaban: B.

25. Saya berhasil mengatasi tantangan karena…

A. Nasib baik selalu ada di tangan saya.

B. Saya berani mencoba dengan segala risikonya.

C. Selalu berada di zona nyaman saya.

D. Selalu mendapat bantuan dari teman dan lingkungan saya.

E. Saya tidak pernah berputus asa.

Jawaban: E.

26. Seberapa sering Anda menuliskan rencana Anda secara spesifik dan ada batas waktunya?

A. Saya selalu mencatat rencana saya secara detail agar pencapaiannya optimal.

B. Saya tidak pernah membuat perencanaan secara detail karena spontanitas adalah sifat saya.

C. Saat saya membutuhkan untuk berpikir ulang, saya akan mengatur kembali pekerjaan saya.

D. Saya jarang menuliskan rencana saya secara detail karena sudah terekam dalam pikiran saya.

E. Saya hanya menuliskan sasaran saya secara umum.

Jawaban: A.

27. Saya sedang mengerjakan laporan tugas semester yang akan dikumpulkan besok pagi. Tiba-tiba sahabat saya datang dengan wajah sedih dan ingin curhat pada saya. Sikap saya adalah …

A. Pura-pura mendengarkan ceritanya dan fokus pada pekerjaan saya.

B. Memberikan tanggapan yang wajar sambil tetap mengerjakan laporan saya.

C. Meneruskan mengerjakan laporan tanpa mempedulikan teman saya.

D. Menanggapi dan memberi berbagai alternatif solusi.

E. Dengan menyesal menolak mendengarkan keluhannya.

Jawaban: B.

28. Dalam suatu tugas kelompok, Anda merasa sudah mengerjakan tugas Anda dengan baik, namun teman-teman Anda merasa Anda belum optimal dalam bekerja. Sikap Anda kemudian…

A. Menyangkalnya.

B. Menerima dengan lapang dada dan memperbaiki kinerja saya.

C. Balas memarahi teman Anda karena bukan pekerjaan Anda saja yang kurang optimal.

D. Bersedih hati.

E. Menerima dengan berat hati daripada memperpanjang masalah.

Jawaban: B.

29. Ketika proyek yang Anda lakukan mengalami kegagalan karena salah satu anggota tim Anda, maka…

A. Saya merasa tidak ikut bertanggung jawab karena saya sudah bekerja sekuat tenaga.

B. Saya tidak bisa dipersalahkan karena bukan sepenuhnya kesalahan saya.

C. Anggota tersebut harus bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang sudah dilakukannya.

D. Ikut bertanggung jawab sesuai dengan jobdesk saya saja karena saya adalah bagian dari tim pelaksana proyek tersebut.

E. Menerima konsekuensi atas kegagalan tersebut dan mengevaluasinya bersama tim.

Jawaban: E.

30. Jika Anda diminta mengerjakan tugas yang tidak sesuai dengan bidang pekerjaan Anda oleh atasan, apa yang akan Anda lakukan?

A. Tetap menerima tugas tersebut karena perintah atasan.

B. Menolak secara baik-baik karena tidak sesuai dengan jobdesk saya.

C. Menolak dengan tegas agar atasan tidak semena-mena di masa mendatang.

D. Tetap menerima tugas tersebut agar disukai atasan.

E. Meminta rekan lain mengerjakan tugas tersebut.

Jawaban: B.

31. Respons saya ketika ditugaskan oleh pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbanan Jabatan dan Kepangkatan adalah…

A. Tidak akan membocorkan hasil keputusan karena bukan wewenang saya.

B. Memberitahukan kepada anggota keluarga mengenai hasil keputusan rapat.

C. Menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil rapat.

D. Saya akan menceritakan pada semua rekan saya hasil keputusan rapat jika mendapatkan imbalan.

E. Memberitahu sahabat saya di kantor tentang hasil rapat.

Jawaban: A.

32. Dalam memberikan suatu gagasan, saya dikenal sebagai orang yang…

A. Penyempurna sistem yang ada.

B. Penuh ide baru.

C. Memiliki gagasan rasional.

D. Memberikan solusi terbaik.

E. Menempuh banyak risiko.

Jawaban: A.

33. Saya ingin meminta izin pada atasan karena ada urusan yang sangat mendesak, namun atasan saya sedang berbicara dengan rekan kerja yang lain. Saya akan…

A. Langsung pulang dan meninggalkan pesan kepada rekan kerja yang lain untuk menyampaikannya pada atasan.

B. Menunggu pembicaraan mereka berakhir.

C. Menyela pembicaraan mereka setelah minta maaf sebelumnya.

D. Langsung masuk ke ruangan dan mengutarakan maksud saya.

E. Mendengarkan dan menimbang penting tidaknya pembicaraan mereka sebelum menyela untuk meminta izin.

Jawaban: E.

34. Saat dalam perjalanan menuju kantor, motor Anda tiba-tiba bannya bocor, padahal pagi itu Anda harus memimpin rapat divisi. Di dekat Anda ada pangkalan becak. Bagaimana sikap Anda?

A. Marah pada keadaan.

B. Segera memilih untuk naik becak ke kantor.

C. Menelepon teman sekerja untuk menjemput.

D. Menelepon atasan dan meminta untuk membatalkan rapat.

E. Menunggu bus atau kendaraan lain yang mungkin akan segera lewat.

Jawaban: B.

35. Setelah bersusah payah, akhirnya divisi saya dapat menjuarai kompetisi yang diadakan oleh kantor saya tahun ini. Untuk mempertahankan prestasi yang akan dilakukan oleh divisi saya adalah…

A. Mempelajari kelemahan tim lawan untuk dapat mengalahkan mereka di kompetisi selanjutnya.

B. Berlatih secara rutin dan terprogram.

C. Menambah latihan fisik dan analisis mendalam terhadap tim lawan.

D. Melakukan pertandingan uji coba untuk meningkatkan kemampuan.

E. Mempelajari teknik-teknik baru sebagai persiapan kompetisi selanjutnya.

Jawaban: C.

36. Menurut Anda, seseorang akan kehilangan kesempatan mengembang kan usahanya lebih disebabkan karena…

A. Menunda-nunda waktu pengerjaan nya.

B. Takut akan risikonya.

C. Tidak fokus pada usahanya.

D. Bertahan pada cara yang lama.

E. Menunggu bantuan pihak lain.

Jawaban: C.

37. Ketika saya menjelaskan sesuatu hal kepada orang lain, hal yang terjadi adalah…

A. Orang memahami penjelasan saya dengan baik.

B. Orang menjadi antusias dengan penjelasan saya.

C. Kebanyakan orang meminta agar penjelasan tersebut diulang.

D. Sebagian orang masih meminta penjelasan kepada saya.

E. Tidak ada yang memberikan tanggapan atas penjelasan saya.

Jawaban: B.

38. Pada saat saya sedang mengerjakan suatu tugas kerja, saya akan …

A. Sesekali menyelanya dengan kegiatan lain sebagai hiburan.

B. Melakukan pekerjaan lain secara bersamaan.

C. Menundanya dan melihat apakah ada tugas lain yang harus diselesaikan.

D. Hanya melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu.

E. Melakukan pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Jawaban: B.

39. Jika bawahan saya melakukan tugasnya dengan baik, maka saya …

A. Puas, namun tidak perlu memuji karena hal itu akan membuatnya sombong.

B. Tidak akan memuji.

C. Memuji secukupnya.

D. Menyanjungnya agar dia senang dan bersemangat.

E. Menunggu dia berhasil melakukan tugas yang lain baru memujinya.

Jawaban: C.

40. Orang-orang di sekitar saya, mengenal saya sebagai pribadi yang …

A. Periang.

B. Rajin.

C. Supel.

D. Pantang menyerah.

E. Visioner.

Jawaban: D.

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Imanudin Abdurohman

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Imanudin Abdurohman
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Balqis Fallahnda & Iswara N Raditya